1 Lagi Alasan Jokowi Ogah Nyapres

Oleh Luqman Rimadi pada 13 Sep 2013, 14:02 WIB
jokowi-slank-130909b.jpg

Hampir pada setiap survei capres, nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi meroket. Dukungan untuk dirinya pun datang agar bersedia maju sebagai capres pada Pemilu 2014 mendatang.

Namun Jokowi sendiri selalu mengelak. Enggan menjadi capres karena mau fokus membenahi Jakarta.

Kini mantan Walikota Solo itu mengungkap alasan lain tak mau nyapres. Yakni adanya permintaan pihak yang memintanya agar tetap menjabat gubernur sampai habis masa jabatannya.

"Banyak juga yang menekan untuk bekerja lebih giat tetap di Jakarta," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Jumat, (13/9/2013).

Siapa pihak yang memintanya untuk tetap bertahan sebagai gubernur, Jokowi tak mau menyebutkan. Begitupun ketika ditanya terkait hasil survei yang selama ini terus mengunggulkan namanya sebagai capres terfavorit.

"Saya tidak pernah mikir survai-survei, survai-survei. Mikirnya ganti pasar-pasar rakyat, mikir night market untuk PKL-PKL," tegas Jokowi.

Lalu, bila tidak pernah mikir, apakah itu berarti Jokowi menolak untuk menjadi capres PDIP? Ia pun tak menjawab jelas pertanyaan tersebut. "Saya bilang, ndak mikir. Wilayah politik seperti itu, tanyakan langsung ke Bu Mega atau ke DPP," cetus Jokowi. (Riz/Ism)