Sukses

PPP Titip 1 Pimpinan MPR ke KIH, Hanura Mengalah

Suding menjelaskan, KIH siap mendukung Oesman Sapta dari DPD sebagai Ketua MPR.

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Indonesia Hebat (KIH) sudah menetapkan 3 nama paket pimpinan MPR. Yang menarik, dari 1 nama yang diajukan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang tidak dapat jatah di Koalisi Merah Putih (KMP) masuk di dalamnya.

Ketua DPP Hanura Syarifudin Suding menegaskan, partainya mengalah tidak mengusung calon paket pimpinan MPR dan memberikan kepada PPP.

"Ada 3 nama yang sudah diajukan. Ahmad Basarah dari PDIP, Bahtiar Ali dari Nasdem dan dari PPP Hasrul Aswar. Kita pasrahkan jatah Hanura ke PPP," ujar Suding di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (7/10/2014).

Suding menjelaskan, KIH siap mendukung Oesman Sapta dari DPD sebagai Ketua MPR. Menurut dia, pihaknya tinggal menunggu PKB.

"Kita tinggal tunggu PKB saja, kalau dari DPD sudah dipastikan kita sudah dukung penuh," tegas Suding.

Suding mengatakan, KIH telah menerima PPP masuk dalam paket pimpinan MPR dan sudah menyatu seperti DPD.

"Ini sama menyatunya DPD. Saya kira tugas mengkoordinasikan antar fraksi," ungkap dia.

Sementara Sekjen PKB Lukman Edy menegaskan, partainya belum menentukan nama calon pimpinan MPR. Semuanya berdasarkan keputusan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

"Kita menunggu keputusan dari ketua umum PKB, karena di kultur partai kita tidak ada anggota yang mengajukan nama langsung. Semua keputusan di ketum (ketua umum)," tutur Lukman.

PPP sebagai anggota koalisi kecewa kepada Koalisi Merah Putih (KMP), lantaran tidak kebagian 'jatah' kursi calon pimpinan MPR. KMP memilih calon pimpinan MPR dari Partai Demokrat. (Mut)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini