Sukses

Polda Metro Jaya Pastikan Pelantikan Anggota DPR RI Kondusif

Kepolisian pada saat pelantikan anggota DPR, MPR, dan DPD berlangsung sempat menambah jumlah personelnya hingga mencapai 9.000 personel.

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan anggota DPR, MPR, dan DPD RI periode 2014-2019 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta telah selesai dilakukan. Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya yang mengawal jalannya pelantikan memastikan kondisi pada saat pelantikan berlangsung kondusif.

"Soal pelantikan (MPR, DPR, dan DPD RI) masih aman terkendali," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Meski dipastikan kondusif, ribuan personel Polda Metro Jaya tetap menjaga sekitar lingkungan gedung wakil rakyat. Bahkan, kepolisian pada saat pelantikan berlangsung sempat menambah jumlah personelnya hingga mencapai 9.000 personel.

Rikwanto menjelaskan pula, penambahan personel hingga mencapai 9.000 ini, dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya unjuk rasa di sela-sela pelantikan anggota Dewan berlangsung.

"Kita kerahkan 9.000 personel yang tadinya 4.300 personel. Kita tambah karena ada informasi yang masuk akan ada unjuk rasa yang datang," ucap Rikwanto.

Dari 9.000 personel, kepolisian menerapkan 4 ring penjagaan. Di antaranya Ring I dilakukan penjagaan di dalam ruang pelantikan, Ring II di sekitar ruang pelantikan, Ring III di area Gedung DPR, MPR, dan DPD RI, dan Ring IV di luar Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI untuk pengaturan lalu lintas.

"Personel yang kami siagakan ada dari Mabes Polri, ada pasukan berkuda, Brimob Kelapa Dua, dan jajaran polres di wilayah Polda Metro Jaya," pungkas Rikwanto terkait pengamanan pelantikan anggota DPR, MPR, dan DPD yang baru. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini