Sukses

Dipecat Golkar, Agus Gumiwang Tetap Ikut Pelantikan Anggota DPR

Agus menilai, banyak pelanggaran di balik pemecatannya dari Partai Golkar itu.

Liputan6.com, Jakarta - Meski telah dipecat dari Partai Golkar, anggota DPR terpilih 2014-2019 Agus Gumiwang Kartasasmita tetap menghadiri acara pelantikan hari ini.

Agus mengaku tak menerima pemecatan dirinya dari Partai Golkar oleh Ketua Umum Aburizal Bakrie atau Ical. Dia menilai, banyak pelanggaran di balik pemecatannya itu.

"Kami gugat, karena kami anggap banyak aturan yang dilanggar," kata Agus saat menghadiri pelantikan anggota DPR dan DPD di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/10/2014).

"Saya akan dilantik menjadi anggota DPR dan sebagai anggota kami punya kewajiban," tandas Agus.

Agus dipecat lantaran tidak mengikuti instruksi partai untuk mendukung pasangan Prabowo-Hatta saat Pilpres Juli 2014 lalu. Saat itu Agus memilih mendukung pasangan lawan, Jokowi-JK.

Pada 26 September 2014, Agus yang masih duduk di kursi DPR periode 2009-2014 kembali mengambil sikap berbeda dengan partai. Bersama 10 rekannya, Agus memilih pilkada langsung saat rapat paripurna pembahasan RUU Pilkada.

Padahal Partai Golkar dan jajaran Koalisi Merah Putih mengusung pilkada tak langsung melalui DPRD. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.