Sukses

JK Lirik Gubernur Sumsel Alex Noerdin Jadi Menpora?

Salah satu alasan JK menilai Alex Noerdin cocok untuk masuk dalam jajaran kabinetnya karena banyak prestasi yang telah diukir.

Liputan6.com, Palembang - Kedekatan hubungan antara Wakil Presiden terpilih, Jusuf Kalla (JK)  dengan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, sudah lama terjalin. Terlebih mereka bernaung di satu Partai Golkar.

Hal ini terlihat saat JK menyambangi Griya Agung Sumsel untuk melantik secara resmi pengurus PMI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Alex Noerdin pun tampak akrab dengan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat ini.
 
Saat ditanyakan perihal peluang Alex Noerdin untuk memasuki jajaran menteri di kabinetnya, JK pun menganggap Gubernur Sumsel ini dianggap cocok untuk mengisi bangku kabinet Jokowi-JK.
 
“Saya sudah lama kenal dengan beliau. Saya rasa terlalu kecil kalau Menteri Pemuda dan Olahraga," katanya, di Griya Agung Palembang, Kamis 4 September 2014.

Salah satu alasan JK menilai Alex Noerdin cocok untuk masuk dalam jajaran kabinetnya karena banyak prestasi yang telah diukir untuk pembangunan Sumsel, sukses menggelar berbagai event olahraga tingkat internasional dan fasilitas berstandar internasional selama dua periode masa jabatannya di Sumsel .
 
Beberapa perhelatan akbar olahraga internasional yang sukses digelar di Sumsel yaitu SEA Games 2011, Internasional Solidarity Games (ISG) 2013 dan Asian University Games di tahun ini. Bahkan Palembang ditunjuk menjadi saingan DKI Jakarta untuk memenangkan persaingan menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018 mendatang.
 
Namun, tidak hanya isu bakal menduduki kursi Menpora. mantan Bupati Musi Banyuasin (MUBA) ini juga digadang-gadangkan akan merebut kursi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dari pesaingnya, Anies Baswedan.

Pasalnya, saat menjabat jadi Bupati MUBA Sumsel, Alex mempelopori program sekolah gratis yang hingga sekarang sedang diberlakukan di berbagai daerah se-Indonesia.
 
Namun JK mengakui, saat ini nama-nama yang masuk tersebut masih dibahas dan dibicarakan. "Itu dinamis, nanti kita lihat lah. Ada mekanisme yang harus dibahas terlebih dulu," ucapnya.
 
Saat melantik Ketua PMI Sumsel terpilih, Hj Eliza Alex Noerdin, JK mengatakan agar PMI Provinsi Sumsel harus siap melayani masyarakat setiap waktu dengan sebaik-baiknya, seperti pelayanan darah bagi pasien yang membutuhkan sangat penting, ditingkatkan lagi pelayanan baik dari jumlah maupun kualitas darah itu sendiri.

"Wujudkan pelayanan darah yang aman, tepat waktu, serta mudah diakses dan melibatkan masyarakat untuk pendonor," imbuhnya.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini