Ucap Kata 'Bocor', Jokowi Buat Riuh Muktamirin PKB

Oleh Taufiqurrohman pada 01 Sep 2014, 00:28 WIB
Diperbarui 01 Sep 2014, 00:28 WIB
Jokowi 1
Perbesar
(Liputan6.com\Faizal R Syam)

Liputan6.com, Surabaya - Presiden terpilih Joko Widodo menyayangkan masih banyaknya masalah yang dialami Indonesia di berbagai bidang. Masalah-masalah tersebut, menurut pria yang akrab disapa Jokowi tersebut, membuat uang negara terbuang sia-sia.

"Masalah yang gini-gini ini yang menyebabkan negara nggak betul, nggak efisien, banyak uang yang bocor," kata Jokowi saat memberi pembekalan dalam Muktamar PKB di Hotel Empire Palace, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (31/8/2014) malam.

Namun pernyataan Jokowi tersebut, justru membuat seisi ruangan tertawa dan bersorak riuh. Sebab, ucapan Jokowi itu serupa dengan perkataan yang disampaikan pesaingnya di Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 lalu, Prabowo Subianto.

"Hahaha, bocor bocoooor," seru seorang hadirin yang kemudian diikuti oleh banyak muktamirin atau peserta muktamar.

Jokowi yang merasakan riuh penonton itu pun sepertinya langsung menyadari kesamaan pengucapan kata bocor itu. Dia langsung menimpalinya dengan tertawa pula.

"Ia benar, bocor ini hahaha," timpal Jokowi.

Salah satu masalah yang menyebabkan uang negara bocor, kata Jokowi, adalah di bidang pertanian. Jokowi mengatakan, Indonesia sebenarnya memiliki lahan pertanian yang luas, sayangnya lahan itu tidak dimanfaatkan dengan baik.

"Petani punya sawah satu hektare, tapi panennya cuma sedikit. Padahal kalau mampu menyiapkan air yang baik, mampu menyiapkan pupuk yang baik, bibit yang baik, sebetulnya yang namanya swasembada beras bukan masalah yang besar," tandas Jokowi.

Baca juga:

Jokowi: Jadi Presiden Jangan Susah, Menteri Tak Bisa Kerja Copot
Soal Menteri Lepas Jabatan Parpol, PKB Akan 'Lobi' Jokowi
Muhaimin: Pembahasan Kabinet dengan Jokowi Pertengahan September