Bertemu Jokowi, Hasyim Muzadi Siap Kawal Pemerintahan Baru

Oleh Edward Panggabean pada 30 Agu 2014, 18:35 WIB
Diperbarui 30 Agu 2014, 18:35 WIB
Hasyim Muzadi
Perbesar

Liputan6.com, Depok - Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi menghadiri halaqah atau seminar bertema 'Halal Bihalal dan Sarasehan Nasional Ulama Pesantren dan Cendekiawan tentang Keagamaan, Keumatan dan Kebangsaan' di Pondok Pesantren Al-Hikam, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/8/2014).

Dengan pengawalan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Jokowi yang berbaju warna putih berpeci hitam disambut mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi dan sejumlah ulama NU lainnya.

Jokowi langsung diajak ke rumah Hasyim yang berdekatan dengan pondok pesantren tersebut, sebelum memberikan ceramah di acara tersebut.

Hasyim mengatakan ulama yang hadir adalah mereka yang mendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) selama pencalonan. Namun demikian, sejumlah ulama tetap mengawal perjalanan pemerintahan Jokowi-JK.

"Mereka siap melakukan pengawalan. Menjaga agama agar lurus, tata hukum dan negara, menjamin keutuhan NKRI," ucap Hasyim.

Hasyim menilai agama selama ini tergantung siapa yang menggunakan. Apabila salah, maka agama bisa berhadapan dengan negara.

"Maka kiai yang berkumpul inilah menjaga keserasian bernegara. Hal-hal yang bersifat teknis akan kami sampaikan sambil pemerintahan berjalan. NU harus mendukung revolusi akhlak," tandas Hasyim.

Hadir dalam acara itu antara lain Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie. Pagi tadi Jokowi bertandang ke Bali. Dari Pulau Dewata, Jokowi menuju Depok. Selanjutnya Jokowi dijadwalkan menghadiri Muktamar PKB di Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga:

Muhaimin: Tak Mau Bicara Soal Menteri, Nanti Saya Ge-er Lagi
Muhaimin: Ketum PKB Lebih Baik Diganti yang Lain, Tapi...
Jokowi-JK Jadi Pembicara di Muktamar PKB Besok

(Sss)