Sukses

Jubir: Demokrat Pilih di Luar Jokowi-JK dan Koalisi Merah Putih

Partai Demokrat memilih sikap independen dan menjadi kekuatan penyeimbang bagi pemerintahan mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Partai Demokrat Rachlan Nasidik mengatakan Partai Demokrat memilih sikap independen dan menjadi kekuatan penyeimbang bagi pemerintahan mendatang.

"Partai Demokrat memilih posisi berada di luar pemerintahan (Jokowi-JK) tapi juga berada di luar Koalisi Merah Putih yang mendukung pasangan Prabowo-Hatta," kata Rachlan usai diskusi 'Spirit Demokrat' di Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Menurut Rachlan, rumor yang menyebut Partai Demokrat akan bergabung dengan koalisi partai politik pengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla tidak benar dan tidak jelas sumbernya dari mana.

Sekretaris Departemen Pemajuan dan Perlindungan HAM DPP Partai Demokrat itu menegaskan rumor itu bukan berasal dari kader-kader Partai Demokrat.

Kader-kader Partai Demokrat, kata dia, mendukung sikap Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang memilih bersikap independen.

"Pak SBY juga pernah mengatakan, Partai Demokrat tidak memiliki ambisi untuk mendapat jabatan politik tertentu," kata dia.

Rachlan juga menegaskan, kalaupun ada komunikasi antara Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan dengan calon presiden terpilih Joko Widodo, hal itu adalah komunikasi pribadi dan berada di luar dari garis kebijakan partai.

"Kami memilih mengikuti garis kebijakan ketua umum dari kebijakan ketua harian," lanjut dia.

Menurut Rachlan, secara etika Partai Demokrat yang kalah dalam pemilu legislatif dan tidak mengusung calon presiden, akan berada di luar pemerintahan.

Posisi di luar pemerintahan yang independen dan konstruktif, kata Rachlan, akan menegaskan jati diri dan jiwa Partai Demokrat sebagai partai politik modern, profesional, dan berdedikasi pada rakyat. (Ant/Sss)

Baca juga:

10 Tahun SBY Menjabat, Demokrat: Terima Kasih Pak SBY

Nasdem Klaim 4 Parpol Koalisi Merah Putih Setengah Merapat

Jokowi Pastikan Penjajakan dengan PAN dan Demokrat Dipercepat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.