Sukses

Saksi Ahli IT Prabowo: Mungkin Peretas Pakai Data Situs KPU

Iwan mengatakan, akibat penggunaan email gratis oleh komisioner KPU, kemungkinan terjadi peretasan komunikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Saksi ahli bidang keamanan Informasi Teknologi (IT) yang dihadirkan kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Iwan Sumantri mengatakan, keamanan sistem IT Komisi Pemilihan Umum (KPU) rentan diretas. Karena KPU menggunakan akun email gratisan.

Iwan pun merekomendasikan KPU mengungkap kemungkinan peretasan terhadap data-data tahapan Pilpres 2014.

"Pertama, kemungkinan ada data digunakan pihak tertentu, oleh para peretas, sehingga perlu dilakukan audit," kata Iwan dalam sidang etik Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (15/8/2014).

Iwan mengatakan, akibat penggunaan email gratis oleh komisioner KPU, kemungkinan terjadi peretasan komunikasi. Maka itu, KPU harus menginvestigasi forensik terhadap penggunaan email oleh KPU.

Terakhir, Iwan meminta pengaudit IT KPU oleh lembaga independen yang bisa bekerja secara profesional. "Lembaga audit yang ditunjuk bukan dari internal KPU," tandas Iwan.

Baca juga:

KPU Sangsikan Keterangan Saksi Ahli Prabowo-Hatta di Sidang DKPP

Prabowo-Hatta Hadirkan Saksi Ahli IT di Sidang DKPP

Sidang Etik DKPP Kembali Lanjut, KPU Tunjuk 4 Saksi Ahli

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.