Sukses

Jokowi Ungkap Perbedaan Pemerintahan Dirinya dengan SBY

Kata Jokowi, dengan gaya kepemimpinan yang berbeda, maka komposisi kementeriannya juga akan berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo mengungkapkan dirinya mungkin saja mempunyai komposisi yang berbeda dalam menyusun kabinet pemerintahannya nanti dengan kabinet pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat ini.

Apakah perbedaan itu termasuk dalam hal nama dan susunan menteri? "Kita ini punya visi misi. Kita punya gaya kepemimpinan yang beda tentu saja. Jadi kementeriannya beda toh. Saya ini nggak bicara ramping dan gemuk, yang saya mau bilang beda," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin, (11/8/2014).

Gubernur DKI Jakarta itu pun menyebut beberapa perbedaan antara kabinetnya nanti dengan kabinet pemerintahan SBY adalah adanya beberapa bidang yang difokuskan selama lima tahun ke depan. Bidang-bidang tersebut yaitu maritim, mental, dan ketahanan pangan.

"Bisa saja fokusnya di maritim, nanti ada kementerian maritim ini masih diproses dan digodok. Ada fokus swasembada pangan mestinya ada fokus kementerian itu, kemudian ada masalah mental. Mungkin kementerian kebudayaan, itu bisa saja," ucapnya.

Lalu, terkait jabatan wakil menteri yang saat ini ada di beberapa instansi kementerian, Jokowi mengaku dirinya belum memikirkan apakah akan menghapus atau justru menambah wakil menteri di beberapa kementerian.

"Tergantung beban, kalau memang beban diperlukan kenapa tidak, kalau nggak diperlukan untuk apa. Saya berpikir simpel semua harus dihitung masih diproses kok ditanyakan," ucapnya.

Jokowi mengungkapkan dirinya baru akan membicarakan persoalan yang terkait dengan komposisi kabinet dan siapa orang-orang yang akan menempati kursi menteri pada bulan depan.

"Nanti kira-kira bulan awal september atau oertengahan baru bicara itu. Sekarang bicara programnya, prioritasnya apa, belum bicara lembaga dan orang ya seperti apa," tandas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • SBY

Video Terkini