Sukses

Jokowi Berniat Bangun 10 Kota Percontohan

Khusus Jakarta, Jokowi mengatakan akan dijadikan ibukota yang lebih baik, namun dengan catatan jika dia bisa bekerja dengan lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo berencana membangun 10 kota percontohan, termasuk Jakarta. Di 10 kota ini akan dibangun infrastruktur, tata ruang, pelayanan publik dan sistem yang baik yang akan menjadi contoh bagi kota-kota lain di seluruh Indonesia.

"Kita ingin membuat 10 kota percontohan yang akan digarap infrastrukturnya, pelayanan publiknya, tata ruang kota, lanskap hijaunya, kepemerintahannya akan digarap secara total. Sistem-sistemnya dibangun secara total. Dan itu menjadi percontohan di Indonesia," kata Jokowi di Jakarta, Sabtu 9 Agustus 2014.

Namun, sampai saat ini, tim Jokowi masih menggodok pilihan kota yang akan digarap. "Tapi kita belum bicara kota mana," katanya.

Khusus Jakarta, Jokowi mengatakan Jakarta akan dijadikan ibukota yang lebih baik, namun dengan catatan jika dia bisa bekerja dengan lebih cepat. "Saya kira masih perlu kerja-kerja cepat agar kita bisa menentukan itu," katanya.

Semasa menjabat Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi dikenal banyak melakukan perubahan besar.

Di Jakarta, Jokowi telah melakukan perombakan sistem pemerintahan, salah satunya dengan metode lelang jabatan, berbagai program fisik yang mangkrak puluhan tahun, mulai dikerjakan kembali pembangunan Monorel, MRT, serta normalisasi waduk. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini