Sukses

Ahok: Mungkin Jokowi Mundur Tunggu Pelantikan DPRD DKI yang Baru

Menurut Ahok paripurna untuk pengunduran diri Jokowi akan dilaksanakan oleh DPRD DKI yang baru.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku belum mendapatkan informasi terkait pengunduran diri presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) sebagai Gubernur DKI. Namun, Basuki yang karib disapa Ahok itu memperkirakan Jokowi segera mengajukan mundur dari jabatannya setelah pelantikan anggota DPRD DKI yang baru pada 20 Agustus ini.

"Belum. Pak Jokowi belum kasih tahu saya. Mungkin Pak Jokowi nunggu DPRD baru dilantik," ucapnya di Balaikota Jakarta, Senin (4/8/2014).

Sehingga nantinya, kata Ahok, paripurna untuk pengunduran diri Jokowi akan dilaksanakan oleh DPRD DKI yang baru. Ia memastikan pengajuan mundur dari jabatan Gubernur itu tak akan ditolak oleh para anggota Dewan Kebon Sirih. Sehingga menurutnya, proses pengunduran diri Jokowi akan berjalan lancar tanpa hambatan.

"Mana ada sih ditolak. Pak Harto aja nggak lewat DPR saja langsung berhenti. Nggak ada halangan. Emang Pak Harto waktu itu lewat MPR, kan nggak kan. Langsung saja. Beliau bilang berhenti saja sudah berhenti kok. Pak Harto saja begitu kok," jelas Ahok.

Sebelumnya, menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, sebelum pelantikan presiden 20 Oktober mendatang, Jokowi harus sudah mengajukan surat pengunduran diri ke DPRD DKI. Hal itu untuk menghindari rangkap jabatan yang dilarang undang-undang.

Jika nantinya surat pengunduran diri Jokowi sudah disetujui DPRD DKI, kemudian diserahkan kepada Mendagri untuk penyelesaian proses administrasi pemberhentian tetap Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta. (Ans)

(Hanz Jimenez Salim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.