Sukses

Jokowi Beberkan 4 Faktor Penyebab Kemenangan Pilpres

Namun Jokowi tak ingin membicarakan lagi terlalu jauh tentang hasil Pilpres 9 Juli lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo telah ditetapkan sebagai presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Juli lalu, berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2014. Pria yang karib disapa Jokowi itu pun memberkan 4 hal yang sangat berpengaruh terhadap kemenangannya.

"Yang pertama, para relawan khususnya di daerah-daerah yang door to door ke masyarakat. Orang yang menyampaikan Jokowi sinting itu yang kedua," ujarnya dalam acara Halal Bi Halal bersama sejumlah relawan dari kalangan selebriti serta pengusaha, Jakarta Pusat, Minggu (3/8/2014).

Ketiga, kata Jokowi, konser Salam Dua Jari pada 5 Juli 2014 lalu yang dihadiri ribuan relawan di Gelora Bung Karno (GBK). Menurutnya, konser yang diselenggarakan berbagai seniman Indonesia secara sukarela itu, menyumbangkan efek luar biasa kepada masyarakat sehingga tergugah memilihnya.

"Kemudian yang terakhir yang keempat, katanya lagi waktu debat katanya saya kelihatan pintar. Ini katanya loh, ya," tegasnya.

Namun Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, yang terpenting saat ini hasil Pilpres telah diketahui bahwa dirinya dan pasangannya Jusuf Kalla (JK) dipercaya rakyat untuk memimpin Indonesia 5 tahun ke depan. Sehingga ia tak ingin membicarakan lagi terlalu jauh tentang hasil Pilpres 9 Juli lalu.

"Malam hari ini saya tidak ingin berbicara masalah quick count (hitung capat), KPU dan Mahkamah Konstitusi (MK). Itu sudah urusannya sana. Bukan kita yang digugat, ngapain kita urus," pugnkas Jokowi.

Baca juga:

Jokowi Halal Bihalal Bersama Para Relawan Selebriti

Jokowi Tersenyum Ladeni Permintaan Foto Selfie Puluhan Artis

Ruang Pameran untuk Jokowi Dipersiapkan di Museum Kepresiden

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.