Sukses

Netizen Dukung Jokowi-JK di Debat Pamungkas

Secara keseluruhan debat dari 6 segmen, total percakapan tentang Prabowo-Hatta sebesar 22.584 dan Jokowi-JK sebesar 64.297.

Liputan6.com, Jakarta - Debat pamungkas antara pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mendapat perhatian serius netizen (pengguna aktif internet). Mereka pun mengapresiasi dalam bentuk hashtag atau tagar dukungan dan percakapan selama debat yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, malam tadi.

"Untuk Prabowo-Hatta ada beberapa hashtag, seperti #Pilih_No1_PrabowoHatta, #PilihPrabowo dan #PrabowoHatta. Sementara hashtag untuk Jokowi-JK antara lain #Jokowi9Juli, #Salam2jari dan #AkhirnyaMilihJokowi," kata pendiri PoliticaWave Yose Rizal dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu (6/7/2014) dini hari.

Ia menambahkan. "Serta ada beberapa hashtag umum seperti #DebatCapres, #DebatCapresFinal dan #DebatCapresCawapres. Pada debat capres kali ini hanya #Jokowi9Juli yang berhasil menduduki peringkat pertama Trending Topic Worldwide dan #Pilih_No1_PrabowoHatta di peringkat ketiga Trending Topic Worldwide."

Yose menjelaskan, beberapa topik dalam debat berhasil mendapatkan respons besar dari netizen dan masuk menjadi Trending Topic Worldwide, yaitu Dukung PrabowoHatta Atau JokowiJK, Mungkin Bapak, Kalpataru, Pertanyaan Bapak, Yakin Pilih Prabowo, One Map Policy.

Segmen 1

Dia memaparkan pula, pada segmen 1 ada beberapa topik dari Prabowo-Hatta yang menarik perhatian netizen, yaitu Kedaulatan Pangan, Sustainable Development, Kualitas Udara dan Kualitas Tanah.

"Sementara beberapa topik dari Jokowi-JK yaitu Konversi Gas, Bukan Pidato, Listrik Padam dan Kebutuhan Pokok. Total percakapan tentang Prabowo-Hatta sebesar 603 percakapan dan Jokowi-JK sebesar 2.249 percakapan. Ada 439 netizen yang melakukan percakapan tentang Prabowo-Hatta dan 1.335 netizen yang melakukan percakapan tentang Jokowi-JK. Net Sentimen (Margin percakapan positif dan negatif) Prabowo-Hatta sebesar 245 dan Jokowi-JK sebesar 1.473," urai Yose.

Segmen 2

Pada segmen 2 topik dari Prabowo-Hatta adalah 2 Juta Hektar, Pupuk Majemuk, Kehilangan Lahan dan Intensifikasi Lahan. Dari Jokowi-JK yang menarik perhatian netizen adalah Niat dan Kemauan, Pasar, Negara Agraris, Nilai Tambah dan Pasca Panen. Total percakapan tentang Prabowo-Hatta sebesar 845 dan Jokowi-JK sebesar 2.937 . Ada 558 netizen yang melakukan  percakapan tentang Prabowo-Hatta dan 1.742 netizen yang melakukan percakapan tentang Jokowi-JK. Net Sentimen Prabowo-Hatta sebesar 411 dan Jokowi-JK sebesar 1.799.

Segmen 3

Pada segmen 3, beberapa topik dari Prabowo-Hatta yang menarik perhatian netizen adalah Energi Terbarukan, Renegosiasi, Sumur Tua, Kerusakan Lingkungan dan Daya Dukung. Beberapa topik yang menarik dari Jokowi-JK adalah Energi Terbarukan, Energi Melimpah dan Teknologi. Total percakapan tentang Prabowo-Hatta sebesar 7.215 dan Jokowi-JK sebesar 24.188.Ada 3.853 netizen yang melakukan percakapan tentang Prabowo-Hatta dan 11.932 netizen yang melakukan percakapan tentang Jokowi-JK. Net Sentimen Prabowo-Hatta sebesar 4.335 dan Jokowi-JK 19.555.

Segmen 4

Pada segmen 4, beberapa topik menarik tentang Prabowo-Hatta adalah Menolak Impor, Masyarakat Asing dan Diversifikasi Teknologi. Sementara beberapa topik dari Jokowi-JK adalah Kerusakan Lingkungan, Pak Prabowo Salah Baca dan Kyoto Protocol. Jumlah percakapan tentang Prabowo-Hatta sebesar 2.218 dan Jokowi-JK sebesar 5.504.Ada 1.302 netizen yang melakukan percakapan tentang Prabowo-Hatta dan 2.870 netizen yang melakukan percakapan tentang Jokowi-JK. Net Sentimen Prabowo-Hatta sebesar 1.231 dan Jokowi-JK sebesar 4.516.

Segmen 5

Pada segmen 5, beberapa topik dari Prabowo-Hatta adalah Koperasi, Saya Setuju dengan Pak Jokowi, Tidak ada Maling dan Jual Beli Suara. Beberapa topik dari Jokowi-JK adalah Kalpataru, Adipura, Pertanyaan Keliru dan Green City. Total percakapan tentang Prabowo-Hatta sebesar 8.524 dan Jokowi-JK sebesar 19.803.Ada 5.103 netizen yang melakukan  percakapan tentang Prabowo-Hatta dan 10.615 netizen yang melakukan percakapan tentang Jokowi-JK. Net Sentimen Prabowo-Hatta sebesar 4.333 dan Jokowi-JK sebesar 12.686.

Segmen 6

Pada segmen 6, beberapa topik dari Prabowo-Hatta adalah Penegak Hukum dan Koalisi Merah Putih. Sementara topik dari Jokowi-JK adalah Konstitusi, Salam 2 Jari, Koalisi Tanpa Syarat dan Perubahan. Jumlah percakapan tentang Prabowo-Hatta sebesar 3.179 dan Jokowi-JK sebesar 9.616.Ada 2.209 netizen yang melakukan  percakapan tentang Prabowo-Hatta dan 5.334 netizen yang melakukan percakapan tentang Jokowi-JK. Net Sentimen Prabowo-Hatta sebesar 1.097 dan Jokowi-JK sebesar 6.692.

"Secara keseluruhan debat dari 6 segmen, total percakapan tentang Prabowo-Hatta sebesar 22.584 dan Jokowi-JK sebesar 64.297. Net Sentimen Prabowo-Hatta sebesar 11.652 dan Jokowi-JK sebesar 46.721. Netizen mendukung pasangan Jokowi-JK di semua segmen pada Debat Capres yang terakhir," pungkas Yose Rizal.

Baca juga:

Tutup Debat, Jokowi: Kami Ingin Hadir untuk Membawa Perubahan
Politicawave: Netizen Lebih Mendukung JK ketimbang Hatta
Jokowi Janji ke Netizen Tak Akan Berangus Kebebasan Berekspresi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini