Sukses

Kalla: Hatta Bukan Blunder, Tapi Nggak Ngerti

"Pak Hatta sudah begitu lama di pemerintahan, tak bisa bedakan Kalpataru dan Adipura."..

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 2 Jusuf Kalla menegaskan cawapres nomor urut 1 Hatta Rajasa tidak paham pertanyaan. Pada segmen 5 debat terakhir, Hatta menanyakan soal Kota Solo dan DKI yang tak mendapat penghargaan Kalpataru sepanjang dipimpin Joko Widodo.

"Yang saya sayangkan adalah Pak Hatta sudah begitu lama di pemerintahan, tak bisa bedakan Kalpataru dan Adipura. Jadi beda sekali. Bukan blunder, tapi nggak ngerti," tegas politisi yang akrab disapa JK itu usai Debat Capres-Cawapres pamungkas di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu (5/7/2014) malam.

Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Sementara, Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Akibat salah pertanyaan, JK enggan menjawab padahal masih banyak waktu tersisa. Karena waktu masih tersisa, Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Sudharto P. Hadi yang bertindak sebagai moderator mempersilakan pasangan Jokowi-JK untuk melanjutkan jawaban. Namun, JK tetap menolak menjawab.

"Pertanyaan keliru, jadi saya tak bisa jawab," kukuh JK dalam debat yang mengangkat tema Pangan, Energi, dan Lingkungan.

Sebelumnya, Jokowi sempat menjawab pertanyaan tersebut. Dia mengatakan bahwa data yang didapat Hatta keliru, karena Kota Solo sebenarnya pernah mendapat penghargaan.

"Kota Solo pernah mendapat penghargaan Green City, silakan Bapak cek di sana," tegas mantan Walikota Solo itu.

Baca juga:

Malah Balik Bertanya, Hatta Ditegur Moderator

JK: Pertanyaan Pak Hatta Keliru, Jadi Saya Tak Bisa Jawab

Jokowi: Jangan Cuma Penghargaan, Tapi Juga ...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini