Jokowi: Cukup 15 Tahun Beretorika, Sekarang Saatnya Melaksanakan

Oleh Andi Muttya Keteng pada 30 Jun 2014, 16:24 WIB
Diperbarui 30 Jun 2014, 16:24 WIB
Jokowi 'Manyun' Kenapa Ya?
Perbesar
Di lokasi ini, mantan Wali Kota Solo itu membagi-bagikan kaos 'Jokowi-JK' kepada warga, Jakarta, Senin (30/6/14). (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Liputan6.com, Bintaro - Capres nomor urut 2 Joko Widodo membeberkan alasannya lebih banyak blusukan ke pasar-pasar dibandingkan dengan berorasi di atas panggung. Menurut pria yang karib disapa Jokowi itu, sekarang sudah waktunya untuk langsung pelaksanaan. Bukan cuma beretorika di panggung.

"Kalau orasi itu apa sih? Kita sudah 15 tahun berwacana dan beretorika di panggung. Ya nggak? Saat ini adalah saatnya melaksanakan. Bukan naik panggung angkat tangan," kata Jokowi usai blusukan di mal di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

"Menurut saya kita ke pasar, ini manajemen mal, ini manajemen pasar. Perbaiki," lanjutnya.

Dengan turun ke lapangan dan blusukan ke pasar, Jokowi mengaku lebih bisa memahami persoalan manajemen antara pasar tradisional dengan pusat perbelanjaan modern. Sehingga, dia pun mengklaim dapat memprediksi solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan di lapangan.

"Dan kita ingin tunjukkan kenapa kita ke pasar, karena saatnya untuk turun ke bawah lihat permasalahan," ucapnya.

Sebelumnya, usai blusukan ke 3 pasar tradisional, Jokowi memasuki mal di kawasan Bintaro. Kunjungannya ke pusat belanja modern itu untuk membandingkan pasar tradisional dengan mal.

"Manajemen harus dibandingkan. Kalau nggak dibandingkan, nggak ngerti. Siapa kelas menengah atas juga sekalian," ujarnya sambil berkeliling di salah satu departemen store di mal tersebut.

Dia mengatakan, hal yang perlu diperhatikan adalah perbedaan manajemen pengelolaan pasar tradisional dengan manajemen sebuah mal. Seperti kebersihan, kenyamanan, serta ketersediaan lahan parkir. Meski tak harus memiliki pendingin ruangan atau air conditioner (AC), pasar tradisional setidaknya harus tertata rapi dan nyaman serta bersih. (Yus)