Alasan Jokowi Blusukan ke Mal

Oleh Andi Muttya Keteng pada 30 Jun 2014, 15:25 WIB
Diperbarui 30 Jun 2014, 15:25 WIB
Jokowi
Perbesar

Liputan6.com, Bintaro - Usai blusukan ke 3 pasar tradisional, capres nomor urut 2 Joko Widodo memasuki sebuah mal di kawasan Bintaro, Tangerang. Pria yang karib disapa Jokowi itu mengaku, kunjungannya untuk membandingkan pasar tradisional dengan mal.

"Manajemen harus dibandingkan. Kalau nggak dibandingkan, nggak ngerti," ujar Jokowi sambil berkeliling di salah satu departemen store di mal tersebut, Senin (30/6/2014).

Dia mengatakan, hal yang perlu diperhatikan adalah perbedaan manajemen pengelolaan pasar tradisional dengan manajemen sebuah mal. Seperti kebersihan, kenyamanan, serta ketersediaan lahan parkir. Meski tak harus memiliki pendingin ruangan atau air conditioner (AC), pasar tradisional setidaknya harus tertata rapi dan nyaman serta bersih.

"Nggak apa-apa di pasar berkeringat, karena tidak pakai AC. Tapi kalau bisa ditata, dengan manajemen yang bagus. Sehingga, orang pasti pilih ke pasar karena harganya lebih kompetitif, tidak terbebani pajak, listrik, lampu seperti ini," jelas Jokowi.

Mantan Walikota Surakarta itu mengaku memilih mal itu lantaran kebetulan melewati kawasan tersebut ketika sedang menuju lokasi temu relawan. Maka, ia pun sekaligus melakukan blusukan perbandingan.

"Karena memang kebetulan lewat aja. Karena acara selanjutnya belum siap. Nggak (capek) karena kita kan membandingkan, kalau mau pasar tradisional seperti ini," pungkas Jokowi. (Yus)