Sukses

Survei Indo Barometer: Bila Pemilu Hari Ini, Jokowi-JK Menang

Hasil survei terbaru Indo Barometer menunjukkan elektabilitas pasangan Jokowi-JK masih berada di atas duet Prabowo-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survei terbaru Indo Barometer menunjukkan elektabilitas pasangan Jokowi-JK masih berada di atas duet Prabowo-Hatta. Dalam survei kali ini terungkap, bila Pilpres dilakukan hari ini maka pasangan Jokowi-JK keluar sebagai pemenang.

Direktur Indo Barometer M Qodari menjelaskan, responden memilih Jokowi sebagai presiden sebanyak 45,3%. Sementara Prabowo Subianto 42,9%. Hal itu diketahui dari pertanyaan kepada responden secara tertutup.

"Head to head capres Jokowi ungguli Prabowo. Sedangkan suara belum memutuskan 11,7%," ujar Qodari di Hotel Harris, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (29/6/2014).

Sedangkan untuk pertanyaan terbuka, seandainya Pilpres dilakukan hari ini, Jokowi memperoleh 40,4%, sedangkan Prabowo 39,9%.

Di sisi lain, Jusuf Kalla juga dipastikan akan menjadi wakil presiden seandainya Pilpres dilaksanakan hari ini. Pria yang akrab di JK itu dipilih melalui pertanyaan tertutup oleh responden sebesar 44,6%, dan Hatta Rajasa 39,3%. Sedangkan untuk pertanyaan terbuka, JK mendapat sebanyak 39,5%, Hatta Rajasa 34,3%.

"Pilihan spontan (responden) terhadap JK 39,5%, sedangkan Hatta 34,3%. Ada untuk tokoh-tokoh lain sebesar 3,5%. Kalau head to head JK 44,6% dan Hatta 39,3%," ujar dia.

Pada survei yang dilakukan pada tanggal 16-22 Juni 2014 ini, Indo Barometer melakukan survei di 33 Provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah responden yang dilibatkan sebanyak 1.200 orang dengan margin of error plus minus 3,0% dan tingkat kepercayaan 95%.

Pemilihan responden ditentukan metode multistage random sampling. Sedangkan tahap pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka secara langsung menggunakan kuisioner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.