Prabowo: Saya Pernah Miskin

Oleh Widji Ananta pada 22 Jun 2014, 15:56 WIB
Diperbarui 22 Jun 2014, 15:56 WIB
Prabowo
Perbesar
Prabowo. (Johan Tallo/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 1 Prabowo Subianto dikenal berasal dari keluarga yang berlatar belakang begawan. Ayahnya, Soemitro Djojohadikoesoemo merupakan ekonom ternama Indonesia. Dia juga sempat menghabiskan masa kecil di luar negeri.

Namun siapa sangka Prabowo juga pernah mengecap rasanya jadi orang tak berpunya. Dalam orasinya di kampanye akbar Koalisi Merah Putih di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, capres pasangan Hatta Rajasa itu mengaku pernah hidup miskin.

"Ada yang mengatakan saya lahir sudah kaya? Itu tidak benar. Saya pernah merasakan miskin," ujar Prabowo, Minggu (22/6/2014).

"Tidak seperti mereka yang punya uang, tapi mengaku tidak punya uang." Sontak, mendengar hal itu, ratusan ribu masa pendukung yang sudah memadati stadion kebanggan Indonesia tersebut langsung bersorak.

Prabowo membeberkan, dirinya besar dan hidup bersama seorang ayah yang bekerja sebagai guru dan dosen. Seumur hidup sang ayah, hanya bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Ayah saya guru, dosen, dan selamanya hanya seorang PNS," jelasnya.

Total nilai aset yang dilaporkan Prabowo ketika 2003 lalu, sekitar Rp 10,1 miliar dan US$ 416.135. Terdiri atas harta tidak bergerak, harta bergerak, surat berharga, serta giro dan setara kas lainnya.

Prabowo juga memiliki harta lain yang sebagian besar berupa giro dan setara kas lainnya senilai Rp 3,9 miliar dan sekitar US$ 4,2 juta. Prabowo juga tercatat memiliki aset berupa 3 lembar surat berharga dengan total nilai sekitar Rp 2,3 miliar.

Selain harta, Prabowo tercatat melaporkan utang yang dimilikinya kepada KPK. Pada 2003, utang Prabowo sekitar Rp 500 juta dan US$ 3,8 juta. (Mut)

Total nilai aset yang dilaporkan Prabowo ketika itu sekitar Rp 10,1 miliar dan US$ 416.135. Terdiri atas harta tidak bergerak, harta bergerak, surat berharga, serta giro dan setara kas lainnya.
- See more at: http://indonesia-baru.liputan6.com/read/2051815/laporan-harta-kekayaan-prabowo-punya-utang-hatta-tidak#sthash.IRFNIVjI.dpuf