Mengintip Visi-Misi Jokowi Tentang Negara Maritim

Oleh Widji Ananta pada 11 Jun 2014, 16:09 WIB
Diperbarui 11 Jun 2014, 16:09 WIB
jokowi 10
Perbesar
(ANTARA FOTO/Regina Safri)

Liputan6.com, Bandung - Pada kampanye di Pulau Jawa, khususnya Jawa Barat, capres Joko Widodo memberikan sambutan dalam launching acara World Ocean Day di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat. Hari Nusantara 2014 kali ini bertemakan 'Membangun Indonesia Menjadi Negara Maritim yang Kuat, Maju dan Mandiri'.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (11/6/2014), terlihat beberapa tokoh penting PDIP, seperti Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Rieke Diah Pitaloka, Faisal Basri, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sharif Cicip Sutardjo.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan bidang maritim dan kelautan adalah sebuah sumber daya yang sangat besar di Indonesia. Dan sangat mungkin bidang kelautan menjadi lapangan kerja.

Maka dari itu, kata Jokowi, dengan visi-misi yang digadang-gadangnya bersama Jusuf Kalla, ia berjanji akan menambah 400 ribu hektare lahan budi daya laut sebagai program padat karya bidang kelautan.

"Penambahan itu dapat memberikan lapangan kerja bagi 6,7 tenaga kerja sektor maritim yang bisa terangkut dalam proses padat karya bidang kelautan," ujar Jokowi.

Menurutnya, jika melihat sejarah Indonesia, Sriwijaya dan Majapahit merupakan daerah maritim. Dan untuk masa depan Indonesia sangat mungkin maritim kembali dihidupkan di Bumi Pertiwi ini.

"Kalau kita betul-betul konsentrasi, menekuni, mengerjakan lapangannya dengan baik, kekuatan kita ada di sektor maritm dan kelautan. Kita lihat kejayaan Sriwijaya, Majapahit, dan kejayaan masa depan kita ada di maritim dan kelautan," tandas Jokowi.

Rombongan capres Joko Widodo menyambangi kota kembang Bandung, Jawa Barat. Mantan Walikota Solo ini dijadwalkan langsung menuju Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika.

Namun sebelum menuju ke Gedung Merdeka, Jokowi sempat menyambangi rumah makan khas Sunda, Cibiuk, Jalan Soekarno-Hatta. Jokowi sempat menunaikan ibadah salat zuhur.

Jokowi tiba pukul 13.15 WIB. Sesampainya di restoran tersebut, dia menjadi pusat perhatian para pelanggan yang sedang santap makan siang.

Usai salat zuhur, Jokowi langsung dikerumuni pengunjung. Rata-rata mereka meminta untuk berfoto bersama dan sekadar berjabat tangan dengan capres nomor urut 2 tersebut. (Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya