Sukses

Kesultanan Banten Deklarasikan Dukungan untuk Jokowi-JK

Tokoh Kesultanan yang juga salah satu keturunan Sultan Maulana Hasanudin Banten ini secara tegas mendukung pasangan Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta Dukungan untuk pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dari Banten terus mengalir dari berbagai elemen. Kali ini, dukungan dari Tanah Seribu Kiai Sejuta Santri dideklarasikan oleh Relawan Jenggala Banten.

"Kami mendoakan, mudah-mudahan Jokowi-JK bisa menjadi presiden dan wakil presiden," kata KH Tubagus (Tb) Ismetullah Al-Abbas, Ketua Kenadziran Kesultanan Banten Lama di Pondok Pesantren Al-Qur'aniyah Maulana Hasanudin Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten, Minggu (1/6/2014).

Tokoh Kesultanan Banten yang juga salah satu keturunan dari Sultan Maulana Hasanudin Banten ini secara tegas menyatakan dirinya mendukung pasangan Jokowi-JK.

"Kami Kesultanan mendoakan kepada Bapak Jokowi-JK mudah-mudahan niat beliau berhasil. Kalau Jokowi sebenarnya sudah mengenal. Karena sudah pernah bersilaturahmi dengan Rano Karno di rumah saya dan betah di rumah saya," sambungnya.

Sedangkan menurut Wakil Ketua Relawan Jenggala Nasional, Marsdya TNI (Purn) M Basri Sidehabi, pemilihan tempat deklarasi di kompleks Masjid Banten Lama, karena semua orang sudah mengetahui sejarah perjuangan Kesultanan Banten.

"Ini kan sejarah Banten, semua orang menghargai bagian dari sejarah," katanya kepada sejumlah awak media.

Ketika ditanyakan soal perbedaan kepemimpinan sipil-militer dalam pemerintahan, Basri tidak mempermasalahkan karena yang terpenting adalah apa yang sudah dia lakukan di masa lalu.

"Tidak perlu ada dikotomi militer dan sipil. Tapi harus dilihat track record yang bersangkutan bisa memperbaiki negara. Maka dia bisa menjadi pemimpin," tutupnya.

Deklarasi ini juga diisi oleh pembacaan visi misi pasangan Jokowi-JK yang akan mengubah Indonesia menjadi lebih baik lagi. Lalu, diisi juga oleh kesenian tradisional Banten, yaitu pencak silat dan debus.

Pada Jumat 30 Mei lalu, 160 kiai dari Banten juga memberikan dukungan kepada pasangan Jokowi-JK di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat. Sehari kemudian, beragam komunitas di Banten, seperti komunitas reggae dan komunitas mualaf Banten ikut memberikan dukungannya kepada mantan Walikota Surakarta tersebut. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini