Sukses

Prabowo: Dites Kesehatan 10 Jam, Semua Lubang Telah Diperiksa

Pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa selesai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa selesai menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Pemeriksaan kesehatan ini untuk melengkapi berkas persyaratan pendaftaran capres dan cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pantauan Liputan6.com, keduanya keluar dari ruang Medical Check Up RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta sekitar pukul 16.30 WIB. Mereka terlihat kompak dengan mengenakan kemeja berwarna putih.

Usai menjalani tes kesehatan kurang lebih 10 jam, bakal capres Prabowo Subianto mengatakan, bersama Hatta Rajasa menjalankan 14 jenis tes. Saat menjalani tes kesehatan, dia mengaku beristirahat sebentar.

"10 jam pemeriksaan, hanya ada jeda sebentar untuk salat Jumat dan makan siang," kata Prabowo ketika memberikan keterangan persnya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Jumat (23/5/2014).

Mantan Danjen Kopassus ini pun sempat berkelakar saat menjalani pemeriksaan kesehatan, semua lubang yang ada di seluruh tubuhnya telah diperiksa. Dia berharap bisa dinyatakan lolos.

"Semua lubang sudah diperiksa, rohani, kejiwaan fisik sudah diperiksa. Dan mudah-mudahan lolos," ucap Prabowo.

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini pun memuji kinerja para dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang mendampinginya dalam melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Dokter dan Pprofesor kita mereka-mereka, membuat kami terkesan. Kita punya ahli-ahli terbaik di dunia," tambah Prabowo.

Berdasarkan keterangan KPU, pasangan bakal capres-cawapres menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan yang meliputi beberapa unsur yakni pemeriksaan sejarah kesehatan, pemeriksaan kesehatan jasmani dan psikiatrik, pemeriksaan penunjang, dan pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan kesehatan jasmani atau fisik meliputi pemeriksaan kondisi internal tubuh. Seperti pemeriksaan jantung, pembuluh darah, paru-paru, bedah, eurologi, ortopedi, saraf, mata, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Pemeriksaan penunjang terdiri dari tes ultrasonografi abdomin, kardio, treadmill test, rontgen, spirometri, audiometri, MRI, hingga CT Scan. Sementara pemeriksaan laboratorium meliputi tes darah dan urine yang terdiri dari hematologi, tes faal, ginjal, dan mencari jika ada indikasi tumor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini