Sukses

Sudah Pengalaman Tes Kesehatan, Jokowi-JK Yakin Lulus

Cawapres Jusuf Kalla telah 2 kali menjadi kontestan capres-cawapres pada 2004 dan 2009.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden Joko Widodo alias Jokowi yakin akan lolos pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Sebab, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan saat ini bukanlah untuk yang pertama kali dilakukan olehnya.

"Yakin, lah saya sudah 4 kali cek apa saja, sudah saya ikuti. Untuk keperluan walikota 2 kali, lalu gubernur sudah. Dan yang untuk pencalonan presiden dan wakil presiden juga," ujar Jokowi usai tes kesehatan, Kamis (22/5/2014).

Sementara itu, cawapres Jusuf Kalla yang telah 2 kali menjadi kontestan capres-cawapres pada 2004 dan 2009 mengaku yakin lolos pemeriksaan kesehatan walaupun saat ini JK telah tergolong berusia lanjut.

"Yakin, insya Allah lulus," kata JK.

JK pun menganggap, pemeriksaan kesehatan yang saat ini dilakukan saat ini jauh lebih baik saat dia menjadi cawapres berpasangan dengan SBY dan ketika dirinya menjadi capres berpasangan dengan Wiranto.

"Ya kalau dibanding-bandingkan, lebih bagus sekarang. Yang ini jauh lebih detail," ucap JK.

Jokowi-JK menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan yang meliputi beberapa unsur yakni pemeriksaan sejarah kesehatan, pemeriksaan kesehatan jasmani dan psikiatrik, pemeriksaan penunjang dan pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan kesehatan jasmani atau fisik meliputi pemeriksaan kondisi internal tubuh. Seperti pemeriksaan jantung, pembuluh darah, paru-paru, bedah, eurologi, ortopedi, saraf, mata, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Pemeriksaan penunjang terdiri dari tes ultrasonografi abdomin, kardio, treadmill test, rontgen, spirometri, audiometri, MRI, hingga CT Scan. Sementara pemeriksaan laboratorium meliputi tes darah dan urine yang terdiri dari hematologi, tes faal, ginjal, dan mencari jika ada indikasi tumor. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini