Sukses

Usai Tes Kesehatan, Jokowi: Yang Periksa 80 Profesor Dokter

Pemeriksaan kesehatan kali ini dilakukan sangat detail. Terlebih saat berkaitan dengan tes psikologi.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla telah menyelesaikan serangkaian pemeriksaan kesehatan di RSPAD, Jakarta. Dalam pemeriksaan itu, puluhan dokter pun disiapkan untuk memeriksa pasangan yang diusung 4 parpol itu.

"Jadi yang diperiksa hanya 2 orang, yang memeriksa sampai 80 profesor dokter," kata pria yang akrab disapa Jokowi itu usai pemeriksaan kesehatan di RSPAD,Jakarta, Kamis (22/5/2014).

Jokowi menambahkan, pemeriksaan kesehatan kali ini dilakukan sangat detail. Terlebih saat berkaitan dengan tes psikologi.

"Tes kesehatan saya dan Bapak Haji Muhammad Jusuf Kalla dari pukul 7.30 WIB sampai setengah setengah 6 sore yang dilakukan oleh kira-kira 80 dokter plus perawatan dan lain-lainnya berjumlah 130 orang," jelas dia.

Hasilnya, Jokowi mengaku tak masalah. Dirinya yakin akan lolos dalam tahapan ini. "Alhamdulillah kami berdua masih segar. Dan sudah kita terima juga surat tes ini," tandas Jokowi.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima dari KPU, Jokowi-JK menjalan serangkaian pemeriksaan kesehatan yang meliputi beberapa unsur yakni pemeriksaan sejarah kesehatan, pemeriksaan kesehatan jasmani dan psikiatrik, pemeriksaan penunjang dan pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan kesehatan jasmani atau fisik meliputi pemeriksaan kondisi internal tubuh. Seperti pemeriksaan jantung, pembuluh darah, paru-paru, bedah, eurologi, ortopedi, saraf, mata, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Pemeriksaan penunjang terdiri dari tes ultrasonografi abdomin, kardio, treadmill test, rontgen, spirometri, audiometri, MRI, hingga CT Scan. Sementara pemeriksaan laboratorium meliputi tes darah dan urine yang terdiri dari hematologi, tes faal, ginjal, dan mencari jika ada indikasi tumor. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.