Berkimono Biru, Jokowi-JK Siap Tes Kesehatan di RSPAD

Oleh Luqman Rimadi pada 22 Mei 2014, 08:12 WIB
Diperbarui 22 Mei 2014, 08:12 WIB
Tiba di RSPAD, Jokowi-JK Lambaikan Tangan ke Media
Perbesar
Jokowi-JK. (Luqman Rimadi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pasa‎ngan capres cawapres yang diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP), Partai Nasdem, PKB dan Partai Hanura, Joko Widodo dan Jusuf Kalla melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat hari ini. Keduanya berangkat bersama, dalam satu mobil.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (22/5/2014), Jokowi dan JK tiba di RSPAD Gotot Subroto pada pukul 07.40 WIB dengan menumpang satu mobil yang sama. Yakni mobil jenis Toyota Innova putih, yang selama ini sering dikendarai oleh Jokowi unruk melakukan safari politik setelah mendeklarasikan diri sebagai capres.

Keduanya pun langsung disambut oleh Komisioner KPU Hadar Gumay dan para dokter RSPAD Gotot Subroto, yang akan memeriksa kesehatan pasangan capres-cawapres itu di lobi rumah sakit. Keduanya pun langsung masuk ke dalam rumah sakit, untuk melakukan registrasi dan berganti pakaian khusus dari rumah sakit selama menjalani pemeriksaan.

Jokowi dan JK pun hanya melempar senyum dan melambaikan tangan kepada para awak media, saat ditanya mengenai persiapan yang dilakukan jelang pemeriksaan kesehatan. Jokowi malah bertanya balik mengenai kondisi kesehatan para awak media yang meliput. "Sehat semua? Sudah pada makan belum," ucap Jokowi sambil tersenyum.

Setelah 20 menit berada di dalam rumah sakit, Jokowi dan JK kemudian keluar menuju ke lobi rumah sakit dengan mengenakan pakaian khusus seperti kimono berwarna biru selama menjalani pemeriksaan. Keduanya hanya tersenyum dan melambaikan tangan selama satu menit kemudian masuk kembali untuk menjalani pemeriksaan.

Pemeriksaan sendiri semestinya dimulai pada pukul 07.00 WIB. Namun karena pasangan capres cawapres tersebut terlambat datang, waktu pemeriksaan jadi mundur.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima dari KPU, Jokowi-JK akan menjalan serangkaian pemeriksaan kesehatan yang meliputi beberapa unsur yakni pemeriksaan sejarah kesehatan, pemeriksaan kesehatan jasmani dan psikiatrik, pemeriksaan penunjang dan pemeriksaan laboratorium.

Pemeriksaan kesehatan jasmani atau fisik meliputi pemeriksaan kondisi internal tubuh. Seperti pemeriksaan jantung, pembbuluh darah, paru-paru, bedah, eurologi, ortopedi, saraf, mata, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Pemeriksaan penunjang terdiri dari tes ultrasonografi abdomin, kardio, treadmill test, rontgen, spirometri, audiometri, MRI, hingga CT Scan.

Sementara pemeriksaan laboratorium meliputi tes darah dan urine yang terdiri dari hematologi, tes faal, ginjal, dan mencari jika ada indikasi tumor. (Mut)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya