Sukses

RSPAD Tes Kesehatan Capres-Cawapres Sejak Pilpres 2004

Tim dokter yang akan melakukan tes kesehatan terhadap capres dan cawapres peserta Pilpres 2014, terdiri dari 14 spesialis kedokteran.

Liputan6.com, Jakarta - Kamis besok 22 Mei 2014, rencananya pasangan capres dan cawapres peserta Pilpres 2014. Pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, akan menjalani pemeriksana di Rumah Sakit Pusat Gatot Subroto, Jakarta, pada Kamis 22 Mei besok.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (21/5/2014), unit Medical Check Up RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat), di dalam ruangan pemeriksaan kesehatan dan peralatannya sudah siap untuk digunakan. RSPAD sendiri sudah dirujuk sejak 2004 lalu, untuk dijadikan lokasi tes kesehatan bagi capres dan cawapres, menteri, dan gubernur dan wakil gubernur.

Banyak yang melakukan tes kesehatan di RSPAD ini, karena selain kualifikasi sarana dan prasarana dan tim medis yang sudah diakui internasional, juga pengamanannya dinyatakan paling ideal sebagai lokasi tes kesehatan capres dan cawapres.

Tidak kalah pentingnya adalah bagaimana tim kualifikasi atau tim penilai untuk tetap menjaga indenpendensi saat penilaian tes kesehatan capres dan cawapres.

"Ketika 2004 lalu tidak memiliki pengalaman apa-apa, tidak punya panduan, sejak 2014 kami membuat panduan teknis, dan panduan kita revisi dan terakhir revisi tahun ini, di dalam panduan teknis memuat tentang kriteria rumah sakit yang dipakai, kriteria dokter yang terlibat di sini tentang kriteria pemeriksaan dan cara penyimpulannya," ujar ketua umum IDI (Ikatan Dokter Indonesia) di RSPAD, Jakarta.

Tim dokter yang akan melakukan tes kesehatan terhadap capres dan cawapres terdiri dari 14 spesialis kedokteran, setiap spesialisasi ada 3 dokter. RSPAD telah menerapkan syarat terhadap dokter yang melakukan praktek dalam pemeriksaan kesehatan, ialah dia harus berpengalaman menjadi dokter selama 20 tahun dan 15 tahun spesialis.

Berikut pelaksanaan tes kesehatan capres dan cawapres dalam Pilpres 2014:

1. Lokasi di RSPAD Gatot Subroto
2. Tim dokter melibatkan 14 spesialis
3. Setiap spesialis terdiri dari 3 orang dokter, total 42 dokter spesialis
4. Dokter spesialis minimal telah berpraktek selama 20 tahun dan 15 tahun menjadi spesialis
5. RSPAD Gatot Subroto siapkan 2 tim untuk pemeriksaan gigi dan psikologi
6. 11 Orang tim pengarah dari guru besar dan senior sejumlah perguruan tinggi

Sementara itu, kriteria tes kesehatan capres dan cawapres dalam pilpres 2014, terdiri 5 kategori pemeriksaan kesehatan di antaranya: analisis riwayat kesehatan, pemeriksaan jiwa atau psikiatrik, pemeriksaan jasmani (terdiri dari 10 mata uji yaitu penyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, paru, bedah umum, urologi, ortopedi, obstetri ginekologi, neurologi, mata, dan THT), pemeriksaan penunjang dan pemeriksaan laboratorium. Dibanding pemeriksaan kesehatan pada pilpres 2009 silam, tercatat ada 12 mata uji kesehatan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini