Siapa pun Capresnya, Ini Cawapres Pilihan Bupati-Walikota

Oleh Gilar Ramdhani pada 08 Mei 2014, 13:02 WIB
Diperbarui 08 Mei 2014, 13:02 WIB
Capres Yang Pinang Cawapres ini Pasti Menang Pilpres
Perbesar
Dukungan para bupati dan walikota terhadap Ketua Apkasi menjadi Cawapres merupakan kekuatan politik yang luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta Bupati dan walikota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mengusung Isran Noor sebagai kandidat kuat calon wakil presiden.

Dukungan para bupati dan walikota terhadap Ketua Apkasi yang juga Bupati Kutai Timur Isran Noor, menurut Bupati Kepahiang Bando Amin, merupakan kekuatan politik yang luar biasa.

"Kami melihat para capres yang ada saat ini masih galau atau malu-malu dalam mengusung cawapresnya. Jadi dukungan kami bisa menjadi alat tawar bagi parpol. Kami memiliki kandidat yang bagus," ujar Bando Amin dalam diskusi 'Membidik Kepemimpinan Nasional 2014-2019' pada Selasa 6 Mei lalu di Sekretariat Apkasi, Jakarta.

Bupati Bolaang Mongondow Timur Sehan Salim Lanjar bahkan sangat yakin jika capres meminang cawapres yang diusung Apkasi dan Apeksi pasti akan menang Pilpres.

"Saya yakin, siapapun capres yang memilih Isran Noor pasti akan menang Pilpres, bukan 2 putaran lagi, tapi 1 putaran pun bisa," jelas ujar Sehan Salim.

Dia menjelaskan, hal ini karena Isran Noor merupakan refleksi daerah dan kabupaten di seluruh Indonesia, serta dianggap mengetahui betul permasalahan yang ada di daerah.

"Pak Isran Noor ini dapat bersinergi dengan kepala daerah mana pun, karena beliau kenal baik dengan semua kepala daerah. Beliau juga mengerti persoalan kepala daerah dan masalah yang terjadi di daerah. Soal blusukan, beliau lebih rajin, banyak daerah-daerah sudah dikunjungi," tutur Sehan Salim.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Bupati Nias Sokhiatulo Laoli yang turut dalam diskusi juga sepakat dengan pernyataan Sehan Salim. Keduanya percaya Isran Noor akan amanah. Itu semua sudah terbukti saat memimpin bupati dan walikota sebagai ketua Apkasi yang mampu menyatukan semua kepala daerah.

Walikota Manado Vicky Lumentut menambahkan, kepala daerah merupakan representasi rakyat yang ada di daerah dan memiliki daya tawar yang sangat tinggi dalam menentukan pemimpin nasional.

"Artinya posisi bupati dan walikota sangat menentukan pada pilpres mendatang," cetus Vicky.

Terkait siapa capres yang pantas disandingkan dengan Isran Noor, rata-rata kelima bupati yang menjadi narasumber diskusi mengatakan akan menyambut baik siapapun capres atau pun partai yang meminang Isran Noor.

"Dengan sipil maupun militer, Pak Isran Noor bisa bersinergi. Dengan partai mana pun, kami akan terbuka," ujar Sehan Salim.

Ketika ditanya lebih ke mana condongnya dukungan Apkasi dan Apeksi, Bupati Bolaang Mongondow Timur ini mengatakan akan lebih mengutamakan sosok yang memiliki visi misi yang jelas, dapat memahami permasalahan daerah dan rakyat, serta memimpin dengan tegas.