Sukses

Terima Kedatangan Jokowi, PBNU Tolak Bahas Soal Capres

Selain Jokowi, pihak PBNU juga membantah kedatangan Jokowi membahas terkait dukungan pencapresan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang kini menjadi capres PDIP membantah kunjungannya ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) guna membahas kelanjutan rencana koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghadapi Pilpres 2014. Menurutnya, kedatangan itu hanya membahas persiapan Munas PBNU di Jakarta.

"Tidak, tidak. Kita tidak bahas itu (capres), kita bahas mengenai rencana Munas NU 9 (Mei) nanti di Cilandak. Lalu kedua mengenai masalah sengketa lahan. Kalau masalah sengketa itu kan kita sudah bertemu 3 kali, kalau Munas NU kan waktunya memang sudah dekat," ujar Jokowi di Jakarta, Senin, (14/4/2014).

Mengingat tinggal sebulan dan akan diadakan di wilayahnya, ‎Jokowi mengaku perlu 'jemput bola' untuk menanyakan sejauh mana persiapan yang telah dilakukan PBNU -- menyambut kedatangan ribuan warga NU dari seluruh Indonesia ke Jakarta saat Munas nanti.

"Ya itu kan diadakannya di wilayah saya di Cilandak, jadi kita mesti tahu dan juga tadi disampaikan, persiapannya seperti apa...apa...," tepis Jokowi.

Salah seorang Ketua PBNU Muhyidin Arubusman juga membantah, kalau pertemuan tertutup antara Jokowi dengan sejumlah kyai NU itu membahas rencana pencapresan. "Kita tidak bahas itu, yang kita bicarakan itu 2 hal. Yang pertama kita bahas mengenai persiapan NU, untuk Munas 9 (Mei) di Cilandak. Itu hal penting yang dibicarakan," ujarnya.

Menurut Muhyidin, sebagai organisasi massa pihaknya tidak bisa memberikan dukungan kepada salah satu capres. Urusan dukung mendukung menurutnya harus diserahkan kepada masing-masing individu. "Dalam ranah ini, kita tidak bisa bicara pencapresan. Itu Pak Jokowi lah, kalau kita insyaallah," pungkas Muhyidin. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini