Sukses

Prediksi Susunan Elite Parlemen 2014-2019

Siapa yang bakal jadi ketua DPR, siapa-siapa saja wakil ketua DPR, dan dari partai mana sajakah? Simak prediksinya.

Liputan6.com, Jakarta Hasil hitung cepat menempatkan PDIP sebagai urutan pertama. Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan, sesuai UU Susduk DPR/DPD/MPR, maka Ketua DPR 2014-2019 akan diduduki oleh figur PDIP.

"Ketua DPR dipastikan akan diduduki figur PDIP ditemani 4 Wakil Ketua DPR dari Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PKB," kata Qodari di Cikini, Jakarta, Sabtu (12/4/2014).

Qodari menjelaskan, figur PDIP yang diperhitungkan menjadi Ketua DPR ada 3 calon, yakni Puan Maharani, Pramono Anung, dan Tjahjo Kumolo. Untuk posisi Wakil Ketua DPR dari Golkar juga terdapat 3 calon, yaitu Priyo Budi Santoso, Setya Novanto, dan Ade Komaruddin.

"Dari Gerindra ada Suhardi, Fadli Zon, dan Ahmad Muzani. Demokrat juga ada 3 calon, yaitu Marzuki Alie, Nurhayati Assefaf, dan Edhie Baskoro Yudhyono. Dari PKB bisa saja Helmi Faisal Zainal, Imam Nahrawi, dan Marwan Djafar," tutur Qodari.

Dari prediksi elite parlemen yang memimpin ini, Qodari melihat bisa saja terjadi ketegangan politik 5 tahun ke depan bila presiden terpilih bukan berasal dari PDIP. Jika yang terpilih presiden dari partai lain maka Qodari menuturkan bakal tercipta divided government.

"Biasanya divided government akan melahirkan lebih banyak ketegangan politik dalam masa 5 tahun ke depan. Apalagi jika PDIP sebagai pemenang Pemilu Legislatif dan Ketua DPR mengambil sikap oposisi terhadap presiden terpilih (jika presiden berasal dari partai lain)," pungkas Qodari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.