Sukses

Klenak-klenik Para Caleg Jelang Pemilu

Di zaman serba modern, sebagian calon wakil rakyat masih percaya dunia klenik untuk meraih kursi kekuasaan. Berbagai ritual pun dilakukan.

Liputan6.com, Ngawi - Hiruk-pikuk kampanye calon anggota legislatif menarik simpati rakyat telah berlangsung sejak beberapa pekan lalu. Namun rupanya bagi sebagian calon wakil rakyat kampanye saja dianggap belum cukup. Masih ada cara lain agar bisa menang di pemilu legislatif 9 April mendatang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (6/4/2014), demi mendulang suara berbagai ritual pun dijalankan. Seperti ritual mandi di Alas Ketonggo di Ngawi, Jawa Timur.

Adapula yang menggelar ritual dan memberi sesaji di Gunung Lemongan, Lumajang, Jawa Timur. Konon banyak yang hajat doanya terkabul setelah mendatangi sang juru kunci Gunung Lemongan, Mbah Citro.

Tak hanya itu, berkunjung ke makam keramat juga dijalankan sejumlah caleg. Usaha ini tak lain untuk memuluskan langkah mereka menuju gedung dewan rakyat.

Sejumlah paranormal pun ikut kecipratan rejeki saat pesta demokrasi. Saat musim pemilu, paranormal sangat dibutuhkan oleh beberapa caleg untuk membantu mencapai ambisi mereka.

Namun efektifkah cara-cara seperti ini? Di era demokrasi modern ini, seorang sosiolog menilai para caleg yang mengandalkan klenik tersebut sebagai perilaku di luar akal sehat.

Akankah berbagai ritual yang dijalani para caleg itu berbuah kemenangan? Tidak ada yang menjamin. Mereka pun juga tidak bisa menuntut jika kursi yang diincar gagal direbut. (Raden Trimutia Hatta)

Lihat juga:
[VIDEO] Mbah Bowo, Dukun Pasar Kliwon yang Sering Didatangi Caleg
[VIDEO] Caleg Ritual di Gunung Agar Terhindar Fitnah dan Teror
[VIDEO] Berbagai Aksi Unik dan Simpatik Kampanye Caleg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini