Sukses

Warga Desa Tolak Politik Uang: Jangan Rusak Kami dengan Amplopmu!

Dengan adanya spanduk anti amplop diharapkan dapat menghapus praktik politik uang saat Pemilu 2014.

Liputan6.com, Sleman - Menjelang Pemilihan Umum Legislatif pada 9 April 2014 nanti, warga Desa Kronggahan sepakat tak menerima segala bentuk money politics atau politik uang dari partai politik ataupun calon anggota legislatif.

Kepala Dukuh Kronggahan II Anto Sudadi mengatakan, warga wilayahnya di Kronggahan II RT 09/RW 09 Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak ingin terjadi politik uang.

Dengan adanya spanduk anti-amplop ini diharapkan dapat menghapus praktik politik uang. Ide ini menurut Anto berasal dari pemuda Kronggahan I dan Kronggahan II.

"Politik itu sudah tidak bisa dihindari. Selalu ada, Pemilu 2009 selalu ada. Kita pakai spanduk itu agar caleg-caleg jadi takut jera atau nggak enak. Pemuda menghendaki pileg yang bersih dari money politic," kata Anto saat ditemui Liputan6.com di rumahnya, Desa Kronggahan, Sleman, Senin (31/3/2014).

Pemuda Kronggahan ini memasang 30 spanduk yang dipasang di wilayah Kronggahan. "Tahun pemilu lalu juga ada. 30 Spanduk disebar di wilayah Kronggahan. Tulisannya: `Jangan Rusak Kampungku dengan Amplopmu. Kampungku bersih tanpa amplop putihmu`," ucap Anto.

Anto menyebut aksi spanduk tolak amplop ini juga digencarkan pada Pemilu 2009 lalu. Walaupun sudah dipasang spanduk, tetap terjadi money politics. Tahun pemilu ini diharapkan 30 spanduk yang disebar dapat meniadakan aksi politik uang.

"Tahun 2009 sudah ada namun tidak banyak jadi tidak dimengerti warga lain. Dengan 30 spanduk kita sepakat tidak terima amplop karena warga dianggap sudah mengerti karena jumlah spanduk yang dipasang termasuk sudah banyak," urai Anto.

Anto menyebut kampungnya termasuk daerah yang pemilihnya cukup banyak, yaitu sekitar 2 ribu suara. "Kita ada 6 ribu orang. Seribu kepala keluarga. Pemilihnya 2.400 pemilih," pungkas Anto. (Elin Yunita Kristanti)

Baca juga:

Kampung Ini Steril dari Atribut Kampanye
[VIDEO] Kampung Bebas Atribut Kampanye di Solo
Kampung Anti "Money Politic"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini