Sukses

Truk Berisi Logistik Pemilu Terguling, 80% Surat Suara Aman

Namun surat suara yang akan dikirim ke Cianjur tersebut dapat diselamatkan sekitar 80%.

Liputan6.com, Jakarta - Truk pengangkut surat suara dari PT Sumber Bahagia Concern di Pulogadung yang menggunakan jasa PT Pos Indonesia dini hari terguling di daerah Cipundul Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Namun, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 05.00 WIB itu tidak merusak surat suara.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman membenarkan hal itu. Pengiriman logistik kertas suara itu untuk 2 daerah yakni Bogor dan Cianjur. Kecelakaan terjadi saat pengiriman ke Cianjur.

"Pengiriman pertama ke Kabupaten Bogor. Semua sudah bisa dikirimkan. Menuju titik pengiriman yang kedua, kira-kira subuh atau sekitar pukul 05.00 atau pukul 06.00 WIB terjadi kecelakaan di daerah Cipundul, Cipanas," kata Arief, Jakarta, Kamis (27/3/2014).

Arief menjelaskan, karena pengiriman surat suara tersebut menggunakan pikap tertutup, maka sekitar 80 persen logistik dapat diselamatkan. "Sekarang sedang dilakukan pemeriksaan oleh kawan-kawan Kabupaten Cianjur, bersama dengan kepolisian setempat."

"Infonya, karena mobil yang digunalan untuk pengiriman adalah mobil boks tertutup, maka sebagian besar form dalam keadaan selamat. Kemungkinan sekitar 80% dari total 1.099 boks diselamatkan," kata Arief.

Jumlah boks form yang dikirim sebanyak 1.099 dari total 1.177 yang seharusnya dikirim. Menurut Arief, karena surat suara tersebut belum sampai di Kabupaten Cianjur, maka yang wajib bertanggung jawab masih perusahaan yang mengirimkan surat suara tersebut.

"Yang tidak selamat, ya karena ini belum sampai ke kabupaten, maka masih menjadi tanggungan perusahaan yang memproduksi form tersebut," pungkas Arief. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

KPU: Surat Suara Rusak Diproduksi Ulang Hari Ini

KPU: Tenang, Surat Suara Diantar Pakai Pesawat

KPU Bogor Bakar Ribuan Surat Suara Rusak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.