Sukses

Gerindra Pertanyakan Kesiapan Pemilu Terkait Logistik Bermasalah

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mempertanyakan kesiapan KPU terkait pengadaan logistik Pemilu Legislatif 2014

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Ahmad Muzani mempertanyakan kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait pengadaan logistik Pemilu Legislatif 2014.

"Pemilu legislatif yang kurang dari sebulan lagi menghadapi banyak masalah dalam logistik. Sebagai contoh, kotak suara untuk pemilu mendatang berbahan kardus yang rawan rusak dan keamanannya dipertanyakan." kata Ahmad Muzani, di Jakarta, Selasa (11/3/2014).

Muzani menambahkan, permasalahan logistik bukan hanya pada kotak suara saja namun beberapa masalah logistik lainya seperti tinta yang mudah luntur serta adanya kertas suara yang rusak juga menjadi fokusnya.

"Permasalahan logistik bukan hanya pada kotak suara, tinta sebagai tanda bukti pemilih telah memberikan suaranya juga ternyata mudah luntur. Begitu juga dengan adanya kertas suara yang rusak dan telah dicoblos nama calon tertentu. Kertas suara juga mudah untuk dipalsukan.” tutur Muzani.

Dalam kasus seperti ini, Muzani mengatakan bahwa logistik pemilu yang bermasalah sangat berpotensi untuk menimbulkan terjadinya kecurangan. "Kotak suara yang terbuat dari kardus bisa saja dilubangi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab."

"Jika kotak suara terjatuh, apakah bisa dijamin bahwa kotak suara tersebut tetap utuh. Kotak suara yang berbahan alumunium saja masih bisa dicurangi apalagi kotak suara yang berbahan kardus," ujar Muzani.

Menurut Pria yang lahir di Tegal, Jawa Tengah ini, Pemilu yang dicurangi pada akhirnya akan merugikan bangsa dan negara serta rakyat Indonesia. "Masa depan bangsa ini ditentukan oleh penyelenggaraan pemilu yang bersih, jujur, dan adil."

Ia menuturkan rakyat tentunya akan mempertanyakan legitimasi pemimpin yang terpilih jika pemilu dicurangi. "Jangan sampai negara ini makin kacau karena penyelenggaran pemilu yang tidak beres."

“Dalam waktu yang sangat singkat menjelang pemilu legislatif, KPU harus memperbaiki segala permasalahan mulai dari logistik hingga Data Pemilih Tetap (DPT). Kita semua tentu berharap Pemilu 2014 berjalan dengan lancar tanpa ada masalah demi kemenangan seluruh rakyat Indonesia." pungkas Muzani. (Rizki Gunawan)

Baca Juga:

Setengah Lusin Partai Belum Perbaiki Laporan Dana Kampanye

Alasan KPU Belum Publikasi Laporan Dana Kampanye Parpol

Berbekal 22 Ribu Caleg, Gerindra Optimis Menang Pileg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.