Sukses

RSJ Sulteng Siapkan Kerangkeng untuk Caleg Depresi Berat

RSJ Sulteng menyiapkan langkah antisipasi membludaknya pasien gangguan jiwa setelah perhelatan Pemilu 2014.

Liputan6.com, Palu - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sulawesi Tengah (Sulteng), siap menampung Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang depresi. Terutama, bagi mereka yang gagal dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan berlangsung April 2014, nanti.

"Meskipun tidak menyediakan kamar khusus, namun RSJ siap jika sewaktu-waktu ada pasien depresi dari kalangan caleg datang," ungkap Direktur RSJ Sulteng, Dr Isharwati kepada Liputan6.com, di Palu, Jumat (28/2/2014).

Menurut Isharwati, pihaknya sudah menyediakan ruang perawatan untuk para caleg itu seperti ruang perawatan kelas III, II, I, dan VIP. Untuk Caleg yang datang dengan menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), maka akan dimasukkan ke ruangan perawatan kelas III. Sedangkan Caleg yang datang dengan membayar tunai, maka akan dimasukkan ke ruangan perawatan VIP.

"Fasilitas di dalam ruangan kelas III atau VIP itu sama seperti hari-hari biasanya, termasuk tarifnya juga," jelasnya.

Isharwati menuturkan, untuk pasien yang mengalami depresi berat, akan diberikan ruangan perawatan khusus dan bisa saja dikerangkeng. Karena, apabila ditempatkan di kelas III atau VIP dikhawatirkan dapat melukai diri sendiri atau orang lain dan merusak barang-barang di dalam ruangan perawatan.

"Bahaya juga kalau digabung, makanya sudah ada kita siapkan ruangan perawatan khusus untuk itu," tandas dia. (Ismoko Widjaya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini