Sukses

PT Danone Indonesia, Sejarah, Produk dan Komitmennya

PT Danone Indonesia adalah perusahaan yang terkenal dengan produk air minum dalam kemasan (AMDK) merek AQUA.

Liputan6.com, Jakarta PT Danone Indonesia adalah perusahaan yang terkenal dengan produk air minum dalam kemasan (AMDK) merek AQUA. Meski demikian, produk PT Danone Indonesia tidak hanya itu saja. Bahkan Danone telah beroperasi di 130 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Di Indonesia, PT Danone Indonesia terdiri atas dua kategori bisnis yang berfokus pada kesehatan masyarakat di setiap tahapan kehidupan, yakni Danone Waters dan Danone Specialized Nutrition.

PT Danone Indonesia telah memiliki memiliki 26 pabrik dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang. Untuk mengenal PT Danone Lebih dalam, berikut profil selengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (9/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perjalanan PT Danone Indonesia

PT Danone Indonesia  hadir di Indonesia melalui brand yang lahir di Indonesia dengan tujuan untuk melayani kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap nutrisi kesehatan dan hidrasi yang diproduksi oleh orang Indonesia.

PT Danone Indonesia memiliki perjalanan yang cukup panjang di Indonesia. Ini dimulai pada 1998 ketika Group Danone dan Group AQUA menjalin kemitraan strategis untuk mengukuhkan PT Danone Indonesia sebagai perusahaan penyedia kebutuhan hidup sehat bagi masyarakat Indonesia.

Kontribusi PT Danone Indonesia tidak hanya pada penyediaan produk untuk memenuhi kebutuhan hidup sehat bagi masyarakat Indonesia saja. PT Danone Indonesia bahkan secara resmi juga menyelenggarakan AQUA-Danone Nations Cup pada 2003. Kompetisi tersebut diselenggarakan PT Danone Indonesia sebagai bagian dari kampanye hidup sehat dan mendukung impian anak-anak Indonesia di bidang olahraga sepak bola.

Itu hanya sedikit contoh dari kontribusi PT Danone Indonesia untuk masyarakat. Setelah itu, banyak sekali aktivitas PT Danone Indonesia di bidang sosial. Kemudian pada 2018, PT Danone Indonesia meraih Sertifikasi B-Corp sebagai perusahaan FMCG pertama di Indonesia yang mendapatkan prestasi bergengsi tersebut.

Di tahun yang sama, PT Danone Indonesia membentuk kategori Specialized Nutrition dengan mengonsolidasikan perusahaan Sarihusada, Nutricia, dan Nutricia Medical Nutrition. Setelah itu, masih banyak lagi pergerakan PT Danone Indonesia untuk masyarakat. Bahkan perusahaan ini sering mendapatkan penghargaan di tahun-tahun berikutnya.

3 dari 5 halaman

Kategori Bisnis PT Danone Indonesia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, PT Danone Indonesia memiliki dua kategori bisnis, yakni Danone Waters dan Danone Specialized Nutrition.

Danone Waters

Danone Waters adalah kategori bisnis milik PT Danone Indonesia yang fokus untuk memproduksi AMDK. Salah satu merek yang paling terkenal dalam kategori bisnis ini adalah AQUA. Namun selain itu, masih ada banyak lagi produk dari PT Danone Indonesia, dari kategori ini.

AQUA

AQUA berasal dari sumber alam yang murni dan terlindungi. Setiap tetes AQUA datang dari sumber air alami sebagai pilihan minum sehat dan berkualitas. Tidak semua sumber air bisa menjadi sumber air AQUA.

AQUA memiliki proses yang sangat selektif dengan 9 kriteria, 5 tahapan, 1 tahun penelitian. Proses pemilihan ini membuahkan perawatan minimum untuk air AQUA dan memastikan konsumen mendapatkan air AQUA selayaknya air dari alam.

Vit

Air mineral yang tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Dengan sistem filtrasi yang terkontrol dan memenuhi standar kualitas yang diakui, dimana ini merupakan serangkaian proses unik yang membedakan VIT dengan yang lain. Tujuan dari misi berkelanjutan ini adalah untuk menjadikan Vit air mineral dipercaya oleh seluruh konsumen Indonesia.

Mizone

Minuman isotonik untuk para kalangan muda agar tetap terhidrasi, dengan komposisi vitamin yang kaya, rasa buah yang ringan, dan juga rasa yang menyegarkan. Mizone merupakan merek yang mendukung gaya hidup aktif bagi konsumen yang ingin meningkatkan semangat dan energi dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

4 dari 5 halaman

Danone Specialized Nutrition

Danone Specialized Nutrition adalah kategori bisnis PT Danone Indonesia yang berfokus pada produk-produk nutrisi dan kaya protein. Adapun produk yang dihasilkan dalam kategori bisnis milik PT Danone Indonesia ini adalah sebagai berikut.

SGM Eksplor Pro-gress Maxx

Dengan pengalaman lebih dari 65 tahun, SGM Eksplor telah membantu pemenuhan kebutuhan gizi anak di Indonesia, didukung oleh ahli dari Pusat Penelitian Sarihusada. SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC, kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C, dilengkapi dengan DHA, Minyak Ikan, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya, diluncurkan untuk bantu dukung si Kecil tumbuh maksimal menjadi Generasi Maju.

SGM Bunda

Danone Specialized Nutrition menyediakan produk nutrisi bagi ibu dan anak-anak Indonesia, diperlukan sebuah produk khusus untuk Bunda yang sedang dalam masa kehamilan dan menyusui. Untuk itu, SGM Bunda Pro-gress Maxx hadir dengan Tinggi Zat Besi dan diperkaya nutrisi penting lainnya seperti Minyak Ikan, Tinggi Asam Folat, Tinggi Kalsium & Sumber Vitamin D. Cukup 1 Gelas Sehari, Bantu Maksimalkan Nutrisi Bunda untuk Dukung si Kecil Tumbuh Maksimal.

SGM Eksplor Soya

SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx mengandung IronC dan Isolat Protein Soya berkualitas, serta Minyak Ikan dan Omega 3&6, bantu penyerapan nutrisi penting secara maksimal* untuk si Kecil yang tidak cocok susu sapi, dukung 5 Potensi Prestasinya!

Lactamil

Lactamil dengan ACTIDuobio+ dengan rasa yang lebih lezat, menemani Mama dari masa perencanaan hingga sepanjang Masa Kehamilan. Lactamil dengan Nutrisi Tepat mengandung nutrisi makro & mikro serta tinggi Asam Folat, Omega 6, Vitamin C & D berikan 2 perlindungan untuk mama & tumbuh kembang si Kecil dalam kandungan.

Bebelac

Pertumbuhan dan perkembangan si Kecil di fase awal kehidupannya sangat penting untuk didukung agar mereka bisa tumbuh jadi Anak Hebat. Bebelac memiliki beberapa varian produk susu yang mengandung nutrisi lengkap untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil dan mendukung tumbuh kembangnya dari umur 1 hingga 6 tahun.

Selain produk-produk tersebut, masih ada banyak lagi produk yang dihasilkan oleh kategori bisnis Danone Specialized Nutrition.

5 dari 5 halaman

Komitmen PT Danone Indonesia

PT Danone Indonesia memiliki komitmen untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan Adapun komitmen PT Danone Indonesia terhadap lingkungan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bersama Cegah Stunting

Bersama Cegah Stunting merupakan inisiasi Danone Indonesia bersama dengan mitra-mitra strategis di sektor Pemerintahan dan Organisasi terkemuka untuk menggalakkan sebuah gerakan upaya pencegahan stunting yang mengintegrasikan program unggulan kami terhadap kedua isu penting yaitu intervensi gizi spesifik dan sensitif.

2. Kemasan

PT Danone Indonesia berkomitmen untuk mendesain kemasan yang berkelanjutan untuk menjaga makanan dan minuman dalam kualitas terbaiknya. PT Danone Indonesia juga berkomitmen pada sistem pengelolaan sampah untuk memastikan dapat didaur ulang, digunakan kembali digabungkan secara praktis.

3. Air

PT Danone Indonesia untuk melestarikan sumber mata air dan lingkungan alami dengan mendorong sirkulasi air di dalam dan di sekitar lokasi produksi, serta menyediakan air minum yang aman bagi masyarakat yang membutuhkan.

4. Karbon

PT Danone Indonesia berkomitmen untuk menjadi perusahaan netral karbon pada 2050 di seluruh rantai produksi. Ini merupakan wujud tanggung jawab PT Danone Indonesia atas emisi karbon dari setiap rantai produksi di PT Danone Indonesia.

5. Agrikultur

PT Danone Indonesia juga bertekad untuk membantu para petani di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, sekaligus melindungi makhluk hidup yang ada di planet ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.