Sukses

PT Virama Karya, BUMN Konsultasi Konstruksi yang Turut Membangun Bangsa

Sebagai bagian dari BUMN, PT Virama Karya memiliki jangkauan berskala nasional, namun kualitas yang dimiliki mampu bersaing di lingkup global.

Liputan6.com, Jakarta Jalan raya, jembatan, bandara, dan infrastruktur lainnya merupakan hal yang penting dalam keberlangsungan hidup suatu negara. Infrastruktur tersebut adalah penunjang berbagai kegiatan yang krusial bagi keberlangsungan sebuah negara. PT Virama Karya merupakan BUMN yang bertugas untuk menghadirkan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Sebagai bagian dari BUMN, PT Virama Karya memiliki jangkauan berskala nasional, namun kualitas yang dimiliki mampu bersaing di lingkup global. Perusahaan ini telah berhasil menyelesaikan pembangunan berbagai sarana jalan, jembatan, gedung, dan bangunan penting lainnya.

PT Virama Karya beroperasi di bawah binaan dari Kementerian Tenaga Listrik dan Pekerjaan Umum. Berikut ulasan Liputan6.com tentang kegiatan usaha yang dilakukan PT Virama Karya, dilansir dari laman resmi perusahaan, Kamis (4/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan PT Virama Karya

PT Virama Karya (Persero) adalah perusahaan konsultan dengan spesialisasi pada bidang pelayanan jasa teknik dan manajemen bidang transportasi jalan dan jembatan serta bidang teknik sipil lainnya. Mulanya, perusahaan ini adalah perusahaan Swasta Belanda yang bernama NV Architecten Ingenieurs Bureau Fermont Cuypers. 

NV Architecten Ingenieurs Bureau Fermont Cuypers dinasionalisasi melalui peraturan pemerintah (PP) No. 56/1961, pada 1961. Nama perusahaan kemudian berubah menjadi PN Virama Karya dan beroperasi di bawah Binaan Kementerian Tenaga Listrik dan Pekerjaan Umum. 

Berdasarkan PP No. 38/1970, entitas perusahaan berubah menjadi Persero PT Virama Karya. Perusahaan kemudian berada dibawah naungan Departemen Pekerjaan Umum dan Departemen Keuangan. Sejak 1971 sampai saat ini, telah banyak pekerjaan-pekerjaan yang dipercayakan kepada PT Virama Karya baik untuk pekerjaan tata ruang, pemetaan, jalan dan jembatan maupun pekerjaan bendungan dan irigasi.

Perusahaan PT Virama Karya adalah perusahaan independen dan tidak mempunyai hubungan dengan perusahaan kontraktor manapun. Namun, perusahaan beberapa kali menjalin kerjasama dengan perusahaan konsultan sejenis, baik konsultan internasional maupun konsultan nasional. 

Berikut daftar konsultan asing yang pernah bekerjasama dengan PT Virama Karya sebagai Lead Firm maupun sebagai Associate.

- The Netherlands, DHV Consultant, Haskoning Engineering Consultants, IWACO.

- Japan, Nippon Koei; Nikken; JURCO; Nihon Suido; NEWJEC; PCI.

- United Kingdom, Binnie & Partners; Sir W. Halcrow & Partners; Sir M. MacDonald & Partners; HTS; Corne & Associates.

- U.S.A, Trans Asia Engineering Association; IECO; Marrison-Knudsen Engineers; Louis Berger, Inc.; James M. Montgomery.

- Canada, Lavalin International; Fenco Engineers; Crippen; Alberta; ND Lea.

- Australia, SMEC; Rural Management International

- Korea, Agricultural Development Consultants

- Taiwan, Sinotech Engineering Consultants.

- Singapore, Singapore Institute of Standards and Industrial Research.

Selama menjalankan bisnis kurang lebih 40 tahun, PT Virama Karya mendapat banyak kepercayaan dari berbagai institusi pembiayaan internasional untuk melaksanakan jasa konsultansi. Proyek yang pernah ditangani PT Virama Karya, diantaranya The Asian Development Bank (ADB), the International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) of the World Bank, Overseas Economic Cooperation Fund (OECF), Japan, the Canadian International Development Agency (CIDA), the Australian International Development Assistant Bureau (AIDAB) and the Commission of European Communities.

3 dari 3 halaman

Bidang Kegiatan PT Virama Karya

PT Virama Karya sebagai salah satu Perusahan BUMN terus bertransformasi untuk dapat memiliki daya saing bertaraf global. Berikut sektor usaha yang dijalankan PT Virama Karya.

Transportasi

Bidang Transportasi saat ini menjadi bidang layanan unggulan PT Virama Karya. Perusahaan telah banyak berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur di bidang transportasi. Infrastruktur yang dibangun tersebar di berbagai pelosok Indonesia termasuk Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Sebagian besar infrastruktur yang dikerjakan PT Virama Karya memiliki nilai sejarah dan menjadi landmark di tingkat Nasional. Proyek ini kemudian dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia. 

Sumber Daya Air

Bidang sumber daya air merupakan salah satu sektor unggulan PT Virama Karya selain transportasi. Hingga saat ini PT Virama Karya telah terlibat pada pembangunan beberapa proyek strategis di bidang sumberdaya air, seperti pembangunan bendungan, jaringan irigasi, bangunan pengaman pantai, bangunan pengendalian banjir, sistem penyediaan air minum (SPAM), dan lain-lain.

Saat ini PT Virama Karya masih dipercaya untuk terlibat dalam pembangunan beberapa bendungan yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional, diantaranya Bendungan Pidekso, Pembangunan Bendungan Logung, Bendungan Bener, dan lain-lain.

Gedung dan Bangunan

PT Virama Karya juga turut berkontribusi dalam pembangunan serta renovasi beberapa gedung serta bangunan yang memiliki fungsi strategis di Indonesia. Bangunan tersebut diantaranya renovasi Gelora Bung Karno (GBK) serta beberapa venue yang digunakan dalam Asian Games ke XVIII tahun 2018, renovasi Masjid Istiqlal, pembangunan Jakarta International Stadium, pembangunan PPOP Ragunan, pembangunan Apartemen LRT City Cisauk, serta mengerjakan desain interior Bank Mandiri Medan. 

Pemukiman dan Tata Ruang

Kualitas hidup masyarakat yang ideal berawal dari lingkungan tempat tinggalnya. Keberadaan sarana, prasarana, dan fasilitas umum yang penting untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat mengakses segala bentuk aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial, dan budaya. Berawal dari hal  tersebut, PT Virama Karya membentuk Divisi Permukiman dan Tata Ruang untuk turut berkontribusi dalam mewujudkan lingkungan dan kualitas hidup yang ideal bagi seluruh masyarakat Indonesia, melalui pengembangan ruang kota demi Indonesia yang lebih humanis.

Industri Energi dan Migas

Pada Tahun 2019 Virama Karya mengembangkan bidang usaha baru dengan tujuan memanfaatkan potensi geologis. Pengembangan bidang usaha ini ditempuh dengan membentuk Divisi Industri, Energi dan Migas. Salah satu project unggulan adalah proyek pembangunan Lamongan Oil Tank Terminal (LOTT), Design for modern rice mill plant, PMC For Jaringan Pipa Gas Bumi, FS & FEED Jaringan Pipa Gas Bumi, Provision of RWI & Project Banyu Urip Plant, Basic Desain & Feed (Front end engineering desain) LPG Refrigerated Terminal Lamongan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.