Sukses

Profil PT Indoprima Gemilang, Sejarah Berdiri dan Produk-Produknya

Profil, sejarah berdiri, produk dan anak perusahaan PT Indoprima Gemilang.

Liputan6.com, Jakarta PT Indoprima Gemilang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan komponen kendaraan bermotor skala kecil hingga truk heavy duty untuk berbagai perusahaan manufaktur otomotif internasional, seperti Daihatsu, Hino, Honda, Isuzu, Yamaha, Honda dan masih banyak lagi.

Berdiri sejak tahun 1976, PT Indoprima Gemilang telah menjadi salah satu perusahaan besar yang memproduksi berbagai komponen otomotif seperti, wiring harness, kabel baterai, saklar kombinasi, lapisan rem, saklar pengapian dan lain sebagainya. Tidak hanya memenuhi pasar domestik, PT Indoprima Gemilang juga telah merambah pasar global.

Terus berkomitmen untuk menjaga kualitas dari produk yang dibuatnya, PT Indoprima Gemilang  menetapkan standar perusahaan yang tinggi untuk seluruh prosesnya. Mulai dari pemilihan bahan, tahap produksi, hingga kontrol kualitas produk PT Indoprima Gemilang, dilakukan dengan cermat dan teliti.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Indoprima Gemilang yang Liputan6.com rangkum dari laman resmi indoprimagemilang.com pada Kamis (22/12/2022). Profil, sejarah berdiri, produk dan anak perusahaan PT Indoprima Gemilang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Indoprima Gemilang

PT Indoprima Gemilang merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan senior yang telah lama berkecimpung dalam pembuatan komponen kendaraan bermotor skala kecil hingga truk heavy duty untuk berbagai perusahaan manufaktur otomotif internasional.

Didirikan pada tahun 1976, PT Indoprima Gemilang merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan senior yang telah lama berkecimpung dalam pembuatan komponen kendaraan bermotor skala kecil hingga truk heavy duty untuk berbagai perusahaan manufaktur otomotif internasional.

PT Indoprima Gemilang berkomitmen penuh untuk menjaga kualitas produksi sesuai dengan standar perusahaan. Seluruh proses, mulai dari pemilihan bahan, tahap produksi, hingga kontrol kualitas dilakukan dengan cermat agar produknya sempurna.

Visi dan Misi

Untuk mewujudkan pengelolaan perusahaan yang tertata rapi dan sistematis, PT Indoprima Gemilang memiliki standar kerja modern yang menjadi landasan peraturan saat bekerja. Penerapan sistem manajemen mutu, K3, dan budaya kerja “BERSEMANGAT” yang harus menjadi landasan setiap karyawan untuk dapat bekerja secara Excellent, Commitment, Integrity, Teamwork, dan Disiplin

Pelanggan : Daihatsu, Hino, Honda, Isuzu, KIT, Nissan, Mitsubishi, Suzuki, Honda, Yamaha, Kawasaki

Alamat Kantor Pusat/Pabrik 2 : Jl. Gardu Induk PLN no.5, Margomulyo, Tandes, Surabaya 60187, East Java - Indonesia

Telepon : +6231-2977777

Fax : +6231-7491739

Email Pertanyaan OEM : oem@indoprimagemilang.com 

Email Permintaan Ekspor : export@indoprimagemilang.com

Email Pertanyaan Domestik : sales@indoprimagemilang.com

Email Proposal Bisnis : purchasing@indoprimagemilang.com

Alamat Skype : penjualan.ipg dan ekspor.ipg

3 dari 5 halaman

Sejarah PT Indoprima Gemilang

Sejarah PT Indoprima Gemilang dimulai pada tahun 1982 dimana Bapak Rianto Nurhadi selaku pemilik perusahaan mendirikan CV Indobrake. Untuk meningkatkan kualitas produknya, CV Indobrake bekerja sama dengan pihak luar negeri yaitu dengan memperoleh lisensi dari Mitsubishi Cement Kenzai co.Ltd., Jurid Werke GmbH, dan Kashiyama Corporation.

Pada tahun 1984, didirikanlah PT Indikalmo Gemilang. Perusahaan ini memproduksi kabel set dan kabel accu dengan lisensi dari Mitsubishi Cable Industries, dan cylinder head gasket dengan lisensi dari Nippon Reinz co.Ltd. 

Untuk menumbuhkan industri kendaraan bermotor, maka pemerintah mengeluarkan SK Menteri Perindustrian Republik Indonesia No. 307 tentang keharusan pemakaian sejumlah komponen buatan dalam negeri pada industri kendaraan bermotor, khususnya kendaraan bermotor jenis niaga (bus dan truk).

Pada bulan Agustus 1990, PT Indokalmo Gemilang mengambil alih seluruh aktiva dan kegiatan operasional CV. Indobrake, kemudian pada tahun 1991 tepatnya di bulan Agustus PT Indikalmo Gemilang berubah nama menjadi PT Indoprima Gemilang. 

Pendirian PT Indoprima Gemilang ditandai dengan disahkannya SIUP dengan Nomor. 686/ 13-1-PB/XI/1991.P, dan Akta Pendirian oleh notaris Adam Kasdarmadji di Jakarta dengan Nomor 183 tertanggal 23 Februari 1993. Sejak saat itu PT Indoprima Gemilang eksis hingga saat ini.

Berikut ini lini masa sejarah perkembangan dan pertumbuhan PT Indoprima Gemilang :

1976 : Pendirian PT Indoprima Gemilang dan pembuatan Kampas Rem

1978 : Pendirian PT Indospring serta Pembuatan Musim Semi Otomotif

1982 : Pendirian PT Indoprima Gemilang, Mulai produksi Wiring Harness

1990 : PT Indospring, Mulai tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya

1982 : Pendirian PT MK Prima Indonesia. Industri Sepatu Rem dan Kampas Rem

1994 : Pendirian PT Indowire Prima Industrindo. Industri Kabel Otomotif. 

1994 : Pendirian PT Indoprima Gemilang Engineering. Pembuatan Mesin, Mould, dan Dies

1997 : Pendirian PT NRZ Prima Gasket. Pembuatan Gasket Lunak dan Logam

1997 : PT Indoprima Gemilang. Mulai produksi Combination & Ignition Switch

2004 : PT Indofacing Indonesia melakukan merger dengan PT Indoprima Gemilang

2012 : Pendirian PT Toshin Prima Fine Blanking. Pembuatan Fine Blanking 

2014 : Pendirian PT Exedy Prima Indonesia. Pembuatan Kopling

2014 : Pendirian Pabrik Baru untuk produk Coil Spring

2015 : PT Indoprima Gemilang dan mulai supply antenna D22D Model Project ke ADM

2017 : PT Toshin Prima Fine Blanking dan mulai memasok Sensor Rotor D14N ke ADM

2018 : PT Inka dan Mulai suplai Blok Rem

4 dari 5 halaman

Produk PT Indoprima Gemilang

1. Tali Pengaman

Divisi wiring harness dan kabel baterai didirikan pada tahun 1982 untuk memenuhi permintaan pasar akan produk berkualitas tinggi. Pelanggan pertama PT Indoprima Gemilang adalah PT Krama Yudha Tiga Berlian, yang tetap menjadi calon pelanggan PT Indoprima Gemilang di masa mendatang hingga saat ini.

Pada tahun 2006 seiring berkembangnya pasar sepeda motor di Indonesia, PT Indoprima Gemilang juga mengembangkan wiring harness untuk sepeda motor dan mulai mensuplai untuk PT Indomobil Suzuki International.

Mulai tahun 2007, prinsipal PT Indoprima Gemilang Mitsubishi Cable Industries akhirnya mempercayai kualitas kami untuk mengekspor wiring harness dan kabel baterai ke Mitsubishi Fuso Truck & Bus Company dan Mitsubishi Motor Company, Jepang di bawah pengawasan prinsipal PT Indoprima Gemilang.

2. Saklar Kombinasi 

Pada tahun 2004, manajemen PT Indoprima Gemilang mengembangkan lagi di bidang kelistrikan dengan memperluas lini bisnis baru dan bantuan teknis oleh Car Show Automotive Products Co., Ltd. Taiwan, PT Indoprima Gemilang mengembangkan Combination Switch dan Ignition Switch untuk Original Equipment Manufacturer (OEM) dan Original Equipment Spare Part (OES) serta pelanggan Aftermarket.

3. Lapisan Rem 

Divisi kampas rem didirikan pada tahun 1976 untuk melayani permintaan kampas rem yang terus meningkat untuk truk dan bus. Didukung dengan variasi barang yang cepat, produk berkualitas tinggi dan layanan purna jual, produk PT Indoprima Gemilang dengan cepat menjadi pemimpin pasar dan membentuk pengenalan merek dan kesadaran merek yang sangat kuat di antara pelanggan PT Indoprima Gemilang. 

Sebagian besar produk PT Indoprima Gemilang adalah untuk kendaraan Jepang seperti Isuzu, Hino, Mitsubishi, Fuso, Nissan, dan Toyota. Kami juga memiliki lapisan untuk kendaraan Eropa dan Amerika seperti Berliet, Landrover, Hunton, Renault, Sauer, Volvo, Mercedes Benz, dan Ford. 

PT Indoprima Gemilang menggunakan asbes untuk bahan gesek karena tingkat keausan dan koefisien gesekannya lebih unggul dibandingkan dengan bahan lainnya. Dengan peraturan baru yang diumumkan oleh sebagian besar pelanggan OES, PT Indoprima Gemilang akhirnya berhasil memproduksi kampas rem bebas asbes.

Untuk mempertahankan sebagai pemimpin pasar, maka PT Indoprima Gemilang memiliki lima merek yang dijual di pasar. Tiga di antaranya adalah bantuan teknis dari perusahaan Jerman dan Jepang. Satu lagi dikembangkan oleh departemen Litbang Indoprima Gemilang.

4. Bantalan Rem Dan Sepatu Rem

Dikembangkan oleh Indoprima Gemilang untuk Pasar Global dengan formulasi hybrid untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia. Sertifikasi Standar ISO 9001 dari TUV International. Tersedia untuk Aplikasi Model Mobil Jepang, Korea, Amerika & Eropa

5. Kopling

Pada tahun 1991, sebuah perusahaan didirikan oleh perusahaan patungan antara Nippon Valqua Industries, Ltd Jepang dan GOEI Trading Corporation Jepang dengan Grup Indoprima yang memproduksi permukaan kopling untuk memasok OEM, OES dan pembuatan disc kopling aftermarket. 

Untuk memenuhi permintaan pasar, kami memproduksi pelapis kopling berkualitas tinggi dengan bahan bebas asbes. Pelanggan lokal utama PT Indoprima Gemilang adalah: PT Exedy Indonesia, PT Aisin Indonesia dan Aftermarket. Untuk pelanggan luar negeri, Australia, Bangladesh, Malaysia, Pakistan, Filipina, Thailand, Taiwan, Amerika Serikat.

Pada tahun 2006, PT Indoprima Gemilang menjadi pemegang saham mayoritas dan mengubah nama perusahaan menjadi PT Indofacing Indonesia untuk memenuhi permintaan pasar kopling yang dihadapi di seluruh dunia. Untuk mendapatkan kontrol surat dan manajemen yang efisien maka pada Januari 2008, PT Indoprima Gemilang menggabungkan PT Indofacing Indonesia ke PT Indoprima Gemilang dan menjadi pabrik kopling. 

5 dari 5 halaman

Anak Perusahaan PT Indoprima Gemilang

PT Indoprima Gemilang merupakan sebuah induk perusahaan (holding company) dari sejumlah perusahaan yang tergabung di dalam Indoprima Group. Bidang usaha dari sejumlah anak perusahaan PT Indoprima Gemilang adalah beraneka ragam, tapi sebagian besar bergerak di bidang automotive spare parts. 

1. PT Indospring yang berlokasi di kawasan Industri kota Gresik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang automotive spare parts.

2. PT Indoniles Electric Parts yang berlokasi di kawasan industri Tandes Surabaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang automotive spare parts.

3. PT Indoprima Gemilang Engineering yang berlokasi di kawasan industri Tandes Surabaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang mesin peralatan berat.

4. PT Indra Eramulti Logam Industri yang berlokasi di kawasan industri di kota Pasuruan adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang logam.

5. PT Indoprima Industrindo yang berlokasi di kawasan industri Tandes, Surabaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang furniture.

6. PT Valqua Indonesia yang berlokasi di kawasan industri Tandes Surabaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang automotive spare parts.

7. PT Indolitharge Megah Utama yang berlokasi di kawasan industri di kota Pasuruan adalah sebuah perusahaan bergerak di bidang litharge.

8. PT Sumi Indo Wiring System yang berlokasi di kawasan industri di daerah Jawa Barat adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang automotive spare parts

9. PT MK Prima Industrindo yang berlokasi di kawasan industri di kota Gresik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang automotive spare parts.

10. PT Indowire Prima Industrindo yang berlokasi di kawasan industri Tande, Surabaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang automotive spare parts.

11. PT Propindo yang berlokasi di Bundaran Tol Darmo Surabaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang properti.

12. PT MCI Prima Gasket yang berlokasi di kawasan industri Tandes, Surabaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang automotive spare parts.

13. PT CTE Prima Industri yang berlokasi di kawasan industri Tandes, Surabaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang automotive spare parts.

14. Sea Master Restaurant yang berlokasi di Bundaran Tol Darmo adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.