Sukses

Profil PT Enseval Putera Megatrading Tbk, Perusahaan Farmasi Multinasional

Liputan6.com, Jakarta PT Enseval Putra Megatrading Tbk merupakan perusahaan farmasi multinasional yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini kemudian didirikan pada tahun 1972, dan memproduksi berbagai macam-macam barang farmasi. Tak hanya itu saja, Perseroan ini juga menjadi agen dan distributor bahan-bahan baku untuk industri-industri farmasi, kosmetik hingga makanan.

PT Enseval Putra Megatrading Tbk juga melakukan operasional bisnis dan penjualan, mencakup bahan baku untuk industri farmasi hingga kosmetik, melalui kolaborasi dengan anak perusahaannya, PT Global Chemindo Megatrading. Adapun setiap anak perusahaan Enseval khususnya Chemindo, akan menangani penjualan produk dari para pemilik nama besar dalam bisnis bahan baku, karena pengalamannya mengelola pemenuhan ketersediaan bahan baku untuk para pelanggannya. 

PT Enseval Putra Megatrading Tbk kemudian menjadi salah satu distributor umum, tidak hanya dalam produk farmasi, tetapi juga dengan berbagai macam produk konsumen dan peralatan medis. Hingga kini, perseroan dan entitas anak telah memiliki 76 cabang yang tersebar, mulai dari Banda Aceh sampai ke Jayapura, yang didukung dengan infrastruktur yang sangat memadai guna menunjang kelancaran operasional logistik.

Berikut ini profil PT Enseval Putra Megatrading Tbk yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal PT Enseval Putera Megatrading Tbk

PT Enseval Putera Megatrading Tbk, mulai berdiri pada Oktober 1973, yang kemudian melakukan distribusi produk farmasi, produk konsumen dan alat alat kedokteran. PT Enseval menjadi agen sekaligus distributor bahan-bahan baku, kepada beberapa industri-industri farmasi, kosmetik dan juga makanan. Menjelang pengoperasian yang dilakukan, PT Enseval kemudian meraih kesempatan untuk melakukan diversifikasi lebih lanjut ke berbagai usaha di luar bidang perdagangan dan distribusi. Pada tahun 1993, manajemen memutuskan untuk kembali ke bidang usaha inti, di mana semua kegiatan usaha perdagangan dan distribusi, dipindahkan ke PT Arya Gupta Cempaka.

Pada 6 Agustus 1993, berganti nama menjadi PT Enseval Putera Megatrading, dan 1 Agustus 1994 Perseroan tercatat di Bursa Efek Jakarta sebagai PT Enseval Putera Megatrading Tbk. Berbagai kegiatan Perseroan, difokuskan pada jasa distribusi dan perdagangan, yang terdiri dari 4 divisi, yaitu:

- Divisi penjualan dan distribusi produk farmasi,

- Divisi penjualan dan distribusi produk barang konsumsi, obat bebas dan nutrisi,

- Divisi pemasaran dan distribusi produk peralatan dan perlengkapan kesehatan,

- Divisi pemasaran dan penjualan produk kimia bahan baku industri farmasi, kosmetik, makanan dan kesehatan hewan.

 

3 dari 5 halaman

Anak Perusahaan PT Enseval Putera Megatrading Tbk

PT Enseval Putera Megatrading Tbk memiliki sejumlah anak perusahaan, yang melakukan operasi diantaranya: 

- PT Tri Sapta Jaya (memiliki 28 Cabang)

Perusahaan ini kemudian didirikan pada tahun 1980, dan juga bergerak di bidang usaha distribusi produk farmasi dan kesehatan, berfokus dalam hal memperluas jaringan distribusi farmasi ke pasar bawah dan juga menjangkau ke daerah-daerah yang terpencil.

- PT Millenia Dharma Insani (memiliki 10 Klinik)

Perseroan ini didirikan pada tahun 2003, dikembangkan dari hanya bisnis apotek menjadi klinik dengan nama Mitrasana. Klinik Mitrasana menyediakan fasilitas kesehatan yang ekonomis dan terintegrasi. Dengan visi menjadi klinik pilihan keluarga Indonesia dengan pelayanan prima dan harga terjangkau.

- PT Enseval Medika Prima 

Perusahaan ini didirikan pada November 2007, yang dilakukan sebagai langkah Perseroan untuk memfokuskan kegiatan usaha di bidang pemasaran, dan perdagangan alat kesehatan di bawah Entitas Anak yaitu PT Enseval Medika Prima. PT Enseval Medika Prima selain menawarkan jasa distribusi juga menjadi penyedia jasa pemasaran alat-alat kesehatan bagi para prinsipal.

- PT Global Chemindo Megatrading

Berfokus pada pertumbuhan bisnis bahan baku Perseroan yang pesat, sehingga pada November 2007 Perseroan juga mengambil langkah yang penting dengan mendirikan PT Global Chemindo Megatrading dan selanjutnya mengkonsentrasikan penjualan bahan baku di bawah PT Global Chemindo Megatrading pada Oktober 2008. 

- PT Renalmed Tiara Utama

Didirikan sebagai langkah diversifikasi jenis layanan, dalam bidang kesehatan serta melakukan akuisisi usaha dari pihak ketiga. Hal ini dilakukan untuk menyediakan bahan-bahan dan mesin hemodialisis, bagi pasien gagal ginjal ke banyak rumah sakit dan klinik yang meliputi kendaraan, mesin hemodialisis dan persediaan.

4 dari 5 halaman

Anak Perusahaan PT Enseval Putera Megatrading Tbk

- PT Medika Renal Citraprima

Perusahaan ini didirikanpada tanggal 24 April 2014, dikarenakan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap jasa layanan kesehatan, khususnya pada bidang layanan Hemodialisa, maka Perseroan mendirikan anak perusahaan yang bergerak dalam jasa layanan klinik Hemodialisa.

- PT Emos Global Digital 

Pada tanggal 11 November 2019, perusahaan ini kemudian di bentuk sebagai langkah digitalisasi yang dilakukan oleh perseroan untuk menjadi aplikasi B2B yang dapat digunakan bersama-sama oleh eko-sistem terutama prinsipal dan distributor Pharmaceutical & Consumer Health.

- PT Mostrans Global Digilog 

Anak perusahaan PT Enseval Putera Megatrading Tbk, dibentuk pada tanggal 02 September 2021 untuk menunjang bisnis Perseroan, Mostrans merupakan B2B Digital Transportation Platform yang berfungsi untuk menghubungkan ekosistem rantai pasok yang berfokus pada produk Kesehatan.

- PT Forsta Kalmedic Global 

Mulai didirikan pada bulan Mei 2019, serta beroperasi pada bulan Januari 2021 untuk mendukung bisnis Perseroan yang bergerak dalam bidang Industri Peralatan Kedokteran, kedokteran Gigi, perlengkapan lainnya dan jasa kalibrasi.

5 dari 5 halaman

Distribusi dan Logistik PT Enseval Putera Megatrading Tbk

Jenis distribusi dan logistik dari PT Enseval Putera Megatrading Tbk, diantaranya:

1. Distribusi

- General/Traditional Trade Channel 

a. Pedagang besar

b. Pengecer

c. Toko persediaan

d. Toko makanan dan minuman

e. Toko buah

f. Toko Kosmetik, dll

- Modern Trade Channel

a. Hypermarket

b. Supermarket

c. Mini Market

d. Department Store, dll

- Ethical Trade Channel

a. Apotik

b. Toko obat

c. Rumah Sakit

d. Laboratorium

e. Klinik

f. Institusi, dll

2 Logistik

Enseval menyediakan fasilitas Chiller Room, Cool Room, Ambient Room, dan juga Container Chiller untuk menjaga setiap produk. Semua fasilitas selalu tersedia, dengan kondisi suhu yang dipantau secara terpusat melalui Centralized Data Measuring Monitoring System. Perusahaan ini memiliki sertifikasi internasional, ISO 9001:2015, Good  Distribution Practice (GDP), dan sertifikasi nasional Cara Distribusi Obat yg Baik (CDOB) dari BPOM RI. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.