Sukses

PT Tempo Scan Pacific Tbk, Perusahaan yang Bergerak di Bidang Industri Farmasi

PT Tempo Scan Pacific Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis farmasi.

Liputan6.com, Jakarta PT Tempo Scan Pacific Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis farmasi. Perusahaan ini adalah bagian dari Grup Tempo, yang memulai kegiatan usahanya melalui pendirian PT PD Tempo pada tanggal 3 November 1953. Pabrik ini menyediakan fasilitas produksi untuk bentuk sediaan tablet/kaplet, kapsul, serbuk effervescent, liquid/syrup, dan cream & ointment.

PT Tempo Scan Pacific Tbk merupakan perusahaan yang tergabung dalam Tempo Group, yang membawahi divisi farmasi di mana unit bisnis anak perusahaan terdiri dari pembuatan dan pendistribusian produk-produk farmasi, perawatan kesehatan, kosmetik dan jasa distribusi.

Sejak berdiri, PT Tempo Scan Pacific Tbk melakukan operasi dan distribusi untuk perusahaan multinasional dan lokal, dengan kelompok produk mulai dari farmasi & konsumen kesehatan, kosmetik & perawatan pribadi, pembersih rumah tangga, susu formula bayi dan minuman. Adapun jaringan penjualan dan distribusinya, mulai tersebar luas di seluruh kepulauan Indonesia, yang memungkinkan Tempo menjangkau pelanggannya dengan lebih cepat dan efisien.

Berikut ini profil PT Tempo Scan Pacific Tbk yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah PT Tempo Scan Pacific Tbk

PT Tempo Scan Pacific Tbk (“Perseroan”) dan entitas anaknya merupakan bagian dari Tempo Grup, yang memulai kegiatan usahanya melalui pendirian PT PD Tempo pada tanggal 3 Nopember 1953. Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan produk farmasi ini, dibentuk melalui proses restrukturisasi pada tahun 1991 dan semula Perseroan bernama PT Scanchemie yang pada tahun 1970. Setelah berdirinya, perusahaan ini memulai kegiatan produksi komersial produk farmasi dalam skala besar. Seiring dengan perjalanan waktu, Perseroan melalui entitas anaknya juga telah memproduksi produk kosmetik dan produk konsumen sejak tahun 1977.

Pada tahun 1994, menjadi perusahaan publik dan mencatatkan saham-sahamnya sejumlah 75.000.000 lembar saham di Bursa Efek Indonesia/BEI (dahulu Bursa Efek Jakarta/BEJ). Tahun berikutnya, jumlah saham tersebut telah meningkat menjadi 150.000.000 lembar saham dengan dirubahnya nilai nominal masing-masing saham Perseroan dari Rp 1.000 menjadi Rp 500 per lembar saham (pemecahan saham).

Pada tahun 2006, jumlah saham tercatat meningkat menjadi 4.500.000.000 lembar saham dengan dirubahnya nilai nominal masing-masing saham Perseroan dari Rp 500 menjadi Rp 50 per lembar saham (pemecahan saham). Seiring dengan terus berkembangnya Perseroan, kantor pusat Tempo Scan pindah ke Tempo Scan Tower di Jl. HR Rasuna Said Kav. 3-4, Kuningan, Jakarta Selatan, Indonesia, yang terdiri dari 30 lantai dan 4 basement seluas total 70.000 m2 dan diresmikan pada bulan Maret 2012.

 

3 dari 5 halaman

Produk PT Tempo Scan Pacific Tbk

a. Health Care

1. Analgesic, Cough & Cold, General Pain Relief and Laxative Product 

- Bodrex dan Oskadon

- Bodrexin dan Contrexyn 

- Oskadryl dan Neodulax

- SUDREX 

2. Vitamin, Mineral dan Supplement and Beverage Product Vidoran

- Multivitamin dan Hemaviton

- Neo Hormoviton

- Polaris dan IPI Vitamin 

3. Nutrional Product

- Vidoran multivitamin

- Biostime

4. Herbal Product

- Bodrex herbal

- Neo Rheumacyl dan Wybert herbal

- Herbalax formula

b. Consumer Cosmetic

1. Women Personal Care, Face Care & Make up

- MARINA

- Natural Honey

- Caludia

2. Baby Care & Kids Toiletries 

- MY BABY

- MY BABY Kids

- Pure Baby 

3.  Household Product and Oral Hygiene

- S.O.S

- Total Care 

c. Produk Kosmetik 

- ULTIMA II

- MARINA Healthy Makeup dengan Skin Loving Ingredients.S

- Revlon

- Estee Lauder

- CLINIQUE dan M.A.C

- Bobbi Brown dan LA MER Creme de La Mer

d. Obat Resep 

e. Alat Kesehatan

f. Fasilitas Manufaktur

4 dari 5 halaman

Struktur Group PT Tempo Scan Pacific Tbk

Sejumlah struktur group yang dimiliki oleh PT Tempo Scan Pacific Tbk terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya:

- Divisi Farmasi

Sebagai salah satu pemimpin Industri Farmasi Indonesia, Tempo Scan juga melakukan bekerja sepenuh hati untuk menyediakan produk berkualitas tinggi dengan proposisi harga yang terjangkau dan didukung oleh inovasi yang berkelanjutan, sehingga produk tersebut menjadi pilihan utama masyarakat.

 

- Divisi Produk dan Konsumen Kosmetik 

Divisi ini melakukan pemasaran dan mendistribusikan rangkaian produk Konsumen dan Kosmetik, yang berkualitas tinggi baik yang merupakan produk merek sendiri maupun produk kosmetik dibawah lisensi. Melalui inovasi yang berkesinambungan dengan mengutamakan manfaat nyata dari produk, beberapa merek-merek dari Divisi ini berhasil menjadi pilihan utama konsumen. Produk Kosmetik merek sendiri untuk segmen pasar kosmetik premium bertaraf internasional maupun beberapa Kosmetik berlisensi merek internasional telah didistribusikan secara luas dan diterima dengan baik di pasar Indonesia.

- Divisi Manufakturing 

 

Divisi Manufaktur Tempo Scan tetap menjadi bagian penting dalam strategi & portofolio bisnis jangka panjang Tempo Scan. Tempo Scan juga memulai produksi komersial produk farmasi, dalam skala besar pada tahun 1970. Pada tahun 1977 Tempo Scan melalui entitas anaknya memproduksi produk kosmetika dan produk konsumen dan pada tahun 2014 mulai memproduksi produk nutrisi. 

- Divisi Distribusi

Divisi Distribusi merupakan unit usaha yang memegang peranan penting, dalam mendistribusikan produk-produk Tempo Scan Group, yang memerlukan keterkaitan sangat erat dalam rencana jangka panjang dengan Divisi Manufaktur dan Marketing.  

- Bisnis Unit Strategis 

Perseroan juga memiliki Bisnis Unit Strategis, untuk menciptakan sinergi internal dan menghindari duplikasi pada alokasi investasi dan sumber daya manusia untuk mendukung kegiatan unit-unit usaha Tempo Scan. Perusahaan-perusahaan di bawah divisi ini, berkantor pusat di Tempo Scan Tower, Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 3-4, Jakarta Selatan.

 

5 dari 5 halaman

Penghargaan PT Tempo Scan Pacific Tbk

Sejumlah penghargaan PT Tempo Scan Pacific Tbk

- Bodrex meraih penghargaan untuk kategori sakit kepala selama 15 tahun berturut-turut dari tahun 2007 sampai 2021.

- Bodrex Flu & Batuk meraih penghargaan untuk kategori obat Flu selama 7 tahun berturut-turut dari tahun 2015 sampai 2021 dan untuk kategori obat Batuk pada tahun 2021.

- Hemaviton Energy Drink meraih penghargaan untuk kategori Minuman Penambah Tenaga selama 7 tahun berturut-turut dari tahun 2015 sampai 2021.

- Hemaviton Jreng meraih penghargaan untuk kategori Minuman Penambah Tenaga selama 7 tahun berturutturut dari tahun 2015 sampai 2021. 

- NEO rheumacyl meraih penghargaan untuk kategori obat pegal linu selama 6 tahun pada tahun 2012, 2015, 2017 sampai 2020.

- MY BABY meraih penghargaan untuk kategori lotion anti nyamuk pada tahun 2018 dan kategori Minyak Telon selama 3 tahun berturut-turut dari tahun 2019 sampai 2021, dalam ajang Top Digital Public Relation Awards diselenggarakan oleh TRAS & Co.

- Penghargaan yang diselenggarakan oleh majalah Herstory,

- ULTIMA II meraih penghargaan Best Skincare untuk kategori Serum Suplemen Cahaya melalui produk Pearls of Luminaire, dan meraih penghargaan Best Makeup untuk kategori Foundation/2 Way Cake melalui produk Delicate Crème Makeup selama 2 tahun pada tahun 2020 sampai 2021.

- Revlon meraih penghargaan Best Millenial Women Brand Choice Awards untuk kategori Face Powder & Lipstick, pada tahun 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.