Sukses

Profil PT Mattel Indonesia, Perusahaan di Bidang Manufaktur Fashion Dolls (Barbie)

PT Mattel Indonesia adalah anak perusahaan Matttel Inc, yang bergerak dalam bidang manufaktur fashion dolls.

Liputan6.com, Jakarta PT Mattel Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan dari Mattel Inc, yang sistem produksinya berfokus pada mainan dan hiburan anak-anak. Hingga kini, Mattel telah beroperasi sebagai produsen boneka terbesar, dan mempekerjakan sekitar 12.000 orang di Indonesia.

PT Mattel Indonesia juga telah memproduksi barbie, boneka fashion, dan memiliki dua pabrik terbesar di Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Bekasi. Sampai sekarang, brand mainan yang diluncurkan perusahaan ini menjadi sangat ikonik seperti Barbie, Hot Wheels, Fisher-Price, American Girl, Thomas & Friends dan UNO.

PT Mattel Indonesia adalah perpanjangan tangan, dari perusahaan mainan asal Amerika serikat yaitu Mattel Inc. Perusahaan ini juga tercatat sebagai salah satu pabrik yang menyumbangkan boneka barbie terbanyak, dibanding anak perusahaan lainnya. Dalam beberapa kesempatan, PT Mattel Indonesia juga berkontribusi besar terhadap volume ekspor di tanah air. 

Berikut ini profil singkat tentang PT Mattel Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal PT Mattel Indonesia

Mattel merupakan salah satu perusahaan mainan global terkemuka, dan pemilik salah satu katalog waralaba hiburan anak-anak yang ada di dunia. Perusahaan ini kemudian melibatkan konsumen, melalui portofolio merek ikonik yaitu Barbie, Hot Wheels, Fisher-Price, American Girl, Thomas & Friends, UNO, Masters of the Universe, Monster High dan MEGA. Mattel Inc juga memiliki lisensi dalam kemitraan dengan perusahaan hiburan global, konten film dan televisi, game, digital, musik, dan yang lainnya. Perusahaan ini telah beroperasi di lebih dari 35 lokasi, dan produk kami dijual di lebih dari 150 negara. 

Matte Inc kemudian melakukan ekspansi bisnis pada tahun 1992, dan terbentuklah PT Mattel Indonesia (PTMI). Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari Mattel Inc, yang berbasis di Amerika Serikat, yang kemudian bergerak dibidang manufaktur Fashion Dolls (Barbie, untuk dipasok ke dunia. Hingga kini, perusahaan ini memiliki dua pabrik, yang berada di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi.

Seiring berjalannya waktu, PT Mattel Indonesia tercatat sebagai salah satu pabrik yang melakukan produksi boneka terbanyak untuk Mattel Inc, daripada perusahaan di negara lain seperti Thailand, Meksiko, Tiongkok dan juga Malaysia. 

3 dari 5 halaman

Sejarah PT Mattel Indonesia

Mattel Inc merupakan perusahaan bidang manufaktur mainan dan hiburan multinasional, yang berasal dari Amerika Serikat yang didirikan pada Januari 1945 dan berkantor pusat di El Segundo, California. Berbagai produk dan merek kemudian diproduksi termasuk Barbie, Hot Wheels, Fisher-Price, American Girl, UNO, Mega, Thomas & Friends, Polly Pocket, Masters of the Universe, Monster High dan Enchantimals, dengan Ever After High dan My Scene. Pada awal 1980-an, Mattel memproduksi sistem video game, dengan mereknya sendiri dan di bawah lisensi dari Nintendo. Perusahaan ini mulai hadir di 35 negara dan wilayah dan menjual produk di lebih dari 150 negara.

Awal berdirinya, perusahaan ini bertujuan untuk memberdayakan generasi berikutnya dalam hal mengeksplorasi keajaiban masa kanak-kanak, dan mencapai potensi penuh mereka.Tak hanya itu, perusahaan ini kemudian menginisiasi serta menciptakan produk, yang inovatif, menginspirasi, menghibur, dan mengembangkan anak-anak melalui permainan.

Perusahaan ini kemudian beroperasi melalui tiga segmen bisnis yaitu Amerika Utara, internasional, dan American Girl. Ini adalah pembuat mainan terbesar kedua di dunia dalam hal pendapatan, setelah The Lego Group. Barbie dinobatkan sebagai properti mainan global teratas untuk tahun 2020 dan 2021 per The NPD Group, sebuah perusahaan riset informasi global.

Hot Wheels salah satu produk dari Mattel, dinobatkan sebagai mainan global terlaris pada tahun 2020 dan 2021. Dalam rangka mengapresiasi keberhasilan Mattel Indoensia, Asosiasi Big Data & AI (ABDI) juga menyelenggarakan Award Best IT & DT Governence, dengan kategori Best IT & DT Governence Perdagangan dan Industri US FDI Manufacture di Indonesia.

 

 

4 dari 5 halaman

Produk dari PT Mattel Indonesia

PT Mattel Indonesia memang difokuskan di bidang manufaktur, dengan jenis produk yaitu fashion doll lebih tepatnya barbie. Perusahaan ini juga sudah menghasilkan 60% dari total boneka barbie yang diproduksi oleh Mattel Inc. Terdapat beberapa produk Mattel, yang diciptakan untuk menambah pengalaman inovatif dan menghibu anak-anak melalui permainan.

- Barbie

- Hot Wheels

- Fisher-Price

- American Girl

- Thomas & Friends

- UNO

- MEGA

- Matchbox

- Popples plush toys

- See 'n SayChatty Cathy 

- Vertibird

- Othello (Reversi)

 

 

 

5 dari 5 halaman

Tujuan Pembuatan Produk

Melalui Purposeful Play, Mattel kemudian menciptakan mainan yang sesuai untuk anak-anak pada berbagai tahap perkembangan, merancang produk agar sesuai dengan kemampuan mereka saat ini sambil menantang mereka sehingga mereka dapat belajar dan berkembang.

Adapun beberapa contoh untuk setiap kategori produk utama yaitu:

- Boneka Barbie dan American Girl, dirancang untuk mendorong permainan pura-pura, ekspresi diri, dan imajinasi. Bermain dengan boneka memberdayakan anak-anak untuk mengembangkan empati dan keterampilan sosial seperti pengasuhan, persahabatan, kolaborasi, dan resolusi konflik.

- Kendaraan seperti mobil Hot Wheels atau Matchbox, merupakan game yang dirancang semenyenangkan mungkin agar anak-anak bisa bereksperimen dengan energi, gaya, skala, dan gerak. 

- Kendaraan dan perangkat bermain Fisher-Price, juga dirancang untuk mendukung perkembangan dan kesadaran sensorik, keterampilan motorik halus dan kasar, pemecahan masalah, kerja sama, dan kecerdasan emosional. 

- Figur aksi, seperti karakter dari Masters of the Universe dirancang untuk memupuk imajinasi, ekspresi diri, kemandirian, dan keterampilan sosial. 

- Sistem permainan dan mainan Building Sets, seperti MEGA, menawarkan pengalaman bermain terbuka yang bersifat individual dan kolaboratif, memupuk potensi kreatif setiap anak. Keterampilan bentuk, pengukuran, dan teknik dilakukan bersama dengan keterampilan motorik halus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.