Sukses

Profil Astra Agro Lestari, Perusahaan di Bidang Perkebunan dan Agro Industri

Astra Agro Lestari resmi didirikan sebagai persero pada tahun 1988.

Liputan6.com, Jakarta - Astra Agro Lestari atau PT Astra Agro Lestari Tbk. Ia adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertanian. Utamanya di bidang usaha perkebunan dan agro industri sejak tahun 1984 yang resmi berdiri tahun 1988. Popularitas Astra Agro Lestari dinilai baik.

Persero Astra Agro Lestari tidak hanya bergerak di bidang pertanian seperti kelapa sawit, tetapi juga penyulingan minyak, karet, dan lainnya. Itu artinya, Astra Agro Lestari juga mengembangkan industri hilir yang terkait, misalnya pada pengolahan minyak sawit.

Sejak awal berdirinya, kerja sama Astra Agro Lestari dengan masyarakat dinilai baik, dalam bentuk kemitraan intiplasma dan IGA (Income Generating Activity) atau kegiatan peningkatan ekonomi baik melalui budidaya sawit maupun non sawit.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil Astra Agro Lestari, Selasa (6/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Astra Agro Lestari adalah Perusahaan di bidang Pertanian

Astra Agro Lestari adalah perusahaan di bidang pertanian. Perusahaan Astra Agro Lestari dikenal pula dengan sebutan PT Astra Agro Lestari Tbk. Astra Agro Lestari adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha perkebunan dan agro industri.

Perseroan ini sudah mengembangkan industri perkembunan di Indonesia sejak tahun 1984 dan resmi didirikan pada tahun 1988. Melansir dari situs website resminya Astra Agro Lestari, menjalankan kegiatan usaha berawal dari perkebunan ubi kayu, tanaman karet, dan tanaman kelapa sawit.

Jalinan kerja sama antara Astra Agro Lestari dengan masyarakat sudah terbentuk dengan baik. Sejak awal berdirinya, kerja sama dengan masyarakat dalam bentuk kemitraan intiplasma dan IGA (Income Generating Activity) atau kegiatan peningkatan ekonomi baik melalui budidaya sawit maupun non sawit.

Seiring berjalannya waktu,Astra Agro Lestari terus mengalami perkembangan yang signifikan. Perusahaan ini tidak hanya mengelola lahan perkebunan kelapa sawit, tapi juga mengembangkan industri hilir yang terkait, misalnya pada pengolahan minyak sawit.

Astra Agro Lestari dikenal sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit dengan tata kelola terbaik. Luas kelolaan Astra Agro Lestari mencapai 297.011 hektar yang tersebar di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Astra Agro Lestar kini menghadapi tantangan di masa depan dengan terus memfokuskan strategi usaha. Terutama meningkatkan produktivitas, meningkatkan efisiensi di semua lini, serta diversifikasi usaha pada sektor-sektor prospektif yang berkaitan erat dengan usaha inti di bidang perkebunan kelapa sawit.

3 dari 4 halaman

Tata Kelola Perusahaan Astra Agro Lestari

Tata kelola dari perusahaan Astra Agro Lestari dijalankan dengan baik. Melansir dari situs website resminya Astra Agro Lestari, diterapkan “Good Corporate Governance/ GCG” yang tidak hanya mencerminkan Perseroan telah ketentuan perundangan dan peraturan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Akan tetapi, bagi Astra Agro Lestari, implementasi GCG sama halnya dengan komitmen terhadap visi dan misi Perseroan yang berperan sebagai landasan dalam membangun dan menciptakan sistem dan struktur perusahaan yang tangguh dan berkelanjutan.

GCG mengatur hubungan antara berbagai pihak yang kepentingan (stakeholders) terutama antara pemegang saham, Dewan Komisaris dan Direksi demi tercapainya tujuan perusahaan.

Selain memastikan perusahaan telah menjalankan kegiatan usaha dengan baik, GCG memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa Perseroan telah menerapkan perilaku bisnis yang sehat, tidak hanya menguntungkan secara bisnis tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Perseroan Astra Agro Lestari memiliki komitmen untuk terlibat dalam pertumbuhan Indonesia, dengan berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian Indonesia dan menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam hal implementasi GCG.

4 dari 4 halaman

Daftar Anak Perusahaan Astra Agro Lestari

Berikut daftar nama anak perusahaan Astra Agro Lestari melansir dari situs website resmi Astra Agro Lestari:

1. PT Sari Lembah Subur

2. PT Eka Dura Indonesia

3. PT Tunggal Perkasa Plantations

4. PT Sawit Asahan Indah

5. PT Kimia Tirta Utama

6. PT Perkebunan Lembah Bhakti

7. PT Karya Tanah Subur

8. PT Sari Aditya Loka

9. PT Letawa

10. PT Suryaraya Lestari

11. PT Pasangkayu

12. PT Mamuang

13. PT Bhadra Sukses

14. PT Lestari Tani Teladan

15. PT Agro Nusa Abadi

16. PT Sawit Jaya Abadi

17. PT Cipto Agro Nusantara

18. PT Rimbunan Alam Sentosa

19. PT Gunung Sejahtera Dua Indah

20. PT Gunung Sejahtera Puti Pesona

21. PT Gunung Sejahtera Ibu Pertiwi

22. PT Suryaindah Nusantarapagi

23. PT Agro Menara Rachmat

24. PT Bhadra Cemerlang

25. PT Nirmala Agro Lestari

26. PT Gunung Sejahtera Yoli Makmur

27. PT Persadabina Nusantaraabadi

28. PT Gunung Sejahtera Raman Permai

29. PT Karyanusa Ekadaya

30. PT Waru Kaltim Plantation

31. PT Sumber Kharisma Persada

32. PT Sukses Tani Nusasubur

33. PT Borneo Indah Marjaya

34. PT Palma Plantasindo

35. PT Cipta Narada Lestari

36. PT Subur Abadi Plantations

37. PT Subur Agro Makmur

38. PT Persada Dinamika Lestari

39. PT Cakradenta Agung Pertiwi

40. PT Cakung Permata Nusa

41. PT Tria Buana Mas

42. PT Tanjung Sarana Lestari

43. PT Tanjung Bina Lestari

44. PT Pandji Waringin

45. PT Mitra Barito Gemilang

46. PT Eka Dura Perdana

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini