Sukses

SAD Artinya Seasonal Affective Disorder, Kenali Gejala dan Pengobatannya

SAD artinya adalah Seasonal Affective Disorder, berikut ini pengertian Seasonal Affective Disorder atau SAD, serta gejala dan cara pengobatannya.

Liputan6.com, Jakarta SAD artinya adalah Seasonal Affective Disorder, SAD adalah jenis depresi yang dipicu oleh perubahan musim. Umumnya SAD muncul saat musim berubah menjadi lebih dingin dan berakhir saat musim berubah menjadi lebih cerah dan hangat.

Memiliki SAD artinya anda sangat mungkin mengalami perubahan mood dan perasaan yang signifikan selama musim-musim tertentu. Perubahan ini bisa terjadi dalam bentuk ringan atau yang lebih dikenal dengan winter blues atau bisa menjadi berat dan menyebabkan depresi.

Menderita SAD artinya Anda juga mungkin mengalami situasi-situasi yang mungkin dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, karena perubahan mood yang dialami. Jarang disadari, nyatanya SAD atau Seasonal Affective Disorder dapat menyerang siapa saja dan dimana saja.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (6/12/2022) tentang pengertian Seasonal Affective Disorder atau SAD, serta gejala dan cara pengobatannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

SAD Artinya

SAD Artinya 

Seasonal Affective Disorder atau SAD artinya adalah jenis depresi yang terkait dengan perubahan musim. SAD dimulai dan berakhir pada waktu yang hampir sama setiap tahun. Jika anda seperti kebanyakan penderita SAD, gejala bisa mulai pada musim gugur dan berlanjut hingga bulan-bulan musim dingin, menguras energi anda dan membuat anda merasa murung. 

Gejala-gejala ini sering hilang selama bulan-bulan musim semi dan musim panas. Lebih jarang, SAD menyebabkan depresi pada musim semi atau awal musim panas dan menghilang selama musim gugur atau musim dingin.

Gejalanya meliputi perasaan sedih, kurang energi, kehilangan minat pada aktivitas biasa, tidur berlebihan, dan penambahan berat badan. Perawatan termasuk terapi cahaya, terapi bicara dan antidepresan.

Anda juga bisa mendapatkan SAD versi ringan yang dikenal sebagai "winter blues". Merasa sedikit down selama bulan-bulan yang lebih dingin adalah hal yang wajar. Namun anda mungkin terjebak di dalamnya dan hari-hari anda pun turut menjadi terganggu.

Tapi SAD menunjukan gejala yang lebih berat dan tidak hanya berupa perasaan sedih. Berbeda dengan blues musim dingin, SAD memengaruhi kehidupan sehari-hari anda, termasuk perasaan dan pemikiran. Untungnya, perawatan dapat membantu anda melewati masa sulit ini.

3 dari 5 halaman

Penyebab SAD Atau Seasonal Affective Disorder

Penyebab SAD Atau Seasonal Affective Disorder

Para peneliti tidak tahu persis apa yang menyebabkan depresi musiman atau SAD. Kurangnya sinar matahari dapat memicu kondisi tersebut jika anda termasuk orang yang jarang terkena sinar matahari. Selain itu berikut ini hal yang diduga sebagai pemicu SAD :

1. Perubahan jam biologis 

Ketika sinar matahari berkurang, jam biologis Anda bergeser. Jam internal ini mengatur suasana hati, tidur dan hormon anda. Saat bergeser, anda tidak sesuai dengan jadwal harian yang biasa dilakukan dan tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan durasi siang hari.

2. Ketidakseimbangan kimia otak 

Bahan kimia otak yang disebut neurotransmitter mengirimkan komunikasi antar saraf. Bahan kimia ini termasuk serotonin, yang berkontribusi pada perasaan bahagia. Jika anda berisiko SAD, aktivitas serotonin anda mungkin sudah berkurang. Karena sinar matahari membantu mengatur serotonin, kurangnya sinar matahari di musim dingin dapat memperburuk situasi. Tingkat serotonin bisa turun lebih jauh, menyebabkan depresi.

3. Kekurangan vitamin D 

Tingkat serotonin anda juga mendapat dorongan dari vitamin D. Karena sinar matahari membantu memproduksi vitamin D, kurang sinar matahari di musim dingin dapat menyebabkan kekurangan vitamin D. Perubahan itu dapat mempengaruhi tingkat serotonin dan suasana hati anda.

4. Peningkatan melatonin 

Melatonin adalah bahan kimia yang mempengaruhi pola tidur dan suasana hati anda. Kurangnya sinar matahari dapat merangsang produksi melanin yang berlebihan pada beberapa orang. Anda mungkin merasa lesu dan mengantuk selama musim dingin.

5. Pikiran negatif 

Orang dengan SAD sering mengalami stres, kecemasan, dan pikiran negatif tentang musim dingin. Para peneliti tidak yakin apakah pikiran negatif ini merupakan sebab atau akibat dari depresi musiman.

4 dari 5 halaman

Gejala SAD

Gejala SAD 

Dalam kebanyakan kasus, gejala gangguan afektif musiman muncul selama akhir musim gugur atau awal musim dingin dan hilang selama hari-hari cerah musim semi dan musim panas. Lebih jarang, orang dengan pola sebaliknya memiliki gejala yang dimulai pada musim semi atau musim panas. 

Dalam kedua kasus tersebut, gejala mungkin mulai ringan dan menjadi lebih parah seiring berjalannya musim. Tanda dan gejala SAD dapat meliputi:

- Merasa lesu, sedih atau sedih hampir sepanjang hari, hampir setiap hari

- Kehilangan minat pada aktivitas yang pernah anda nikmati

- Memiliki energi rendah dan merasa lesu

- Memiliki masalah dengan tidur terlalu banyak

- Mengalami mengidam karbohidrat, makan berlebihan, dan penambahan berat badan

- Mengalami kesulitan berkonsentrasi

- Merasa putus asa, tidak berharga atau bersalah

- Memiliki pikiran tidak ingin hidup

 

SAD Musim gugur dan musim dingin 

Gejala khusus untuk SAD onset musim dingin, terkadang disebut depresi musim dingin, mungkin termasuk:

- Tidur berlebihan

- Perubahan nafsu makan, terutama keinginan untuk makanan tinggi karbohidrat

- Penambahan berat badan

- Kelelahan atau energi rendah

 

SAD musim semi dan musim panas

Gejala khusus untuk gangguan afektif musiman yang dimulai pada musim panas, terkadang disebut depresi musim panas, dapat mencakup:

- Sulit tidur (insomnia)

- Nafsu makan yang buruk

- Penurunan berat badan

- Agitasi atau kecemasan

- Peningkatan rasa marah

5 dari 5 halaman

Cara Mengobati SAD

Cara Mengobati SAD

Dokter atau pelayanan kesehatan akan berbicara dengan anda tentang opsi perawatan yang paling tepat. Anda mungkin memerlukan kombinasi perawatan, termasuk:

1. Terapi cahaya : Terapi cahaya terang, menggunakan lampu khusus, dapat membantu mengobati SAD.

2. Terapi perilaku kognitif (CBT) : CBT adalah jenis terapi bicara. Penelitian telah menunjukkannya secara efektif mengobati SAD, menghasilkan efek jangka panjang dari setiap pendekatan pengobatan.

3. Obat antidepresan : Terkadang, penyedia merekomendasikan obat untuk depresi , baik sendiri atau dengan terapi cahaya.

4. Menghabiskan waktu di luar ruangan : Mendapatkan lebih banyak sinar matahari dapat membantu memperbaiki gejala anda. Cobalah untuk keluar di siang hari. Selain itu, tingkatkan jumlah sinar matahari yang masuk ke rumah atau kantor.

5. Vitamin D : Suplemen vitamin D dapat membantu memperbaiki gejala anda.

Pengobatan yang paling umum digunakan adalah terapi cahaya. Untuk menggunakan terapi cahaya atau fototerapi, anda dapat membeli lampu khusus yang memiliki tabung lampu neon putih yang ditutupi dengan layar plastik untuk memblokir sinar ultraviolet. Cahaya sekitar 20 kali lebih terang dari lampu dalam ruangan biasa. 

Untuk menggunakan fototerapi, jangan melihat langsung ke cahaya. Paparan Anda terhadap cahaya harus tidak langsung. Tempatkan lampu sekitar dua hingga tiga kaki jauhnya saat Anda membaca, makan, bekerja, atau melakukan aktivitas lainnya.

Waktu anda menggunakan terapi cahaya dapat mempengaruhi seberapa efektif terapi itu. Terapi cahaya pagi dianggap sebagai jam yang bekerja paling baik. Namun perlu diingat bahwa menggunakan terapi cahaya di malam hari dapat menyebabkan insomnia. Banyak profesional kesehatan merekomendasikan 10.000 lux selama 15 hingga 30 menit setiap pagi.

Penyedia layanan kesehatan sering merekomendasikan penggunaan terapi cahaya sepanjang musim dingin. Gejala SAD dapat kembali dengan cepat setelah menghentikan terapi cahaya. Terus menggunakan terapi dapat membantu anda merasakan yang terbaik sepanjang musim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.