Sukses

Profil PT Surya Madistrindo, Sejarah, dan Produk-produknya

PT Surya Madistrindo adalah unit usaha utama dari PT Gudang Garam Tbk.

Liputan6.com, Jakarta PT Surya Madistrindo adalah unit usaha utama dari PT Gudang Garam Tbk. Perusahaan ini memiliki fungsi penjualan, distribusi, dan aktivitas pemasaran lapangan secara nasional di Indonesia. Kamu tentunya sudah tidak asing dengan produknya, yaitu rokok Gudang Garam.

PT Surya Madistrindo adalah salah satu perusahan rokok terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memasarkan rokok Gudang Garam dalam berbagai variasi kretek. Gudang Garam memang terkenal sebagai penghasil rokok kretek terkemuka di Indonesia.

Bahkan, rokok kretek Gudang Garam sudah terkenal kualitasnya hingga ke mancanegara. Rokok Gudang Garam pada tahun 1958, di mana perusahaan rokok kretek ini bermula dari sebuah industri rumahan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/12/2022) tentang PT Surya Madistrindo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT Surya Madistrindo

PT Surya Madistrindo adalah perusahaan milik PT Gudang Garam Tbk, yang didirikan pada tahun 2002. Perusahaan ini bertugas untuk mendistribusikan rokok Gudang Garam bersama dengan 3 perusahaan distribusi lainnya. Pada tahun 2009, PT Surya Madistrindo menjadi distributor tunggal yang memegang kendali atas seluruh strategi distribusi dan pemasaran lapangan secara nasional.

Mengenal PT Surya Madistrindo tentunya belum lengkap tanpa mengenal PT Gudang Garam Tbk sebagai induknya. Perusahaan rokok Gudang Garam ini merupakan salah satu industri rokok terkemuka di Indonesia. PT Gudang Garam Tbk sendiri telah berdiri sejak tahun 1958 di Kota Kediri, Jawa Timur. Pendiri PT Gudang Garam adalah Surya Wonowidjojo.

Hingga kini, Gudang Garam sudah terkenal luas baik di dalam negeri maupun mancanegara sebagai penghasil rokok kretek berkualitas tinggi. Produk Gudang Garam bisa ditemukan dalam berbagai variasi, mulai sigaret kretek klobot (SKL), sigaret kretek linting-tangan (SKT), hingga sigaret kretek linting-mesin (SKM).

Dengan nama besar rokok Gudang Garam, PT Surya Madistrindo pun kini telah berkembang dan bertransformasi menjadi perusahaan distribusi rokok yang profesional dan modern. Berawal dari hanya beberapa ribu karyawan, saat ini telah memperoleh sumber daya yang mencapai lebih dari 12 ribu orang yang tersebar melalui 12 kantor wilayah dan lebih dari 180 kantor wilayah di Indonesia.

Gudang Garam dan anak perusahaannya menyediakan lapangan kerja bagi 33.647 orang di akhir tahun 2021. Perusahaan juga menyediakan berbagai fasilitas olahraga dan fasilitas kesehatan untuk karyawan. Pelatihan di bidang kepemimpinan, manajerial, administrasi, dan keterampilan teknik juga diselenggarakan dari waktu ke waktu baik di dalam maupun diluar perusahaan.

PT Surya Madistrindo memiliki kantor pusat di PT Surya Madistrindo Head Office, Jl. Jend. Ahmad Yani 75-79, Jakarta Pusat, 10510.

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Surya Madistrindo

Mengenali sejarah PT Surya Madistrindo tentunya sama saja dengan mempelajari sejarah dari rokok Gudang Garam itu sendiri. Tahun 1958 adalah adalah titik berdirinya perusahaan rokok Gudang Garam, yang bermula dari industri rumahan. Produk kretek yang diproduksi pertama kali adalah Sigaret kretek klobot (SKL) dan sigaret kretek linting-tangan (SKT).

Apa yang dicapai Gudang Garam saat ini tentunya tidak terlepas dari peran penting sang pendiri, Surya Wonowidjojo. Bukan hanya menjadi pemimpin, ia menjadi sosok yang sangat berarti bagi karyawan dan bahkan bagi masyarakat Kediri dan sekitarnya.

Perusahaan kretek Gudang Garam tumbuh dan berkembang seiring tata kelola perusahaan yang baik dan berlandaskan pada filosofi Catur Dharma. Nilai-nilai tersebut merupakan panduan perusahaan dalam tata laku dan kinerja perusahaan bagi karyawan, pemegang saham, serta masyarakat luas.

Catur Dharma perusahaan tersebut yaitu:

1. Kehidupan yang bermakna dan berfaedah bagi masyarakat luas merupakan suatu kebahagiaan.

2. Kerja keras, ulet, jujur, sehat, dan beriman adalah prasyarat kesuksesan.

3. Kesuksesan tidak dapat terlepas dari peranan dan kerjasama dengan orang lain.

4. Karyawan adalah mitra usaha yang utama.

4 dari 4 halaman

Produk PT Surya Madistrindo atau PT Gudang Garam Tbk.

PT Surya Madistrindo sebagai unit usaha dari PT Gurang Garam tentunya telah memasarkan berbagai produk berkualitas dari perusahaan tersebut. Merek rokok berkualitas yang digemari konsumen seperti rokok kretek Gudang Garam hingga Surya adalah contohnya. Berbagai inovasi pun telah dibuat, dan PT Surya Madistrindo bersama PT Gudang Garam selalu berhasil menarik minat para pelanggganya.

Berikut beberapa produk PT Surya Madistrindo atau PT Gudang Garam Tbk.:

Gudang Garam Family

- Gudang Garam Signature Mild

- Gudang Garam Signature

- Gudang Garam Djaja King Size

- Gudang Gara Merah King Sie

- Gudang Garam International

- Taman Sriwedari King Size

- Gudang Garam Patra

Surya Family

- Surya Professional

- Surya Professional Mild

- Surya Exclusive

- Surya Gudang Garam 16

- Surya Gudang Garam 12

GG Family

- GG Mild

- GG Shiver

- GG Move

Selain itu, ada pula jenis rokok lainnya seperti Gudang Garam Klobot Spesial Istimewa Manis dan Gudang Garam Deluxe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.