Sukses

Cara Buat Spotify Wrapped dan Instafest di Semua Perangkat, Mudah Serta Cepat

Cara membuat Spotify Wrapped dan membagikannya ke media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat Spotify Wrapped menjadi salah satu hal yang sering pecinta musik lakukan untuk menyambut akhir tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Spotify kembali mengeluarkan fitur Spotify Wrapped yang menyuguhkan dan menghadirkan deretan lagu dan musisi yang sering didengar selama satu tahun terakhir.

Cara membuat Spotify Wrapped dan cara membagikan Spotify Wrapped di media sosial pribadi, baik TikTok, Instagram, Facebook, Twitter dan Snapchat, menjadi cara yang bagus untuk menunjukkan selera musik anda dan mengenang kembali perjalanan musik favorit anda selama setahun terakhir. 

Menjadi trending di berbagai media sosial, selain mengetahui cara membuat Spotify Wrapped, anda juga bisa mengikuti tren Instafest Spotify yang tidak kalah populernya. Di mana melalui aplikasi pihak ketiga ini, anda dapat membuat barisan festival yang disesuaikan dengan riwayat lagu yang sering anda dengarkan di Spotify.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara membuat Spotify Wrapped dan membagikannya ke media sosial, serta cara membuat Instafest Spotify di semua perangkat dengan mudah dan cepat, Kamis (1/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Spotify Wrapped

Spotify Wrapped adalah kompilasi tahunan trek yang paling banyak didengarkan pengguna di platform streaming musik Spotify. Dengan fitur ini pengguna dapat memposting grafik yang menyenangkan secara estetika yang kemudian dapat dibagikan di media sosial, untuk memamerkan selera musik masing-masing. 

Spotify Wrapped menampilkan daftar lagu yang pengguna dengarkan berulang-ulang. Spotify Wrapped juga memiliki fitur yang memberi tahu pengguna berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk mendengarkan lagu tertentu. Di Twitter dan Instagram, tren ini menjadi viral setelah dirilis pada tanggal 30 November kemarin.

Untuk melihat Spotify Wrapped anda, pengguna harus menggunakan layanan streaming musik versi seluler. Versi singkat dengan Daftar Putar anda juga tersedia di desktop atau web. Berikut langkah-langkah untuk melihat Spotify Wrapped:

- Buka aplikasi Spotify anda baik di smartphone maupun PC. 

- Permintaan untuk melihat 2022 Wrapped anda akan terlihat dari halaman beranda aplikasi.

- Jika tidak, kunjungi laman resmi spotify.com/us/wrapped di browser seluler.

- The Wrapped Story akan memandu anda menelusuri genre, lagu dan pola musik yang anda dengarkan.

- Spotify Wrapped tahun ini juga memberi pengguna bacaan tentang "Kepribadian Mendengarkan" pengguna. 

- Setiap slide dari Wrapped Story memiliki tombol "bagikan" di bagian bawah. 

- Klik tombol itu untuk menyimpan setiap slide ke rol kamera anda atau mempostingnya di media sosial. 

- Di akhir The Wrapped Story, akan ada kesempatan kedua untuk menyimpan dan mengubah skema warna ringkasan Artis Teratas anda.

3 dari 4 halaman

Cara Membagikan Spotify Wrapped

Spotify Wrapped menjadi ciri khas daftar ringkasan akhir tahun karena banyaknya orang yang membagikannya di akun media sosial pribadi mereka. Dulu, pengguna harus men-screenshot statistik Spotify Wrapped mereka dan kemudian mempostingnya di akun media sosial mereka.

Namun kini, Spotify telah menyediakan fitur yang mempermudah anda untuk membagikan statistik Spotify Wrapped di media sosial. Spotify dengan mudah menempatkan setiap stat dalam kartu uniknya sendiri dan memformatnya seperti cerita Instagram. Untuk setiap kartu ada opsi untuk membagikannya. 

Cukup klik atau ketuk tombol bagikan dan bagikan di platform pilihan Anda seperti TikTok, Twitter, Snapchat, Instagram, Line, WhatsApp atau Facebook, dan jika Anda benar-benar ambisius, Anda juga dapat melampirkannya di situs web anda.

Dengan Spotify Wrapped, anda tidak hanya bisa menampilkan daftar musik yang didengar.  Spotify Wrapped juga menampilkan banyak data mengenai kebiasaan mendengarkan anda tahun ini. Spotify Wrapped biasanya meliputi:

- Artis top anda.

- Lagu-lagu top anda.

- Genre teratas anda dan jumlah genre yang anda dengarkan.

- Jumlah waktu yang anda habiskan untuk mendengarkan musik di Spotify.

- Jumlah artis baru yang anda temukan.

- Jumlah negara tempat musik anda diputar.

4 dari 4 halaman

Instafest Spotify

Awal bulan desember, fitur untuk Spotify Wrapped mulai diluncurkan di media sosial. Selain data Spotify Wrapped, anda mungkin sering melihat rekan-rekan anda yang membagikan barisan festival musik tiga hari palsu yang diberi nama sesuai nama teman anda. Trend ini adalah Instafest Spotify.

Instafest sendiri adalah aplikasi web gratis yang dibuat oleh pengembang Anshay Saboo , menghasilkan daftar festival musik berdasarkan kebiasaan mendengarkan anda di aplikasi Spotify. Hasilnya dapat anda buat menjadi poster festival musik palsu yang bisa anda bagikan di media sosial. 

Aplikasi ini tidak berafiliasi dengan Spotify tetapi menggunakan izin dari platform streaming ini untuk mengkompilasi hasilnya. Tidak seperti Spotify Wrapped, Instafest juga kompatibel dengan riwayat mendengarkan Last.fm. Yang memungkinkan anda juga membuat Instafest dari daftar Last.fm anda. 

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti di smartphone atau komputer untuk membuat Instafest Spotify dan membagikannya di sosial media.

- Buka www.instafest.app dan pilih Masuk dengan akun Spotify anda.

- Masukkan informasi login Spotify anda lalu pilih Login.

- Tinjau informasi privasi yang muncul dan pilih Agree.

- Lalu pilih ‘Customize’ untuk membuat barisan hasil personalisasi yang bisa disesuaikan dengan keinginan anda. 

- Pilih simpan dan bagikan di bawah grafik festival.

- Pilih simpan untuk menyimpan gambar jika anda menggunakan aplikasi di komputer.

- Sedangkan jika anda menggunakan smartphone pilih Share > Simpan Gambar. 

- Anda kemudian dapat memilih bagaimana anda ingin membagikan grafik tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.