Sukses

PT Omron Adalah Anak Perusahaan Industri Elektronik Asal Jepang

PT Omron yang memiliki nama resmi PT Omron Manufacturing of Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Industri elektronik.

Liputan6.com, Jakarta PT Omron yang memiliki nama resmi PT Omron Manufacturing of Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Industri elektronik. Sebagai salah anak perusahaan Omron Corporation Japan, PT Omron terdepan dan terkemuka dalam Industri sistem kontrol otomasi.

PT Omron yang beralamat di EJIP Industrial Park, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat ini mulai didirikan pada 1992 dan mulai aktif beroperasi setahun kemudian setelah diresmikan oleh menteri Perindustrian Tungki Ariwibowo pada 1993.

Perusahaan ini telah menjadi mitra berbagai perusahaan manufacturing di Indonesia bahkan luar negeri. Berikut ulasan Liputan6.com tentang PT Omron yang dirangkum dari berbagai sumbar, Kamis (1/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah PT Omron

PT Omron Manufacturing of Indonesia merupakan anak perusahaan PT Omron Japan. Mulanya,  Perusahaan ini didirikan oleh Kazuma Tateishi pada tahun 1933 dengan nama Tateishi Electric Manufacturing Company, dan resmi didaftarkan sebagai sebuah badan hukum pada tahun 1948.

Nama perusahaan kemudian berubah menjadi Omron yang berasa dari Omuro yang merupakan sebuah daerah di Kyoto, Jepang. Kazuma Tateishi, pendiri Omron Co, pertama kali mendirikan perusahaan di sini. Pemilihan nama Omron tidak sekedar sebagai lambang dari daerah tempat Omron Co berdiri. Omuro menjadi lambang  budaya perusahaan yang berfokus pada inovasi dan kreativitas dan kini menjadi merek yang identik dengan kualitas di seluruh dunia.

Kini Omron Co Japan berpusat di Kyoto, Jepang dan memiliki anak cabang di berbagai negara, salah satunya PT Omron Manufacturing of Indonesia. PT Omron telah lebih dari 25 tahun beroperasi di Indonesia sebagai salah satu produsen global perlengkapan elektronik untuk industri.

PT Omron sudah membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi perusahaan yang unggul dibidangnya. Terbukti perusahaan ini telah menjalin berbagai kerjasama dengan perusahaan lain, baik lokal maupun internasional. Beberapa perusahaan yang menjadi mitra PT Omron diantaranya PT Pioneer Trading Co. Ltd dan Management Centre of Asia pacific Pte Ltd.

PT Omron memproduksi berbagai perlengkapan elektronika untuk industri. Perlengkapan elektronik yang diproduksi oleh PT Omron antara lain, sensor, switch, relay, timer, serta berbagai sistem pengamanan mesin Industri lainnya. Produk-produk buatan Omron dikenal memiliki kualitas yang baik hingga mampu menunjang proses produksi. Kualitas ini juga membuat produk Omron dipasarkan hingga keluar negeri.

3 dari 4 halaman

Motto Filosofi PT Omron

PT Omron memiliki motto yang sangat terkenal yang berbunyi, “At work for a better life. A better world for all.” melalui motto tersebut Omron ingin menjadi perusahaan yang sukses dengan menjadi warga yang bertanggung jawab terhadap komunitas lokal tempat di mana ia didirikan. 

Ini kemudian menjadi sebuah komitmen yang membuat Omron terus berupaya menjadi perusahaan yang bermanfaat terhadap warga sekitar. PT omron secara rutin melakukan pembagian obat gratis ke desa di sekitar perusahaan, renovasi gratis untuk warga sekitar pabrik yang membutuhkan, setra mengajak karyawannya untuk mendonorkan darah melalui PMI.

Omron juga memiliki komitmen untuk memperlakukan semua orang secara setara dan humanis. PT. Omron Manufacturing of Indonesia juga dikenal sebagai perusahaan yang mempelopori dan mempekerjakan penyandang disabilitas sejak tahun 1995 sebagai bagian dari komitmen untuk menghormati semua orang. Hingga saat ini Omrom memiliki satu persen pekerja disabilitas. Hal ini sejalan dengan amanah yang disampaikan UU No.8 Tahun 2016 Tentan penyandang disabilitas.

ndangBagi Omron, inovasi yang didorong oleh kebutuhan sosial masyarakat di tempatnya berada menjadi sebuah tantangan untuk menjadi lebih baik lagi. Selalu menantang diri Sendiri untuk lebih baik dan menghormati semua orang merupakan prinsip yang terus dipegang oleh perusahaan ini. 

Tidak hanya sekedar mencari keuntungan, PT Omron juga berharap barang hasil produksinya mampu membantu para produsen di seluruh dunia untuk meningkatkan kualitas, keamanan, dan lingkungan dengan mempromosikan inovasi manufaktur. Omron juga menawarkan berbagai sistem solusi dan layanan pendukung infrastruktur sosial dengan tujuan menciptakan lingkungan hidup yang aman dan nyaman.

4 dari 4 halaman

Divisi Bisnis dan Produk PT Omron

- Otomasi industri: robot industri, sensor, sakelar, kamera industri, komponen keselamatan, relai, komponen kendali, peralatan pemantau daya listrik, pencatu daya, dan PLC

- Komponen elektronik: relai, sakelar, konektor, perangkat sensor mikro, sensor MEMS, teknologi sensor citra

- Sistem sosial: sistem pengaturan akses (sistem gerbang bangunan), sistem manajemen jalan, pengendali lampu lalu lintas, kamera keamanan/pengawasan, gerbang tiket otomatis, mesin tiket, mesin penyesuaian tarif

- Perawatan kesehatan

Penggunaan pribadi: pemantau tekanan darah, termometer digital, pemantau komposisi tubuh, pedometer, nebulizer

Penggunaan profesional: pemantau tekanan darah, pemantau vaskular non-invasif, ECG portabel, pemantau pasien

- Bisnis lain

Distribusi dan kendali listrik untuk rig pengeboran

Solusi lingkungan

Kendali dan otomasi elektronik untuk sistem pusat detensi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.