Sukses

Suspensi Adalah Campuran Hererogen, Kenali Sifat dan Contohnya

Suspensi adalah istilah kimia yang menggambarkan kondisi dimana adanya dua atau lebih campuran zat. berikut ini sifat dan contohnya

Liputan6.com, Jakarta Suspensi adalah istilah kimia yang menggambarkan kondisi dimana adanya dua atau lebih campuran zat. Umumnya suspensi adalah campuran antara zat cair yang mengandung partikel padat yang tidak larut karena terdispersi dalam fase cair.

Suspensi adalah fenomena kimia yang sering kita jumpai sehari-hari, dalam suspensi mencampurkan dua zat yang berbeda memerlukan beberapa tindakan yang membuat dua zat ini dapat bercampur dan dapat digunakan, sebagai contoh adalah dengan dikocok.

Mengenal lebih dalam tentang suspensi adalah hal lumrah untuk dilakukan, mengingat suspensi adalah fenomena yang sering dilihat. Sebagai contoh adalah ketika kita membuat kopi, di mana kopi dan air adalah 2 zat yang memiliki sifat berbeda, yang saat dicampurkan akan terlihat menyatu namun kemudian seperti terpisah.

Lantas apa itu suspensi dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari? Untuk menjawabnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (1/12/2022) tentang pengertian suspensi, sifat suspensi dan contoh suspensi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Suspensi

Suspensi adalah campuran heterogen dari suatu fluida yang mengandung partikel zat terlarut yang cukup besar untuk proses sedimentasi. Suspensi dianggap heterogen karena mengandung setidaknya dua zat yang berbeda. Suspensi didefinisikan sebagai campuran heterogen di mana partikel padat tersebar di seluruh cairan tanpa larut di dalamnya.

Partikel dalam suspensi mudah terlihat dengan mata telanjang. Partikel-partikel ditarik ke bawah wadah yang berisi media pendispersi (air). Sebagian partikel dalam suspensi mengendap ke dasar saat campuran dibiarkan. Namun, suspensi adalah campuran yang partikelnya tidak mengendap. 

Suspensi didefinisikan sebagai campuran homogen partikel dengan diameter lebih besar dari 1000 nm sehingga partikel dapat terlihat dengan mata telanjang. Karena partikel terlarut berukuran lebih besar, oleh karena itu, mereka tidak melewati kertas saring. Oleh karena itu, teknik pemisahan fisik filtrasi dapat digunakan untuk memisahkan partikel tersuspensi. 

Dalam jenis campuran ini, semua komponen tercampur sempurna dan semua partikel dapat dilihat di bawah mikroskop. Suspensi adalah campuran heterogen yang mengandung partikel padat yang cukup besar untuk sedimentasi. Jika kita mengambil segelas penuh air dan mencampurkan lumpur di dalamnya, maka akan terbentuk campuran yang heterogen. 

Kita dapat dengan mudah mengidentifikasi komponen dari campuran ini. Setelah beberapa waktu kita akan mengamati bahwa partikel lumpur mengendap karena gravitasi. Partikel dalam suspensi lebih besar dari partikel dalam larutan. Ukuran partikel umumnya lebih besar dari partikel pembentuk larutan, biasanya berkisar sampai satu mikrometer. 

3 dari 5 halaman

Sifat Suspensi

Suspensi adalah fenomena yang sering kita lihat dan temukan dan untuk mengidentifikasinya, kita dapat memperhatikan beberapa sifat-sifat suspensi berikut ini :

- Campuran heterogen terdiri dari dua atau lebih zat.

- Menunjukkan efek Tyndall karena ukuran partikel yang besar.

- Suspensi tidak stabil. Ini karena partikel-partikel yang mengendap di dasar larutan dibiarkan tidak tersentuh untuk sementara waktu.

- Partikel dalam suspensi dapat dipisahkan melalui metode fisik, seperti proses filtrasi.

- Partikel zat terlarut, dalam kasus suspensi, tidak larut dalam pelarut. Mereka tetap ditangguhkan dalam jumlah besar selama penangguhan.

- Suspensi bersifat buram.

- Partikel yang tersebar mudah terlihat dengan mata telanjang. Ukuran partikel lebih besar dari 1 nanometer.

- Ketika partikel mengendap, itu tidak menghamburkan cahaya pada mereka.

4 dari 5 halaman

Contoh Suspensi

Suspensi adalah istilah yang mungkin awam di kehidupan, berikut ini adalah beberapa contoh suspensi yang umum dilihat, yaitu :

- Minyak dikocok dalam air 

Minyak yang dikocok dalam air membentuk suspensi karena perbedaan sifat zat yang membentuk suspensi. Molekul air bersifat polar, yang membuat mereka tertarik satu sama lain dengan kuat. Ini kebalikan dari sifat partikel minyak, yang nonpolar, atau hidrofobik, menolak molekul air. Molekul air menampilkan "kelengketan", yang diamati dalam pergerakan dua tetesan air satu sama lain. Ketika dibiarkan tidak terganggu, suspensi memisahkan kedua jenis partikel tersebut.

- Debu di udara

Ini adalah contoh suspensi gas padat. Partikel debu mengandung berbagai jenis partikel, seperti butiran serbuk sari atau rambut. Partikel-partikel ini ringan dan karenanya, diangkat oleh angin dan sistem ventilasi. Partikel-partikel tersebar di udara, sehingga membentuk suspensi. Partikel-partikel ini akhirnya mengendap ke dasar bumi.

- Jelaga di udara 

Jelaga terdiri dari partikel karbon yang dipancarkan melalui proses pembakaran batu bara dan sumber energi kaya karbon lainnya. Juga dikenal sebagai asap hitam, jelaga membentuk suspensi gas padat di udara. Ini terlihat di pembangkit listrik serta kendaraan. Cerobong asap yang menghitam adalah hasil dari pengendapan jelaga.

5 dari 5 halaman

Perbedaan Suspensi, Larutan dan Koloid

Terdapat beberapa istilah kimia lain yang sering disamakan atau dikaitkan dengan suspensi, diantaranya adalah larutan dan koloid, berikut ini adalah penjelasan tentang larutan dan koloid serta perbedaannya dengan suspensi.

Apa itu Larutan?

Larutan adalah campuran zat yang homogen. Misalnya, ketika garam larut dalam air, campuran homogen, atau larutan, terbentuk. Komponen campuran yang terdapat dalam jumlah terbesar atau yang menentukan keadaan zat larutan disebut pelarut dan komponen lainnya disebut zat terlarut.

Apa itu Koloid?

Koloid adalah perantara antara larutan dan suspensi. Ini memiliki partikel dengan ukuran antara 2 dan 1000 nanometer. Koloid mudah terlihat dengan mata telanjang. Koloid dapat dibedakan dari larutan menggunakan efek Tyndall.  

Efek Tyndall didefinisikan sebagai hamburan cahaya (berkas cahaya) melalui larutan koloid. Partikel disebut sebagai partikel koloid dan campuran yang terbentuk dikenal sebagai dispersi koloid. Cairan, padat, dan gas semuanya bercampur untuk membentuk dispersi koloid.

Contoh Koloid

Aerosol : Padat atau cair bercampur gas; Contoh: kabut (cair dalam gas)

Sol : Padat bercampur cair; Contoh: Cat

Emulsi : Cair dengan cair; Contoh: minyak dan air

Gel : cair dalam padat; Contoh: Agar-agar buah

 

Perbedaan antara Koloid dan Suspensi

Dari penjelasan diatas, berikut ini adalah beberapa poin perbedaan antara suspensi dan koloid :

1. Suspensi                                 

- Ini adalah bentuk dari solusi heterogen

- Ukuran partikel lebih besar dari 1000 nm

- Partikel mengendap dengan baik             

- Dapat dipisahkan dengan penyaringan

- Dapat menyebarkan cahaya

- Buram 

- Mudah terlihat melalui mata telanjang

 

2. Koloid

- Ini adalah bentuk larutan homogen

- Ukuran partikel berkisar dari 1 dan 1000 nm

- Partikel tidak terpisah

-  Tidak dapat dipisahkan dengan penyaringan

- Menunjukkan efek Tyndall (menyebarkan cahaya)

- Tembus cahaya

- Tidak terlihat melalui mata telanjang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.