Sukses

Revolusi Bumi adalah Bumi Mengelilingi Matahari, Kenali Perbedaannya dengan Rotasi Bumi

Revolusi bumi adalah peristiwa pergerakan bumi mengelilingi matahari. Berikut ini pengertian lengkapnya beserta dengan manfaat revolusi bumi serta perbedaan revolusi bumi dengan rotasi bumi.

Liputan6.com, Jakarta Revolusi bumi adalah peristiwa pergerakan bumi mengelilingi matahari. Tidak hanya bumi, planet-planet lain di dalam tata surya juga mengelilingi matahari dan mengalami revolusi. Perbedaan dari setiap planet yang berevolusi adalah waktu yang dihabiskan untuk melakukan satu kali revolusi.

Revolusi bumi adalah adalah salah satu fenomena yang memberi pengaruh besar di bumi, dimana revolusi bumi adalah fenomena yang melatarbelakangi adalah perubahan dan perbedaan waktu serta musim di berbagai belahan dunia. Revolusi bumi juga menjadi dasar dalam menentukan jumlah hari dalam satu tahun. 

Telah dikenalkan sejak sekolah dasar, revolusi bumi adalah materi yang penting untuk dipahami karena dapat kita rasakan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya masih ada beberapa orang yang kesulitan untuk membedakan revolusi bumi dengan rotasi bumi.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (29/11/2022) pengertian revolusi bumi, manfaat revolusi bumi serta perbedaan revolusi bumi dengan rotasi bumi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Revolusi Bumi Adalah

Revolusi Bumi Adalah

Revolusi bumi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan fenomena dimana bumi bergerak mengelilingi matahari pada orbit tertentu. Dalam astronomi dan mata pelajaran terkaitnya, revolusi adalah pergerakan di sekitar objek dalam jalur tertentu. 

Pergerakan bumi mengelilingi matahari disebut revolusi. Orbit Bumi mengelilingi Matahari berbentuk elips, yaitu mengikuti jalur elips untuk bergerak mengelilingi Matahari. Istilah revolusi juga digunakan untuk menggambarkan pergerakan semua planet lain di sekitar Matahari. 

Pergerakan Bumi mengelilingi Matahari dalam lintasan tetap disebut revolusi. Bumi berputar dari barat ke timur, yaitu berlawanan arah jarum jam. Satu kali revolusi Bumi mengelilingi Matahari membutuhkan waktu sekitar satu tahun atau tepatnya 365.242 hari. Kecepatan revolusi bumi adalah 30 km/s

Selain itu, bulan juga berputar mengelilingi planet. Bumi memiliki bulan yang berputar mengelilinginya, sedangkan planet seperti Jupiter dan Saturnus memiliki beberapa bulan yang berputar mengelilinginya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Revolusi Bumi

Manfaat Revolusi Bumi 

Manfaat utama dari revolusi bumi adalah pergantian musim. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, poros bumi tidak vertikal. Melainkan dimiringkan 23,5 derajat. Akibatnya, ujung utara sumbu rotasi selalu mengarah ke Bintang Utara saat Bumi berputar mengelilingi Matahari. 

Kemiringan yang dikombinasikan dengan revolusi mengelilingi Matahari menyebabkan perubahan musim. Sepanjang tahun, berbagai bagian Bumi menerima jumlah sinar matahari yang bervariasi. Sementara beberapa mendapatkan sinar matahari paling langsung, yang lain tidak mendapatkan sinar matahari.

Saat Kutub Utara menghadap Matahari, belahan bumi utara mengalami musim panas dan belahan bumi selatan mengalami musim dingin. Sebaliknya, saat Kutub Selatan menghadap Matahari, kondisinya berbalik. Gambar berikut menjelaskan pergantian musim di bawah pengaruh revolusi bumi. 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, revolusi bumi menyebabkan perbedaan musim. Revolusi menciptakan perihelion dan aphelion. Perihelion terjadi ketika Bumi paling dekat dengan Matahari. Aphelion terjadi ketika Bumi jauh dari Matahari.

Revolusi memiliki pengaruh langsung pada variasi panjang waktu siang dan malam. Durasi siang dan malam sama di ekuator. Ini dikenal sebagai titik balik. Durasi siang dan malam bervariasi di belahan bumi Utara dan Selatan. Ini dikenal sebagai titik balik matahari.

4 dari 5 halaman

Perbedaan Antara Rotasi dan Revolusi Bumi

Perbedaan Antara Rotasi dan Revolusi Bumi

Revolusi sering digunakan sebagai sinonim untuk rotasi. Namun, di banyak bidang seperti astronomi dan mata pelajaran terkaitnya, revolusi disebut sebagai revolusi orbit. Ini digunakan ketika satu tubuh bergerak di sekitar yang lain, sedangkan rotasi berarti bergerak di sekitar sumbu. Misalnya, Bulan berputar mengelilingi Bumi, dan Bumi berputar mengelilingi Matahari.

Sedankan, rotasi adalah gerakan melingkar dari suatu benda di sekitar pusat rotasi. Jika benda tiga dimensi seperti bumi, bulan, dan planet lain selalu berputar mengelilingi garis imajiner, itu disebut sumbu rotasi. Jika sumbu melewati pusat massa benda, benda dikatakan berotasi dengan sendirinya atau berputar.

Bumi berputar pada porosnya dari barat ke timur, dan Matahari serta Bulan tampak bergerak dari timur ke barat melintasi langit. Perputaran bumi pada porosnya disebut 'rotasi'. Sumbu memiliki sudut 23 1/2º dan tegak lurus terhadap bidang orbit Bumi. Ini berarti Bumi miring pada porosnya, dan karena kemiringan ini, belahan bumi utara dan selatan condong ke arah menjauhi Matahari.

Rotasi bumi membaginya menjadi bagian yang menyala dan bagian yang gelap, yang memunculkan siang dan malam. Arah rotasi bumi bergantung pada arah pandang. Jika dilihat dari Kutub Utara, Bumi berputar berlawanan arah jarum jam. Sebaliknya, jika dilihat dari kutub selatan, bumi berputar searah jarum jam.

Berikut adalah perbedaan mendasar antara rotasi dan revolusi bumi

Rotasi

- Rotasi bumi sedang berputar pada porosnya.

- Sumbu rotasi bumi dimiringkan sebesar 23,5 derajat.

- Jalur Bumi yang bergerak mengelilingi Matahari disebut orbit.

- Bumi membutuhkan waktu 24 jam untuk menyelesaikan rotasi terhadap matahari.

Revolusi

- Revolusi adalah gerakan Bumi mengelilingi Matahari.

- Kemiringan ini menyebabkan musim yang berbeda dalam setahun.

- Orbit Bumi berbentuk elips.

- Bumi membutuhkan satu tahun penuh (365 hari) untuk satu revolusi penuh mengelilingi Matahari

5 dari 5 halaman

Fakta Menarik Tentang Rotasi dan Revolusi Bumi

Fakta Menarik Tentang Rotasi dan Revolusi Bumi

Terdapat beberapa fakta penting dan menarik tentang fenomena rotasi dan revolusi bumi, diantaranya adalah :

- Jari-jari Bumi adalah 6370 kilometer, yaitu sekitar 3980 mil. 

- Jari-jari Matahari sekitar 100 kali lebih besar dari jari-jari Bumi.

- Satu orbit Bumi mengelilingi Matahari terdiri dari satu tahun penuh. 

- Orbit Bumi atau jalur revolusinya mengelilingi Matahari berbentuk sedikit elips.

- Jarak rata-rata antara Matahari dan Bumi kira-kira 149 juta kilometer, yaitu 93 juta mil.

- Jarak antara Matahari dan Bumi bervariasi, mulai dari sekitar 147 juta km hingga 152 juta km. - Itu dapat ditulis sebagai 92 hingga 95 juta mil dan juga sebagai +/- 1,4% dari jarak rata-rata.

- Perihelion adalah saat Bumi paling dekat dengan Matahari selama bulan Januari. 

- Aphelion adalah saat Bumi terjauh dari Matahari selama bulan Juli.

- Rotasi Bumi terdiri dari sumbu rotasi, Kutub Utara, Kutub Selatan, dan ekuator planet.

- Rotasi Bumi adalah sekali per hari, yaitu 24 jam.

- Garis lintang membentuk lingkaran penuh di sekitar Bumi. Selama satu hari, lokasi tertentu di Bumi bergerak dalam lingkaran yang bertepatan dengan garis lintangnya.

- Waktu setempat ditentukan berdasarkan posisi Matahari di langit. Itu sama di semua lokasi di sepanjang garis bujur.

- Pada waktu tertentu, Matahari hanya menyinari separuh Bumi. Batas imajiner antara bagian Bumi yang terang dan tidak terang ini disebut lingkaran iluminasi. Itu juga disebut terminator.

- Elips memiliki Matahari di salah satu fokusnya. Orbit Bumi mendefinisikan bidang dengan Matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.