Panjang Net untuk Permainan Bulu Tangkis adalah 610 Sentimeter, Ini Ukuran Lapangannya

Oleh Laudia Tysara pada 24 Nov 2022, 19:45 WIB
Diperbarui 24 Nov 2022, 19:45 WIB
Gelaran PB Ina Fun Tournament
Perbesar
Gelaran PB Ina Fun Tournament di Candra Wijaya International Badminton Center, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, pada 17-18 September 2022. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Bulu tangkis atau badminton adalah permainan yang membutuhkan raket, shuttlecock kecil atau kok, dan dilakukan di lapangan khusus dengan net. Apa fungsi net dan berapa panjang net untuk permainan bulu tangkis?

Standar ukuran net untuk permainan bulu tangkis sangat penting diketahui. Ini karena panjang net untuk permainan bulu tangkis adalah berfungsi sebagai pembatas area permainan.

Dalam buku berjudul Modul Olahraga serta Rekreasi oleh Hanifah Kemanangan, lapangan bulu tangkis adalah berbentuk persegi panjang yang dibagian tengahnya ada net. Panjang net untuk permainan bulu tangkis adalah 610 cm (sentimeter).

Sementara itu, ukuran lapangan bulu tangkis sesuai standar nasional adalah panjangnya 13.40 m x lebarnya 6.10 m. Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang panjang net untuk permainan bulu tangkis dan ukuran lapangannya, Kamis (24/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Panjang Net untuk Permainan Bulutangkis adalah 610 Sentimeter

Warining Rahayu - Indonesia Para Badminton International 2022
Perbesar
Warining Rahayu saat berlaga pada kategori tunggal putri SU 5 Indonesia Para Badminton International 2022 di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Jumat, 26 Agustus. Atlet Indonesia itu berpeluang menyegel gelar juara jika menang atas Caitlin Dransfield dari Australia, Sabtu (27/8). (foto: istimewa)

Standar ukuran net untuk permainan bulu tangkis sangat penting diketahui. Ini karena net dalam permainan bulu tangkis berfungsi sebagai pembatas area permainan.

Dalam buku berjudul Modul Olahraga serta Rekreasi oleh Hanifah Kemanangan, dijelaskan panjang net untuk permainan bulu tangkis adalah 610 cm. Selain panjang net untuk permainan bulu tangkis, ketahui pula ukuran lebar net dan ukuran pita putih di sisi atas net.

Ukuran lebar net untuk permainan bulu tangkis adalah 76 cm. Ukuran pita putih di sisi atas net untuk permainan bulu tangkis adalah 3.8 cm.

Sementara itu, panjang net untuk permainan bulu tangkis adalah harus setinggi 1.55 meter dari permukaan lapangan dan vertikal. Ukuran panjang net untuk permainan bulu tangkis tersebut, ketebalannya harus 14 mm dan tidak lebih dari 20 mm.

Jika sudah memahami ukuran net untuk pemainan bulu tangkis, kemudian simak ukuran lapangan yang diperlukan untuk permainan bulu tangkis. Ada perbedaan antara ukuran lapangan untuk permainan bulu tangkis, tunggal, ganda, dan standar internasional.

Ukuran lapangan bulu tangkis sesuai standar nasional adalah panjangnya 13.40 m x lebarnya 6.10 m. Ini penjelasan ukuran lapangan untuk permainan bulu tangkis yang dijelaskan Universitas Atma Jaya Yogyakarta:

Ukuran Lapangan untuk Permainan Bulu Tangkis Tunggal

1. Panjang lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 11.88 meter

2. Lebar lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 5.18 meter

3. Luas lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 61.5384 m2

4. Tinggi tiang net lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 1.55 meter

5. Tinggi atas net lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 1.52 meter

6. Jarak net ke garis servis lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 1.98 meter

7. Jarak garis servis ke sisi lapangan luar lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 3.96 meter.

Ukuran Lapangan untuk Permainan Bulu Tangkis Ganda

1. Panjang lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 13.40 meter

2. Lebar Lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 6.10 meter

3. Luas Lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 81.74 m2

4. Tinggi tiang net lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 1.55 meter

5. Tinggi atas net lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 1.52 meter

6. Jarak net ke garis servis lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 1.98 meter

7. Jarak garis servis ke sisi lapangan luar lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 4.72 meter.

Ukuran Lapangan untuk Permainan Bulu Tangkis Internasional

1. Panjang lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 13.40 meter

2. Lebar lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 6.10 meter

3. Tinggi tiang net lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 1.55 meter

4. Tinggi atas net lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 1.52 meter

5. Jarak net ke garis servis depan lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 1.98 meter

6. Jarak garis servis tengah dari sisi lapangan lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 3.96 meter

7. Jarak garis servis belakang (pada permainan ganda) dari garis belakang lapangan bulu tangkis 0.76 meter

8. Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan untuk permainan bulu tangkis adalah 0.46 meter.


Macam-Macam Pukulan Permainan Bulu Tangkis

FOTO: Kejutan, Chico Kalahkan Kento Momota di Badminton Asia Championships 2022
Perbesar
Pemain badminton Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo bereaksi setelah mengalahkan pemain badminton Jepang Kento Momota pada pertandingan kualifikasi tunggal putra Badminton Asia Championships 2022 di Muntinlupa, Filipina, Rabu (27/4/2022). (AP Photo/Aaron Favila)

Ada tujuh macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis yang dijelaskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Ini penjelasan macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis tersebut:

1. Pukulan Service

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain pertama pukulan servis. Pukulan servis dilakukan oleh salah seorang pemain, sebagai pertanda bahwa permainan bulu tangkis dimulai.

“Jika shuttlecock tidak bisa melewati net atau keluar dari area servis akan menghentikan permainan,” dijelaskan.

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain pada pukulan servis, dalam system perhitungan rally point dapat menjadi serangan untuk menambah point. Jika gagal, point bertambah bagi lawan.

2. Pukulan Lob

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain kedua pukulan lob. Pukulan lob sebagai macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain dilakukan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan.

3. Pukulan Dropshot

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain ketiga pukulan dropshot. Dropshot sebagai macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain dilakukan dengan cara menyeberangkan shuttlecock ke daerah lawan, menjatuhkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net.

Cara melakukan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain dropshot ini, tidak membutuhkan banyak tenaga. Paling penting adalah melakukan pukulan dengan persentuhan yang sebagai keterampilan yang harus dimiliki oleh para pemain.

“Pukulan dropshot adalah pukulan yang tepat melampaui jarring, dan langsung jatuh ke sisi lapangan lawan,” dijelaskan.

4. Pukulan Smash

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain keempat pukulan smash. Pukulan smash dalam permainan bulu tangkis adalah salah satu strategi penyerangan.

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang smash, sangat merepotkan lawan untuk menguasai dan mengembalikan shuttlecock.

“Pukulan ini merupakan suatu gerakan ayunan tangan yang cepat, mendadak, dan menghasilkan pukulan yang keras serta menukik. Tenaga yang digunakan pukulan smash ini cukup besar, sehingga perlu perhitungan yang matang untuk menggunakan pukulan smash,” dijelaskan.

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain berupa smash dalam permainan bulutangkis, menjadi salah satu pukulan yang sering menghasilkan nilai secara langsung. Teknik cetak poin untuk bisa memenangkan pertandingan permainan bulu tangkis.

5. Pukulan Drive

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain kelima pukulan drive. Memahami cara melakukan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang drive, sedikit lebih tinggi dari pinggang dan berada di samping badan.

“Pukulan drive adalah pukulan cepan dan mendatar,” dijelaskan.

Latihan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain pukulan drive adalah dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar, ketinggiannya menyusur di atas net dan penerbangannya sejajar dengan lantai.

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang paling mendasar berupa pukulan service, pukulan lob, pukulan dropshot, pukulan smash, dan pukulan drive. Kemudian, pahami juga macam-macam pukulan permainan bulu tangkis lainnya.

Kemdikbud menjelaskan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang lainnya adalah pukulan underhand dan netting. Ini penjelasannya:

6. Pukulan Underhand

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain keenam underhand. Teknik pukulan bulu tangkis ini dikenal dengan sebutan teknik pukulan dari bawah di mana pemain perlu terampil menjangkau dengan langkah lebar.

Cara melakukan macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain yang underhand, ketika memukul shuttlecock maka tenaga berasal dari kekuatan siku dan pergelangan tangan.

“Telapak kaki harus tetap dijaga untuk menyentuh lantai sambil terus meraih shuttlecock,” dijelaskan.

Tujuan dari macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain underhand adalah mengembalikan pukulan permainan net lawan atau pukulan pendek dari lawan. Teknik pukulan ini banyak digunakan sebagai upaya bertahan dari serangan pukulan lawan.

“Ketika tertekan, pemain bisa melakukan pukulan ini sebagai metode penyelamatan, dapat dilakukan dengan metode pukulan forehand maupun backhand,” dijelaskan.

7. Pukulan Permainan Net (Netting)

Macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain ketujuh netting. Permainan net atau teknik pukulan netting adalah menempatkan shuttlecock di area sekitar net.

Kemudian pukulan sutlecock menggunakan tenaga yang sangat sedikit sehingga lawan sulit untuk mengembalikan atau menyelamatkan shuttlecock.

Dibutuhkan latihan keras untuk melakukan pukulan permainan net karena macam-macam pukulan permainan bulu tangkis antara lain netting ini paling sulit dilakukan. Risiko gagal untuk mempraktikannya sangat besar.

“Permainan net banyak memerlukan kecermatan dan penuh perasaan,” dijelaskan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya