Sukses

Terinspirasi Teori Evolusi, Olahraga Merangkak Ini Punya Banyak Penggemar

Gerakan olahraga yang menganut teori evolusi.

Liputan6.com, Jakarta Pentingnya berolahraga melahirkan berbagai cara dan macam-macam gerakan untuk menunjang kesehatan. Mulai dari gym, fitnes, hingga olahraga permainan seperti basket dan lain sebagainya. Di tengah banyaknya pilihan olahraga, ada sebuah gerakan olahraga yang justru terkesan nyeleneh.  

Terlihat dalam cuplikan gambar, masyarakat berbaris sambil merangkak dibimbing seorang pelatih. Ini bukan meniru aktivitas hewan dan peternak. Justru sebaliknya, mereka mengadopsi gerakan hewan sebagai sarana membuat tubuh makin bugar. Menariknya, mereka menganut teori evolusi sebelum manusia bisa berjalan tegak.

“Orang-orang di seluruh China terlibat dalam bentuk latihan yang terinspirasi oleh gerakan hewan, tren itu dikaitkan dengan refleks primal yang berasal dari nenek moyang kita yang belum berjalan tegak,” tulis SCMP (21/11).

Video yang beredar itu diketahui berasal dari sekelompok mahasiswa di Beijing. Mereka berputar di taman dan pusat arena olahraga. Menariknya, gerakan yang terkesan nyeleneh ini punya manfaat kesehatan tersendiri. Berikut Liputan6.com merangkumnya melansir dari South China Morning Post, Selasa (22/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gerakan Primal

Pembatasan sosial yang terjadi di China sendiri membuat masyarakatnya dituntut untuk kreatif. Tren baru ini muncul setelah kehebohan baru-baru ini di kampus universitas di mana para mahasiswa membuat kerajinan tangan teman hewan dari karton daur ulang untuk menghilangkan kebosanan dan isolasi dari lockdown.

Hingga aktivitas fisik berjalan dengan empat kaki di seluruh negeri terinspirasi oleh pergerakan primal seperti kucing, buaya, dan beruang. Di Xiaohongshu, platform mirip Instagram di China, tagar bernama #Xiaohongshu Crawling Competition sejauh ini telah dilihat lebih dari 3,8 juta kali.

Selain menjadi cara yang baik untuk tetap bugar, ini juga membantu sejumlah besar mahasiswa menghilangkan stres dan kebosanan akibat lockdown di bawah kebijakan nol-Covid yang sedang berlangsung di China.

 

 

3 dari 4 halaman

Dipercaya Bikin Tubuh Bugar dan Jauhi Stres

Berbagai pakar online memuji manfaat kesehatan dan kebugaran dari berjalan dengan empat kaki yang juga dikenal sebagai gerakan berkaki empat.

Seseorang berkata: “Ada beberapa manfaat luar biasa bagi pikiran dan tubuh dari gerakan berkaki empat. Pertama dan yang terpenting, ini membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan rentang aktivitas Anda.

4 dari 4 halaman

Komentar Pakar Kesehatan

Kendati demikian, Sun Wuquan seorang dokter yang mengepalai departemen pijat Tui Na di Rumah Sakit Yueyang Shanghai, mengatakan bahwa merangkak bukanlah latihan terbaik untuk kaum muda dan memperingatkan kemungkinan cedera terutama pada tubuh bagian atas.

“Berbagai gerakan yang terkait dengan merangkak, penggunaan tangan, kaki, dan sebagian lutut dan siku mungkin merupakan hiburan yang menyenangkan bagi kaum muda. Tetapi bukan pilihan terbaik untuk olahraga sehari-hari,” katanya.

“Saat kita merangkak, setengah dari berat tubuh ada di tungkai atas, yang tidak terbiasa dengan beban seperti itu dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, bisa terjadi kerusakan pada berbagai sendi, termasuk siku dan bahu,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.