Sukses

13 Cara Make Up yang Benar Bagi Pemula, Ketahui Tips dan Triknya

Make up merupakan hal yang diumum dilakuakn oleh banyak orang dan make up bagi pemula tidak serumit yang dibayangkan.

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan make up bisa menjadi sangat mudah atau sangat sulit bagi sebagian orang. Akan tetapi semua orang yang sekarang telah menguasai cara make up yang benar juga tidak melewatkan masa-masa sulit. Make up artist, beauty vlogger, aktris dan ahli make up lainnya memiliki awal yang sama seperti para pemula sebelum menguasai semuanya. Oleh karena itu, tidak ada kata terlambat untuk mempelajari cara make up yang benar jika Anda adalah seorang pemula.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menghasilkan make up yang sempurna adalah memahami kebutuhan kulit Anda. Apakah kulit Anda merupakan kulit normal, sensitif ataupun kering. Ini karena kondisi kulit dan kebutuhan kulit yang berbeda membutuhkan produk-produk make up yang berbeda pula. Selain itu, sebelum menggunakan make up pada wajah, Anda perlu mempersiapkan wajah terlebih dahulu.

Dilansir dari Vogue India, wajah bagaikan kanvas, sehingga mempersiapkan kanvas dengan sempurna akan menghasilkan hasil yang lebih sempurna. Ini sering disebut dengan skincare prep. Bersihkan wajah, gunakan pelembab untuk menghidrasi wajah pagi dan malam serta gunakan sunscreen pada pagi hari. Setelah itu, wajah Anda siap dirias. Berikut liputan6.com rangkum dari lorealparisusa.com, Cosmopolitan dan Elle tentang cara make up yang benar bagi pemula, Selasa (22/11/22) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Langkah-Langkah Make Up Wajah yang Benar

1. Primer

Setelah wajah Anda siap, maka cara make up yang benar yang perlu Anda lakukan pertama adalah menggunakan primer. Primer sangat bagus digunakan untuk membuat dasar make up yang rata. Pastikan untuk menggunakan formula primer yang sesuai dengan kulit Anda. Selain membuat dasar make up yang rata, primer juga akan membantu make up bertahan seharian. Jika Anda memiliki kulit yang kering, maka Anda dapat memilih luminous primer yang akan menambah kilau pada kulit tanpa terasa berat. Kemudian jika kulit wajah Anda cenderung berminyak, maka gunakan jenis primer yang membuat kulit Anda menjadi mattifikasi sekaligus menciptakan efek buram.

2. Foundation

Cara make up yang benar tentang penggunaan foundation adalah menggunakannya sebelum concealer. Memulai dengan foundation atau alas bedak akan membantu meminimalkan kemerahan atau perubahan warna. Foundation sebelum concealer adalah perbaikan jenius untuk mencegah caking dan creasing. Pastikan memilih produk foundation yang sesuai dengan jenis dan warna kulit wajah Anda. Misalnya jika jenis kulit wajah Anda berminyak, mungkin Anda dapat menggunakan foundation matte dan jika kulit wajah Anda kering, Anda dapat mencoba alas bedak yang cenderung cair. Kimberly Soane, seorang director of artistry di Bobbi Brown mengatakan kepada Elle magazine bahwa Anda dapat menggunakan jari-jari Anda untuk mengaplikasikan alas bedak dengan cakupan tipis dan menggunakan kuas untuk cakupan sedang hingga penuh.

3. Concealer

Cara make up yang benar setelah menggunakan foundation, maka saatnya menggunakan concealer. Concealer akan membantu menutupi ketidaksempurnaan. Anda dapat menggunakan concealer di bawah mata untuk menutupi lingkaran hitam atau garis-garis halus, tetapi jangan pernah menggunakan concealer atau foundation pada kelopak mata Anda sebagai alas karena ini kana menyebabkan riasan mata berkerut. Alternatif kedua, Anda dapat menggunakan concealer secara menyeluruh untuk membantu mencerahkan dan menerangi area wajah. Anda juga dapat menggunakan kedua pilihan tersebut tergantung pada kebutuhan make up.

Untuk menggunakan concealer di bawah mata, gambarlah pangkal segitiga tepat di bawah garis bulu mata dan ujungnya mengarah ke apel pipi. Ini akan membantu sepenuhnya menyembunyikan kemerahan dan bayangan untuk menciptakan ilusi lebih cerah di bawah mata.

3 dari 6 halaman

Langkah-Langkah Make Up Wajah yang Benar

4. Bronzer

Setelah membuat dasar riasan yang rata, cara make up yang benar selanjutnya adalah menambahkan dimensi dengan bronzing atau kontur kulit. Oleskan bronzer di bawah tulang pipi dan di sekeliling wajah, leher dan dada untuk meratakan warna kulit dengan brush atau sikat yang besar dan halus. Sapu secara perlahan hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Anda dapat membuat kontur tulang pipi dan hidung dengan warna bronzer yang lebih dalam dari warna kulit untuk visage yang lebih terpahat.

5. Blush

Beberapa sapuan krim atau bedak memerah di sepanjang titik tinggi pipi akan memberikan seluruh tampilan hasil akhir yang lebih cerah dan hangat. Seorang penata rias, Lakeisha Daleke mengatakan kepada Cosmpolitan bahwa blush on juga akan memberikan kulit tampilan yang segar dan diremajakan, sehingga menambah kedalaman yang sempurna pada wajah. Anda dapat memilih blush on yang lembut dan bercahaya. Dilansir dari majalah Elle, saat mengoleskan blush on, Anda perlu tersenyum, taburi apel pipi Anda, lalu sapukan ke arah bagian atas telinga dan turun ke arah garis rahang.

6. Highlighter

Setelah beberapa langkah make up pada wajah Anda, Anda dapat mengakhirinya dengan menambahkan beberapa cahaya ke titik-titik tinggi pipi Anda dengan highlighter. Anda dapat menyapukan secara lembut highlighter bedak Anda ke pipi, pangkal hidung dan area lain yang ingin Anda sorot. Anda juga dapat menggunakan cream highlighter pada kulit yang lebih kering.

4 dari 6 halaman

Langkah-Langkah Make Up Mata yang Benar

7. Alis

Cara make up yang benar tentang alis adalah dengan menyisir alis terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan pensil alis. Anda dapat menyisir alis dengan spoolie kering. Jika Anda memiliki alis tipis, Anda dapat mengoleskan gel sedikit demi sedikit sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, jika kondisi alis Anda cukup bagus, siapkan pensil alis dengan segera. Gunakan pensil ramping untuk membuat sapuan ringan di antara rambut Anda.

8. Eyeshadow

Untuk membuat eyeshadow yang tipis atau kurang berpigmen tampak lebih hidup di kelopak mata, Anda bisa melakukannya dengan memadukan pensil eyeliner putih di seluruh kelopak mata terlebih dahulu. Setelah itu, letakkan eyeshadow tepat di atas. Eyeliner putih akan mengintensifikasi bayangan eyeshadow dan membuatnya menonjol. Anda bisa mengoleskan warna ke kelopak mata dengan jari-jari atau kuas eyeshadow datar. Setelah itu, Anda juga dapat mengoleskan warna mid-tone ke lipatan kelopak mata Anda dengan sikat halus dan sedikit highlighter di sepanjang tulang alis.

9. Eyeliner

Cara yang mudah adalah dengan mengaplikasikan eyeliner sebelum maskara, tetapi setelah eyeshadow. Alih-alih melihat lurus ke depan cermin, cara make up yang benar ketika menggunakan eyeliner adalah dengan memiringkan kepala ke atas dan bawa dagu ke arah cermin. Lihatlah ke bawah saat Anda menggunakan eyeliner, mulai dari sudut dalam, lalu keluar.

Menggambar garis genap dalam satu kali mungkin akan terasa sulit bagi pemula. Oleh karena itu, Anda dapat mencobanya dengan menggambar baris demi baris lalu menghubungkannya. Untuk memudahkan penggunaan liner pensil, Cosmopolitan menyebutkan bahwa Anda dapat melelehkannya terlebih dahulu. Ini karena produk make up creamy akan berbaur lebih baik saat dipanaskan. Anda dapat melelehkan sedikit pensil eyeliner Anda di bawah korek api selama sedetik. Biarkan agak dingin sebelum menggunakannya.

5 dari 6 halaman

Langkah-Langkah Make Up Mata yang Benar

10. Maskara

Terdapat pendapat yang menyatakan bahwa lebih baik merias mata terlebih dahulu sebelum wajah. Anda bisa memilih salah satu di antara keduanya. Untuk riasan mata, sebelum mengaplikasikan maskara, Anda dapat mengeriting bulu mata terlebih dahulu. Pengeriting bulu mata akan menjadi teman terbaik Anda. Anda dapat melakukan DIY pengeriting bulu mata yang dipanaskan Panas tambahan akan membantu bulu mata Anda melengkung lebih cepat dan menjaga bentuknya lebih lama. Anda dapat memanaskannya dengan blow dryer sampai panas, tunggu sampai agak dingin, tetapi masih hangat, lalu jepit bulu mata Anda untuk menggulungnya.

Setelah bulu mata siap, gunakan maskara dengan menempatkan sikat  bergelombang yang sangat lembut di pangkal bulu mata dan sisir bulu mata ke ujung atas. Selanjutnya, tambahkan maskara ke bulu mata bawah Anda. Kemudian, tidak ada yang lebih menyebalkan daripada membuat eyeshadow yang sempurna tergesek oleh maskara dan merusak semuanya.Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan sendok untuk mencegah hal ini. Pegang sendik sehingga memeluk kelopak mata, lalu oleskan maskara seperti biasanya. Residu maskara akan mengenai sendok alih-alih kelopak mata Anda.

Setelah selesai, Anda dapat membubuhkan bedak transparant pada bulu mata untk membuat bulu mata lebih penuh dan tebal. Bedak ini akan membantu mencengkeram maskara. Anda juga disarankan untuk menggunakan maskara yang sama hanya selama tiga bulan. Ini karena jika lebih dari itu akan mengumpulkan bakteri yang mungkin menyebabkan infeksi mata.

6 dari 6 halaman

Cara Make Up Bibir

11. Lip Liner

Anda dapat menggunakan lip liner sebelum mengaplikasikan lipstik untuk menentukan bentuk bibir dan mencegah lipstik keluar dari garis bibir. Gambarlah garis di tepi luar bibir dengan mengikuti lekukan alaminya. Anda dapat memilih lip liner yang sesuai dengan warna bibir atau warna lipstik Anda.

12. Lipstik

Terdapat beberapa tips yang diberikan oleh Cosmopolitan untuk mengaplikasikan lipstik Anda dengan sempurna. Pertama, untuk membuat warna bibir bertahan selama berjam-jam, Anda dapat meletakkan tisu di atas mulut, lalu taburi bedak transparant di atasnya untuk mengatur warna. Ini akan melindungi bibir dari pencerahan atau kusam. Kedua, Anda dapat membuat “X” dengan lip liner yang memiliki warna sama dengan lipstik sejajar dengan garis bibir alami bagian atas Anda  untuk menentukan bentuk bibir dengan mudah. Kemudian, aplikasikan lipstik pada tiga bagian di bawah “X” hingga bibir penuh dengan lipstik.

13. Setting Spray

Make up wajah telah selesai. Anda dapat menggunakan setting spray untuk memastikan riasan wajah bertahan sepanjang hari. Ambil setting spray dan kocok dengan baik. Setelah itu, pegang botol sejauh delapan hingga sepuluh inci dari wajah dan semprotkan dengan gerakan “X” dan “T”. Tutup mata Anda untuk mencegah iritasi.

Nah, demikian cara make up yang benar bagi pemula. Pastikan untuk memilih produk-produk make up dan perawatan wajah lainnya yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menghindari hal-hal yang merugikan.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.